[Edutrip Kami] Mengenal Profesi Pemadam Kebakaran

[Edutrip Kami] Mengenal Prosesi Pemadam Kebakaran. Edutrip Kami ini adalah singkatan dari edukasi trip keluarga umi (Edutrip Kami). Kegiatan edutrip ini adalah kegiatan yang memang menjadi fokus keluarga kami terutama hingga anak-anak berusia 8tahun. Pokoknya jika ada ajakan untuk trip edukasi pasti bakal kami sambut banget.

Kenapa Edutrip itu penting?

Sebagai keluarga homeschooler edutrip tentu adalah pilihan belajar yang paling menyenangkan untuk anak-anak. Belajar tanpa merasa diajari. Wah gimana tuh serunya belajar tanpa merasa diajari?

Anak-anak melalui edutrip dapat melihat sendiri, merasakan perjalanannya, menuai makna yang mereka dapatkan selama perjalanan. Saat ini kakak Aqila sudah memasuki usia 4tahun dan adaik usia 2tahun.

Mereka sudah bisa melihat sendiri apa yang menarik bagi mereka dan kembali menanyakannya kepada kami (abah umi nya) jika mereka belum memahami maknanya. Seperti kenapa ya Pemadam kebakaran itu mobilnya harus pakai serine?

Kunjungan Ke Pemadam Kebakaran (Damkar) Batam

Ini adalah salah satu edutrip yang paling berkesan buat anak-anak. Kami berkunjung ke Pemadam Kebakaran Batam yang tepatnya berlokasi di Duringangkang sebelah stadion sepakbola Tumenggung Abdul Jamal Batam pada tanggal 22 Desember 2019.

Sejak pagi anak-anak sudah ramai ingin segera sampai ke lokasi pemadam kebakaran. Alhamdulillah kami datang hanya lewat 5menit, jadi acara baru saja dibuka oleh PJ Barelang Playdate IP Batam yaitu umi rizky dilanjutkan dengan simulasi pemadaman api di rumah jika terjadi keadaan darurat oleh tim damkar. Tim damkar dengan tanggap menjelaskan bagaimana jika ada kebocoran gas, hal apa yang harus kita lakukan?

Gak hanya anak-anaknya yang menyimak saat sesi keamanan rumah ini, tapi para orang tua juga lho. Karena tentu saja ilmu ini penting bagi kami para orangtua. Berikut hal yang harus dilakukan jika terjadi kebocoran gas dirumah

Praktik Pemadaman Api Saat Darurat

Setelah sesi penjelasan dan simulasi mengatasi kebocoran gas dirumah, agenda dilanjutkan dengan praktik pemadaman api. Anak-anak berbaris menuju tempat api telah disediakan di dalam kaleng. Ada 2 selang yang dipasang memanjang berjarak aman dari kaleng api.

Ternyata bapak-bapak dari tim damkar ini sudah sering kedatangan anak-anak. Jadi jago bikin anak-anak senang dan tetap semangat walau panas banget.

Anak-anak setelah berbaris lalu dituntun perlahan selang, dan jika tim damkar mengangkat tangan maka anak-anak harus meneriakkan teriakan “buka airnya…” lalu baru air keluar dan memadamkan api.

Lihat aja nih senyum anak berjilbab ungu dan kuning ini. Walau tidak berada dibarisan terdepan mereka tetap bahagia banget. Bisa

Setelah selesai sesi anak-anak juga ada sesi para orangtua untuk mencoba memadamkan api. Pertama dicontohkan cara memadamkan api menggunakan kain basah, lalu setelah beberapa kali dicontohkan barulah di minta relawan untuk mencobanya.

Setelah lama ada 1 orang bapak yang maju mencoba. Hmm keliatannya tidal sulit. Pikir umi dalam hati. Karena itu saat diminta relawan dari ibu-ibu rasanya ringan aja tangan ini terangkat untuk mencoba.

Setelah di depan dan dekat dengan api ternyata ga mudah makkk. Ini liat aja api nya besar dan menyala-nyala plus ada angin lumayan juga. Jadi arah api berubah.

Jadi saat umi praktik langsung memadamkan api si bapak damkar ini mengajarkan lagi membasahkan kain dan cara memegang kain yang tepat. Bagian kiri kanan kain kita pegang bukan kearah luar tapi kearah depan. Setelah itu diminta mendekat ke arah tong api, perhatikan arah angin dan berdiri searah dengan arah angin datang lalu melempar kain basah tersebut sampai memadamkan api.

Tapi umi kaget saat kain sudah mau di lempar api berubah arah dan melampai-lambai semakin dekat. Ukhh panas banget berasa hawanya ke wajah. Otomatis umi jadi mundur dan gak jadi melempar kain. Eh tapi malah ditegur oleh pak damkar. Hal seperti itu tidak boleh. Karena ragu-ragu dalam memadamkan api bisa-bisa kita yang akan dikejar api karena saat kita mundur juga menimbulkan angin.

Wah pokoknya jadi pelajaran berharga banget untuk saya yang serba takut dan suka deg degkan kalau mau apa-apa supaya nanti lebih waspada.

Mencoba Naik Mobil Pemadam Kebakaran Batam

Belum shock umi reda, sesi sudah berganti ke naik mobil bareng. Wahh semua anak excited banget. Naik dikawal tim damkar. Ada yang duduk di depan ada yang dibelakang.Semua sama serunya. Dan umi baru tau setelah acara selesai, kalau setelah duduk dibelakang kak Aqila duduk manis lagi dikursi depan.

Terimakasih kepada tim barelang playdate dari Ibu Profesional Batam yang sudah menyelenggarakan kunjungan ini. Karena ternyata banyak banget manfaatnya untuk anak, yaitu

1. Anak Mengenali 1 Profesi Mulia Yaitu Pemadam Kebakaran
2. Belajar Menghormati Profesi Apapun
3. Anak lebih waspada dalam bermain api. Tidak bermain api sembarangan.
4. Anak Belajar Bekerja Sama
5. Belajar Bagaimana bertindak jika ada api.

27 thoughts on “[Edutrip Kami] Mengenal Profesi Pemadam Kebakaran

  1. Kereen mbak, anak2ku blm pernah edutrip sama sekolah atau organisasi playdate gtu ke kantor PMK. Tapi temanku ada yg suaminya org PMK dan tinggal di asrama PMK jd pernah sekilas kenal jg walau gk liat semprot2 dan simulasinya. Moga2kapan2 bisa mengikutkan anak2 kegiatan serupa

  2. Wah seru banget ada roleplaynya mbak. Sayang ga ada videonya ya yg pas mb Eka maju jadi relawan itu, penasaran. TFS mb. Edutrip juga salah satu kesukaanku juga 🙂

  3. Senangnya edutrip bisa langsung mengenalkan anak lewat dunia di sekitarnya. anakku kemarin juga habis mengunjungi pemadam kebakaran mbak, cuma sama sekolah edutrip-nya. Habis itu dia sering minta diajak balik lagi ke kantor pemadam kebakaran, coba? hahahah

  4. Edutrip memang paling seru dan pastinya disukai anak-anak. Edutrip ke Pemadam Kebakaran ini juga salah satu edutrip yang ada di sekolah anak-anak saya. Banyak banget pelajaran dan manfaat yang didapat.

  5. Pemahaman bagaimana cara menghadapi api penting banget ya. Sifat keragu raguan kadang datang saat ini. Tapi untuk lebih mengenalkan kepada anak bagaimana menghadapi api orang tua harus percaya diri dan yakin ya. Salah satunua ya tidak malu ikut terlibat dalam edutrip bersama anak di damkar ya. Faiz pernah naik mobil damkar di TMII, dan sampai sdkaramg selalu heboh kalau lewat kantor damkar

  6. Seru yaa edutrip ini. Anak2 jadi paham apa saja yg dilakukan profesi tersebut dan pengetahuannya jadi bertambah. Paling penting adalah mereka lihat sesuatu yg nyata, bukan hanya di buku. Biasanya akan lebih diingat kan 🙂

  7. Edutrip yang sangat mendidik mbak, apalagi penjelasan mengenai kalau tercium bau gas/gas bocor. Wah jadi ilmu baru buat saya, biasanya suka santai kalau ada aroma gas sekarang jadi lebih waspada.

  8. Sangat seru dan menyenangkan ya mba.. bakal jadi pengalaman yang tidak terlupakan ini untuk anak-anak.. waktu anakku TK juga ada edutrip ke tempat pemadam kebakaran, saat itu saya masih kerja, jadi tidak bisa menemani anak saya.. hanya bisa menikmati melalui gambar di wa group saja.. seru dan menyenangkan ya pastinya

  9. Wah bagus juga nih program edukasi buat anak-anakknya. Harusnya sih sekolah-sekolah membawa muridnya untuk mengenal profesi secara langsung yang real kaya gini. Anakku pernah sih ikutan tapi d kidzania jadinya serba mini.

  10. Jadi ingat waktu Yasmin ikut edutrip
    Biasanya sepulang edutrip, Yasmin pasti menceritakan semua petualangan barunya penuh sukacita dan binar mata ceria
    Mengingat detil hal-hal yang berkesan bahkan sering menceritakannya kembali bahkan saat doi sudah remaja

  11. Infografisnya membantu banget agar saya paham apa yang harus dilakukan jika terjadi kebocoran gas. Kayak di film sudah dijelaskan jika ada gas yang bocor maka jangan nyalakan api atau lampu di dekatnya karena bisa meledak, eh, letupan api mendadak muncul.
    Pengen juga ajak Palung ikut edutrip, sayang di sini tak ada acara itu padahal di sekitar Alun-alun Limbangan ada kantor damkar.

  12. Serunyaaaaa….

    anak-anak hepi banget ya keliatannya, jangankan anak2, saya sebagai mamak-mamak juga hepi kalau belajar hal seperti ini hahahah.

    Btw ternyata kalau ada kebocoran gas sederhana banget ya penanganannya.
    Kalau saya malah sudah panik duluan hahaha

  13. Kalau edutrip begini biasanya anak-anak akan ingat terus. Anak saya aja dulu cuma dibolehin naik mobil pemadam kebakaran, ingatnya lama. Sampai bercita-cita jadi petugas pemadam kebakaran

  14. Menarik juga ya mba program playdate gini. Untuk anak2 yang sekolah biasa pun bisa diagendakan kegiatan seperti ini. Jadi anak2 bisa belajar banyak dari profesi2 yang masih sedikit mereka kenal. Apalagi pemadam kebakaran gini. Aku pernah loh ikutan latihan pemadaman gini jaman masih ngantor. Susah banget ternyata sekedar menyemprotkan air ke api huhuuu… ngeriii

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *