Cara Membuat Blog Di HP Bagi Pemula

Cara Membuat Blog Di HP Bagi Pemula. Sejak masa pandemi ini, makin banyak teman-teman yang bertanya bagaimana cara membuat blog. Mungkin mereka ingin mengisi waktu dengan belajar menulis di blog, apalagi membuat blog bagi pemula saat ini tidak lagi sulit. Jika dulu untuk membuat blog harus menggunakan komputer maka kini sudah semakin di permudah dengan adanya gawai pintar atau banyak orang menyebutya hp (handphone). Untuk membantu teman- teman yang belum memiliki blog, berikut saya bagikan cara membuat blog bagi pemula di blogspot dengan menggunakan hp.

1.Buka aplikasi browser yang sudah tersedia di hp. Bisa menggunakan Chrome atau Firefox.

2. Masukkan alamat web blogger “www.blogger.com” .

3. Klik tombol “Create Your Blog” atau “Buat Blog” untuk memulai.

4. Jika akun google kita telah login dan tersedia, kita bisa memilih satu akun yang ingin kita gunakan. Namun jika belum ada maka kita dapat untuk login terlebih dahulu.

5. Saat muncul tampilan untuk mengikuti akun blog lain, maka dapat di abaikan dengan memilih menu garis tiga di pojok kiri atas. Lalu selanjutnya klik “Create Blog”.

6. Buat nama blog dan alamat blog.

Nama blog dapat di sesuaikan dengan keinginan kita, tetapi untuk membuat alamat blog kita harus memastikan apakah alamat yang kita pilih masih tersedia atau tidak. Bisa jadi kita tidak bisa menggunakan nama yang kita inginkan karena telah ada yang menggunakannya terlebih dahulu. Nah, jika tersedia maka kita dapat memilih tombol “SAVE”.

7. Selamat, blog baru telah jadi. Untuk memulai tulisan baru, cukup klik tombol + atau menu NEW POST. Terakhir pilih menu View Blog untuk melihat tampilan blog.

Baca juga: Mengganti Nama Email melalui Hp Android | Tutorial

Tips Sebelum Memulai Blog

Sekarang blog baru telah dibuat, ada baiknya sebelum memulai blog perhatikan tips berikut ini,
1. Yakinkan diri untuk fokus menulis, bukan hanya disibukkan dengan tampilan blog agar membuat blog menarik dilihat tapi isinya kosong.

2. Belajar membuat tulisan yang berkualitas dengan rajin menulis.

3. Tidak terlalu memikirkan alamat top level domain (tdl) seperti dotcom,dotweb dan lain sebagainya jika masih pemula, gunakan saja yang gratis dulu sehingga benar-benar yakin membutuhkannya, karena untuk menggunakan harus mengeluarkan biaya tahunan .

4. Tidak malu untuk bertanya dan mencoba. Walaupun dapat mencari tahu di google namun tidak ada salahnya bertanya kepada teman-teman yang sudah lebih dulu menggunakan blog.

Sekian tutorial sederhana cara membuat blog di hp. Bagaimana, tidak sulit bukan? Sekarang boleh share ke teman-teman yang lain supaya jangan ragu untuk memulai, karena jika sudah sering menggunakan maka dengan sendirinya akan menjadi terbiasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram
WhatsaApp