5 Aplikasi Pilihan Untuk Ibu Hamill

5 Aplikasi Pilihan Favorit Untuk Ibu Hamil. Hamil adalah saat terbaik yang di dambakan oleh semua ibu. Dan unik nya semua proses kehamilan pasti selalu berbeda. Seperti saya sendiri, walaupun hamil tiga kali namun semuanya memiliki cerita yang masing-masing yang tidak bisa di samakan.

Walaupun telah melewati dua kali hamil dan melahirkan, namun saya tetap butuh referensi untuk keseharian saya sebagai ibu hamil. Apalagi karena sudah memiliki dua orang anak balita, para kakak ini sering kali bertanya tentang ukuran bayi dan bagaimana kondisi bayi di dalam perut.

Kali ini saya merasa sangat terbantu dengan aplikasi ibu hamil. Terutama karena hamil di masa pandemi, saya tidak bisa terlalu sering kontrol dan juga tidak bisa membawa para kakak saat kotrol ke klinik.

Kriteria Memilih Aplikasi Untuk Ibu Hamil

Ada banyak pilihan aplikasi kehamilan. Ibu baru pasti kesulitan memilih karena semuanya terlihat bagus. Saya pribadi memiliki beberapa kriteria sebelum menginstal sebuah aplikasi.

1. Aplikasi ringan, tidak terlalu memakan banyak memori hp

2. Aplikasi yang tidak terlalu banyak iklan, yang dapat membuat tidak nyaman dalam menggunakannya

3. Aplikasi yang memberikan rekomendasi dari ahlinya. Bukan hanya mengumpulkan artikel.

4. Jika bisa, tidak hanya mengontrol saat hamil tapi hingga anak lahir dan tumbuh. Jadi jurnal nya ada di satu tempat.

5. Dapat memberikan notifikasi perkembangan bayi dan balita beserta informasi yang solutif.

Nah itulah empat kriteria yang saya gunakan untuk memilih aplikasi ibu hamil.

Aplikasi Pilihan Saya Saat Hamil beserta Kelebihannya

Lalu apa saja aplikasi hamil yang pernah saya gunakan? Yang mana yang paling favorit dan akhirnya digunakan dalam waktu lama? Baca sampai akhir ya.

1. Hallobumil

Aplikasi ini menarik perhatian saya karena menampilkan perkembangan bayi dengan menggunakan gambar janin 3 dimensi. Jadi berasa benar-benar melihat janin di dalam perut.

Aplikasi ini juga memiliki banyak artikel yang membantu ibu hamil serta menu untuk membantu memantau kondisi preeklamsia pada ibu hamil. Kekurangan pada aplikasi ini menurut saya adalah saat awal menggunakan.

Kita sebagai user sedikit “dipaksa” untuk memberikan data lengkap termasuk alamat untuk keperluan event giveaway atau even lainnya. Saya menggunakan aplikasi ini hingga akhir kehamilan saja, dan itu hanya untuk menunjukkan perkembangan janin sesungguhnya kepada para kakak yang sudah tidak sabar menunggu kelahiran adiknya.

2. Teman Bumil

Aplikasi ini cukup memenuhi kriteria yang saya inginkan. Selain mengontrol kehamilan, aplikasi teman bumil juga menyediakan pilihan menu lain pada aplikasinya seperti MPASI, Parenting, Rekam Medis Anak, Tips, Forum bahkan jurnal.

Selain itu di aplikasi Teman Bumil sudah langsung tersedia berbagai macam video dari guesehat.com yang langsung disampaikan oleh para dokter. Jadi tidak perlu mencari di youtobe. Pilihan menu media yang tersedia juga banyak. Seperti Parent Life yang membahas Seks, Pernikahan, Relationship dan Kehidupan mums. Juga ada media tentang bayi dan balita yang membahas milestone anak hingga kesehatan dan psikologi anak.

Bagi saya kekurangannya hanya satu, yaitu saat pemantauan hamil ukuran janin digambarkan dalam bentuk buah. Seandainya dibuat dalam bentuk janin 3D tentu ini bakal komplit nilainya.

3. theAsianparent

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang komplit banget, mungkin karena websitenya sudah lebih dulu ada. Sama seperti web nya, aplikasi theAsianparent menyajikan banyak kebutuhan informasi keluarga. Tidak hanya perkembangan janin dan bayi namun berita terkini pun ada di aplikasi theasianparent ini.

Apa saja isinya? Di aplikasi theAsianparent ada pemantauan kehamilan, pemantauan bayi, berbagai media pendukung informasi, makanan yang boleh dan tidak hingga resep menarik. Tapi yang paling membantu di aplikasi ini adalah menu Kick Counter. Saat hamil terutama memasuki trimester tiga kick counter ini sangat dibutuhkan. Dan di aplikasi ini tersedia secara gratis.

4. Pregnancy +

Berbeda dengan ketiga aplikasi diatas aplikasi ini tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Aplikasi Pregnancy plus ini memiliki menu yang kurang lebih sama dengan ketiga aplikasi diatas.

Namun aplikasi ini juga menyediakan pilihan sebagai member, kita dapat memilih sebagai member premium. Jadi ada empat menu yang jika kita ingin menggunakannya maka harus membayar sebesar 29ribu, salah satunya adalah menu kick counter.

5. Baby Centre

Aplikasi yang satu ini sudah saya gunakan sejak anak pertama. Jadi sudah hampir enam tahun. Aplikasi Babycentre juga tidak tersedia dalam bahasa Indonesia.

Menu pemantauan kehamilannya cukup lengkap dan tidak ada yang berbayar, termasuk menu kick counter nya.

Aplikasi ini juga sama dengan theAsianParent, memiliki web yang sangat lengkap dan informatif sekali. Kalau di pikir lagi yang paling saya suka itu ternyata websitenya.

Karena jika kita login di websitenya maka kita akan mendapatkan notifikasi perkembangan anak sesuai usianya. Misalnya bayi 2bulan seharusnya sudah bisa apa, bagaimana menstimulasinya dan apa saja masalah yang dapat terjadi yang mempengaruhi kesehatan dan tumbuh kembangnya. Nanti deh dibahas pada postingan website aja.

Review kelima aplikasi diatas adalah berdasarkan pengalaman saya dalam menggunakannya. Apakah para ibu yang membaca ini tertarik menginstal salah satunya jika hamil? Atau ada rekomendasi aplikasi ibu hamil lain nya yang lebih informatif dan pernah digunakan? Yuk tinggalkan komen dibawah ya.

22 thoughts on “5 Aplikasi Pilihan Untuk Ibu Hamill

  1. Adanya aplikasi kehamilan ini sangat membantu banget ya untuk kita memantau kondisi atau perkembangan janin kita. Saya waktu hamil juga sudah coba berbagai aplikasi kehamilan, termasuk yang disebutkan di atau kecuali yang baby center.

  2. Semoga saya diberi kesempatan lagi untuk hamil. Aamiin… Insyaallah kalau hamil, akna instal aplikasi untuk ibu hamil ini. Baca review-nya semua sangat bermanfaat ya

  3. Asian parent tuh menemani masa kehamilanku dulu mba, aku cari info tentang perkembangan janin dari waktu ke waktu sampai soal mpasi. Hihihi, berguna banget serasa ada tambahan support system ada aplikasi/media kaya gini tuh

  4. Aplikasi yang memberikan rekomendasi dari ahlinya .. bagus aplikasi yang seperti ini. Kalau pun misalnya ada cerita pengalaman, bisa direkomendasi oleh ahlinya jadinya lebih terpercaya ya.

  5. Sekarang banyak aplikasi yang bisa dimanfaatkan ibu hamil ya. Selain bisa mengetahui perkembangan janin, para bumil juga mendapatkan banyak pencerahan dengan membaca berbagai artikel dan panduan yang ada di aplikasi, sehingga menjelang lahiran nanti calon ibu tidak merasa cemas, takut atau bahkan stress duluan.

  6. Sekarang bumil selalu bisa update info tentang kehamilan melalui aplikasi pilihan ya, semua informasinya bisa dijadikan panduan. Bumil akan mengetahui perkembangan kehamilannya sembari rebahan natapin layar ponsel.

  7. Saya sukaknya sama teman bumil cuman buat liat perkembangan si adek bayi kalau misalnya lagi skip ke dokter obgyn. Trus teman bumil ini langsung nyambung ke chanel gue sehat jadi saya suka

  8. Senang sekali sekarang makin banyak aplikasi yang membantu ibu hamil. Satu sisi juga ini untuk mencegah informasi hoaks tentang kehamilan yang meresahkan ibu hamil. Makasih mb

  9. Asiknya yaaa sekarang Bumil punya temannya Aplikasi, bia mencari info seputar kesehatan Bumil di sanaa.
    Aku share ke temen yang lagi hamil ahhh, semoga saja Bumil2 sehat selalu dan dilancarkan persalinannya yaaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram
WhatsaApp