Aku Bilang Tolong | Review Buku Anak

Aku Bilang Tolong | Review Buku Anak. Salah satu materi yang biasa orang tua ajarkan pada anak-anak dari rumah tentu saja tentang etika dasar. Seperti mengatakan maaf, permisi, tolong serta permisi. Ke empat kata ajaib ini akan mereka bawa sampai mereka dewasa.

Salah satu cara mengajarkan versi keluarga kami selain dengan contoh langsung adalah dengan menggunakan buku. Membacakan buku yang berhubungan dengan pesan apa yang akan disampaikan kepada anak-anak kami sangat berpengaruh sekali. Walaupun sebenarnya sudah sering di ingatkan untuk mengucapkan kata ini, tapi di banyak kesempatan sering juga anak-anak lupa.

Ini adalah salah satu buku favorit kedua anak kami. Judulnya Aku Bilang Tolong. Buku ini adalah bonus saat membeli buku jualan saya yang berjudul LiFKids beberapa bulan lalu. MasyaAllah tidak menyangka juga sih dapat bonus buku cakep.

Learning Islam For Kids

Mengenalkan Pentingnya Kata Tolong

Kata tolong sering kita ucapkan, tapi kadang kita lupa atau kadang abai mengucapkan kepada anak-anak karena menganggap mereka lebih kecil. Mungkin kita juga sering abai mengucapkan kata tolong ini kepada orang lain yang usianya di bawah kita.

Tentu kita tidak ingin anak-anak kita menjadi abai juga kedepannya. Karena itu kata tolong harus dibiasakan dari rumah, dimulai dari orang tua dan sering di ingatkan kepada anak.

Tantangan kami dirumah salah satunya adalah kakak masih sering menyuruh adik nya dengan paksaan dan tanpa kata tolong ini. Jadi sang adik yang suka buku ini menjadi sering membawa buku ini dan mengulangi membacanya. Tapi tetap saja mengajar kan balita tidak semudah itu.

Jadi jika kadang terlupa mengucapkan kata tolong, kami (saya dan suami) akan meminta anak mengulangi kalimat nya. Dan mengulangi beberapa kalimat yang sudah ada di buku ini. Jadi benaran buku ini bermanfaat sekali untuk kami membantu menanam kan etika baik ke anak.

Baca juga:

Seri Anak Hebat Aku Bilang Tolong

Buku ini cukup menarik perhatian anak-anak, karena tulisannya besar dan sedikit. Biasanya buku cerita mereka tulisannya agak banyak.

Selain itu buku ini termasuk jenis hard book yang bahan nya bagus serta tebal. Buku ini aman untuk balita karena anti sobek dan anti air. Apalagi kadang anak-anak melakukan hal yang asli bikin mamak bahan nafas jika bermain dengan buku. Jalan ceritanya mendidik sekali tetapi ringan.

Ini contoh isinya. Tulisan disebelah kiri dan gambar disebelah kanan. Serunya lagi juga ada kuis ringan di beberapa halaman buku.

Buku dengan judul aku bilang tolong adalah salah satu buku dari Seri Anak Hebat. Judul lainnya yang termasuk seri ini lagi aku bilang permisi, aku bilang maaf, aku bilang terima kasih. Buku ini juga ada nilai Islami nya dari beberapa judul yang lainnya. Seperti aku bilang bismillah, aku bilang subhanallah,aku bilang alhamdulillah,

tapi kami belum punya

Mereka bukan nya bisa membaca tulisan tapi mereka dapat membaca gambar. Karena buku ini color full dan punya gambar yang lucu.

Senangnya punya satu buku ini, jadi kesukaan anak-anak dirumah dan rencana nya kami akan mengoleksi semua serinya. Apakah bunda juga tertarik untuk mengoleksi buku ini?

Judul buku : Aku Bilang Tolong
Penulis : Noor H.Dee
Penerbit : Naura Publishing
Tahun Terbit : 2015
Jumlah Halaman : 20hal
Harga : Rp 30.000 (estimasi)

15 thoughts on “Aku Bilang Tolong | Review Buku Anak

  1. ini bagus banget untuk anak2.
    Dari kecil aku selalu menanamkan kata “tolong, maaf, dan terima kasih” untuk anak2 saya.
    Karena ini adalah 3 kata yang sangat penting dan berarti. Bahkan banyak sekali anak2 zaman sekarang yang mulai jarang menggunakan 3 kata penting ini. sedih banget liatnya 🙁

  2. Iya loh harus ditanamkan dari kecil karena kata maaf itu jika tidak terbiasa bukan hal mudah untuk dilakukan. Anakku yang susah bilang maaf tuh yang pertama, waktu kecil meski sudah diajarkan mungkin kurang maksimal. Sehingga jelang remaja membuat dia susah bilang maaf

  3. Salfa belum punya buku ini karena sesuatu dan lain hal
    Baca review-nya bikin saya masukin ke bucket list untuk adiknya nanti
    Lumayan juga buat tambahan koleksi

  4. Bukunya baguus! Anak-anak saya juga suka baca board book begini lebih awet. Meskipun kadang-kadang ada yang robek juga 😁

    Memang efektif mengajarkan nilai2 moral ke anak lewat buku

  5. Nah ini dia, aku juga suka banget mengenalkan berbagai kebiasaan baik kepada anak melalui buku bacaan. Jadi enggak sekadar terlihat menggurui karena anak kan merasa taunya melalui bacaan.

  6. Saya punya banyak mbak buku model kayak gini, tapi penerbitnya beda beda hhehe.. Alhamdulillah anak-anak udah terbiasa bilang tolog, bahkan yang kecil juga pasti ngucapin tolong kalau minta sesuatu, ajaib banget!

  7. Satu waktu saya menyruh anak saya “Nak ambilkan itu.” Dia bergeming. Wajahnya menunjukkan kekesalan. Beberapa detik kemudian ngeloyor dan menyerahkan barang yang saya minta namun dia bilang, “Kenapa bunda nggak bilang minta tolong?” Deggg ….saya lupa. Ternyata anak saya malah mengingat dengan baik apa yang kami ajarkan.

  8. Habit mengucapkan “tolong” saat minta bantuan memang betul-betul dibutuhkan di real life. Semoga si kecil bisa menyerap ilmu dari buku ini ya dan jadi habit sampai dewasa nanti.

  9. Seri anak seperti ini bagus mbak, apalagi disajikan dengan bahasa yang sederhana. Dan banyak hal yang bisa didapatkan anak khususnya pembentukan karakter. Saya juga punya beberapa edisi buku seperti ini mbak.

  10. Yg disebutksn pada awsl paragraf memang tepat utk diterapkan pada anak secara dini. Kita sebagai orgu or orang lain yg kbih tua juga hrs lugas memberi contoh. Mengucap kata tolong, terima kasih jngn “pelit” mengucapkannya. Juga katakan selamat tidur manakala akan beranjak tidur. Hal2 kecil seperti ini akan berkesan secara mendalam dlm benak anak2 sehingga akan terbawa hingga besar dan dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram
WhatsaApp