Kemah Keluarga Komunitas HS Gemilang di Pantai Elyora Barelang Batam

Kemah Keluarga Komunitas HS Gemilang di Pantai Elyora Barelang Batam ini menjadi kemah kedua bagi keluarga mufasa. Alhamdulillah dapat kesempatan berkemah atau seringnya disebut kemping yang diambil dari bahasa Ingrris camping. Jika ada yang kenal sejak saya lama pasti tau bahwa ajakan berkemah maupun hiking adalah ajakan yang paling jarang bahkan hampir tidak pernah saya tolak. Dan terakhir merasakannya di alam bebas ya tahun 2011.

Persiapan Kemah Keluarga

Jadi seperti judulnya kan ya, kali ini kami berkemah ke pantai Elyora yang jauh di jembatan 6 Barelang sana katanya. Saya baru intip-intip aja di google penampakannya. Persiapannya jangan ditanya ya, walau sebelumnya kami sudah pernah berkemah tapi kan itu glamcamp yang beda dengan kemah keluarga yang akan kami lakukan ini.

Yang sekarang ini bakal berkemah dipantai yang kami sekeluarga belum pernah kesana makanya gak bisa ngira-ngira bakal nyaman gak buat anak-anak, tapi karena saya emak santai jadi biasanya santai aja bawa anak-anak dengan bekal baju ganti,cemilan dan minyak telon aja. Namun dirumah ada bapak yang gak santai anaknya dibawa angin-anginan kepantai. Jadilah bawa kami bawa bedcover dan macam-macam alas untuk anak sekaligus untuk si bapak. Hehehe. Setelah 8tahun berlalu, jika dulu saya kemping bisa aja cuma bawa badan dan baju ganti serta kopimix. Sekarang bawaannya hampir penuh bagian belakang mobil.

Kemah keluarga ini diadakan oleh komunitas HS Gemilang Batam yang di ikuti oleh 11 keluarga dengan total 22orang dewasa dan 24orang anak. Biasalah ya kalau kemah gini yang sibuk itu emak-emaknya, mulai bawa bekal apa, bawa bantal berapa, rental mobil dimana dan kehebohan lainnya. Tapi yang beda kali ini adalah kami berkemah tidak hanya sekedar menghabiskan malam bersama. Jadi kami bakal ada sesi bincang keluarga, materi laut untuk anak-anak, materi zero waste untuk menyelamatkan laut, dan juga scavernger hunt yang bakal seru. Saya sendiri dan pakM kebagian tugas unruk menjelaskan materi laut.

Nah berikut sedikit bocoran bekal apa sih yang disiapkan untuk berkemah bersama dua balita kami:
1. Perlengkapan pribadi (pakaian yang nyaman dan hangat, alas waterproff, jas hujan,selimut anak, kaos kaki, handuk, perlengkapan mandi)
2. P3K (minyak telon, obat dll), sunblock
3. Perlengkapan makan minum, pisau gunting, tali, senter

Simple banget sih ya bawaan berkemah anti ribet ini biasanya emang standar nya bawa itu aja sih, eh tapi tiba-tiba ada yang minta dibawain bedcover,karpet busa, pemanas air listrik haha jadilah penuh bagian belakang mobil tu.

Lalu untuk materi tentang laut, karena babang kan kelautan yes walaupun tekniknya jadi saya ada alasan buat minta dia nyari semua materi dan menyampaikannya ke anak-anak sat kemah nanti. Yuhuu ternyata dianya mau dan bersedia. #tumbenlhoitu

11 Keluarga Menuju Pantai Elyora

Kami jalan dari rumah sekitar pukul 14.30. Teman-teman sudah jalan duluan setelah dhuzur sekitar pukul 13.00 gitu. Walaupun ada map tapi kan kadang-kadang disana gak dapat sinyal kan ya (eh itu saya aja sih). Dan kami sekeluarga belum pernah kesana, malas nyasar. Alhamdulillahnya teman-teman lain mau nungguin di sekitaran perumahan setelah simpang barelang.

Kak Aqila karena sudah di sounding bakal kepantai jadi dari rumah sudah bersiap dengan pakaian siap renangnya. Selama perjalanan gak sabar nanyain kapan sampai. Kami beriringan 8mobil menuju ke pantai Elyora. Alhamdulillah sampai disana sore disambut air yang pasang. Beneran deh kak Aqila langsung nyemplung sampai sendalnya pun gak jumpa buat pulang.

Indahnya Malam dan Sunrise Pantai Elyora

ngunyah tanpa lelah

Gak seru kalau emak ngumpul gak ngobrol dulu sambil ngunyah ya kan. Jadi sambil menandangi anak-anak yang sudah langsung nyebur kepantai emak ngumpul dan ngunyah dulu sampai pipi pegel sambil menunggu teman-teman yang menunaikan sholat ashar. Jadi beginilah aktivitas kami pas baru nyampe.

Sorenya setelah situasi pantai kondusif untuk mendirikan tenda, kami mulai mendirikan tenda masing-masing keluarga. Tentu saja dibantu juga sama paman-paman yang lain.

mendirikan tenda

Kami memilih mendirikan tenda dipojokan sini, karena ada yang bawa bayi 3bulan dan memilih tidur di gazebo saja. Jadi kami tetap sebaris. Tidak berapa lama, semua tenda sudah berdiri tegak teratur gini semua. Kebayang kan ya serunya anak-anak pada excited melihat tenda-tenda ini.

deretan tenda komunitas gemilang

Tenda sudah aman sekarang saatnya balik kepantai, melihat anak-anak yang lagi berenang. Sekaligus semua paman dan bibi juga menikmati sore sambil memantau anak masing-masing. Ada yang ikutan berenang juga ada yang hanya ngejarin anak (itu saya)

semangat banget lihat air
inilah para bibi cetar

Setelah magrib kami para bibi gemilang menyiapkan makan malam dan para paman gemilang menyiapkan api unggun sekaligus untuk bakar ayam

api unggun gemilang

Lalu kami mengadakan games seru untuk anak-anak tebakan hewan laut dilanjutkan makan malam dilanjutkan bincang malam hingga tengah malam. Para bibi gemilang membicarakan materi bulanan untuk kegiatan HS anak-anak kami dan para paman marancang proyek bersama.

Materi Pagi dan Scavenger Hunt

sarapan apgi
pemanasan oleh bilina
paman muf

Tidak menyangka sama sekali kalau kedua putri sholihat kami beserta pujaan hatiku tetap bisa mengiringi disana dengan enjoy. Diluar dugaTerimakasih abang Mufti Fathonah Muvariz sudah bersedia ikutan plus ditodong materi padahal masih sibuk 😘

sunrise elyora barelang

Terimakasih untuk teman-teman komunitas Homeschoolling Gemilang Batam. Kemping keluarga kali ini berharga sekali bagi saya dan keluarga serta menguatkan hati bahwa Homeschool adalah pilihan yang menyenangkan sekaligus menantang untuk dijalankan. Terutama jika berjumpa teman sejalan.

berpose seluruh paman dan bibi kemah keluarga gemilang

Keseruanya insyaAllah komplit, Mulai rapat tipis tipis mempersiapkan bawaan, hingga kehebohan para bibi bibi cantik mempersiapkan bekal ngalahin pindah rumah.

Anak-anak sangat bahagia sekali pulangnya. Membawa banyak cerita tentang pantai, laut dan hewan laut yang di dapatkan dalam scavenger hunt.

PamanMufti juga bahagia sekali dapat berbagi sedikti kepada anak-anak walau tetap sambil senyum-senyum.

Sampai jumpa di family camp komunitas HS Gemilang berikutnya.

Kami belajar, kami berbagi dan kami bahagia
//Uchan

32 thoughts on “Kemah Keluarga Komunitas HS Gemilang di Pantai Elyora Barelang Batam

  1. Walahhh, bagus juga ternyata Pantai Elyora ya..saya belum pernah kesana. Kegiatan gini asyik dilakukan dengan keluarga. Saya juga bawa ponakan kemping. Menambah pengalaman mereka dengan alam

  2. Saya kangen banget camping. Kayaknya udah setahunan belum camping lagi. Tetapi, belum pernah coba juga camping di pinggir pantai. Seru kayaknya, bisa sekalian main air di pantai πŸ™‚

  3. Seru banget yaa, berkemah memang salah satu cara untuk mengenalkan kepada anak anak terutama hal hal kemandirian dan kewaspadaan. Orang tua aja seneng ya kan, kemah di tepi pantai. Apalagi anak anak, seru ih

  4. Seru banget ya kemping keluarganya. aku ga pernah kemping sama keluarga. biasanya malah sama teman2 dan keluarganya teman2. kapan2 boleh deh coba kemping sama keluarga

  5. Aku belum pernah ikut glamcamp gitu Mba. Sering baca artikel yang bahas tentang itu sih. Pasti menyenangkan ya. Apalagi kalo bareng temen dan orang terdekat seru juga pastinya πŸ™‚

  6. Keren banget nih komunitasnya adain kegiatan yang semacam ini. Pastinya seru sekali ya mbak bisa ikut kemah keluarga. Materi yang diberikan selama berkembah juga keren-keren. Jadi nambah wawasan juga

  7. Kebersamaan inilah yang membuat kita semakin akrab dan terjalin silahturahmi.

    Pantai elyora barelang Batam saksi bahwa kita bersama bermain di pantai sambil belajar

  8. Serunya!!! Aku belum pernah camp bareng keluarga di pantai. Pernah dulu tapi sama teman2 gitu. Di sini pantainya dekat, jadi habis mantai pulang

    Aku udah kebayang sih kalau punya pasangan ngecamp di dekat pantai. Kalau sama anak2, rasanya pasti beda banget apalagi kita harus ngasih pengertian ke mereka

  9. Ya Allah jadi kangen kemah, kapan lagi ya ngadain acara beginian hehehe
    sudah bertahun lamanya tidak pernah kemah. Ini seru banget baeng keluarga dan komunitas. Tambah semakin akrab silaturahminya ya Mba

  10. Bisa dibayangkan betapa senangnya anak-anak mendapatkan pengalaman camping di pantai ini. Apalagi juga seseruan dengan sesama peserta home schooling ya. Semoga lancar terus proses belajar bersamanya ya.

  11. Seruuu bangettt kakakmm aku langsugn rewind pikiran dan otakku setelah baca kata barelang. Uwuwuu. Kangen masa masa pacaran di sana akakaak

  12. Putranya usia berapakah, kak?
    Ini rutin kah dilaksanakan?
    Kagum aku sama komunitas HS ini…kompak dan rutin menyelenggarakan outing.
    Berasa Bapak-Ibunya juga happy.

  13. Wow, sudah lama ga camping.
    Terakhir SMA waktu Pramuka kayaknya, tahun 1980an, muahahaha

    Aktivitas yang paling aku suka dulu adalah mencari jejak ala-ala detektif gitu, di mana skenario yang dibuat panitia itu keren banget. Ala film petualangan gitu. Pakai nyebrang sungai, manjat akar pepohonan, seru pisan!

    Pas bisa menemukan kata kunci dan tiba di garis akhir, senang bukan kepalang!

    Duh, jadi kangen petualangan camping…

  14. Kalau dengar Batam, saya jadi ingat semua peserta parenting yang pernah saya fasilitasi di sebuah grup kuliah online

    Batam jadi daerah yang ingin kukunjungi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *