Buku Jungkir Balik Dunia Emak | Ibu Profesional Batam

Jungkir Balik Dunia Emak. Alhamdulillah wa syukurillah buku pertama bersama rumbel menulis ip batam akhirnya selesai. Sudah hampir setahun sejak awal mula di rancangnya buku ini. Yaitu buku Jungkir Balik Dunia Emak atau kita singkat aja JBDE. Alhamdulillah lagi saya di berikan kemudahan untuk jadi bagian dalam buku ini. Berikut bikin resensi singkat dari buku ini.

Tentang JBDE

Awalnya kami dari rumah belajar menulis membuat wokshop menulis bersama Kopi Write Indonesia(KWI) pada February 2018. Kami disuguhi materi bersama 3 orang pemateri yang luar biasa membukakan pengetahuan seputar menulis. Setelah beberapa bulan kami menyetorkan tulisan (dengan banyak revisi tentunya), maklum karena yang belajar menulis ini adalah para emak yang setiap harinya hanya sibuk di ranah domestik atau publik.

Sebanyak 19 orang ibu dengan latar belakang yang berbeda dan memiliki ragam cerita dalam menemani anak-anaknya sehari-hari dibagikan dalam buku ini. Buku ini dapat menjadi penyemangat bagi saya pribadi diantara kehebohan bersama anak.

Pada cetakan pertamanya yang terbit tahun 2018 dengan jumlah 120 halaman ini, ada beragam kisah yang membawa kita ke rasa dimana “oh iya aku ngak sendiri”, “tenang mak ada yang lebih menantang”, “oh ini belum seberapa”.

Beragam kisah yang dituliskan oleh para bunda ini, jika dibaca bukanlah bentuk suatu keluhan tapi benar-benar bentuk berbagi dan menyemangati para ibu lain yang menghadapi tantangan beragam diluar sana. Karena setiap anak itu istimewa maka istimewa juga kisah yang dibuat bersama mereka.

Dari kisah emak yang harus menurunkan ekspektasi akan rumah yang rapi, hingga kisah para ibu baru yang terkagok dengan kebiasaan sebagai ibu yang jauh berbeda dengan bayangan.

Yang lebih seru lagi ada kisah dimana kesabaran para ibu diuji dalam menghadapi pertanyaan unik anak, hingga menghadapi keistimewaan anak yang menantang dan penuh gejolak emosi.

Semuanya dibuat seru dengan gaya cerita yang berbeda, namun tetap meninggalkan makna bagi yanh membaca.

Semua Anak Istimewa, Semua Ibu Juga Istimewa

Bahagianya saya karena tak menduga jadi bagian dari buku ini. Awalnya gak tau juga sih jika peserta workshop bakal diajak bikin buku bareng. Saya termasuk yang gak pede mempublikasikan jika dibuku ini ada nama saya. Hehehe tapi karena dukungan teman-teman akhirnya saya jadi berani.

Buku ini membawa banyak perubahan pada cara pandang saya terhadap beberapa kisah. Seperti yang saya tulis diatas. Namun satu keyakinan saya bahwa setiap anak itu istimewa begitupun setiap ibu. Karena ibu itu istimewa makanya Allah memilihkan kita untuk mendampingi anak-anak yang istimewa.

Ada ibu diberikan anak yang mudah tersinggung dan tantrum karena Allah tau ibu itu sabar, ada yang diuji dengan jarak bersama suami karena Allah tau ibu itu sanggup.

Akhh pokoknya banyak kebaperan dalam membaca buku satu ini. Bahkan sejak kami sama-sama menulisnya. Saya bahkan tidak berani mengintip kisah ibu lain sebelum buku dicetak.

Dan setelah dicetak, saat saya membaca semua kisah benaran membuat hati teraduk nano nano.

Terimakasih, buku ini seru sekali dibaca, terutama saat tingkat kebaperan sebagai ibu meningkat. Hehehe

32 thoughts on “Buku Jungkir Balik Dunia Emak | Ibu Profesional Batam

  1. Jadi pengen baca deh.
    Jadi ibu emang sering kebawa baper ya mba.
    bahkan bapernya pun jadi bertingkat2 hehehe.

    Baca buku kayak gini, semacam.semangat bagi kita untuk menjadi seseorang yang bersyukur dan ikhlas 🙂

  2. Ya kalau kata hadist mah, cobaan datang itu dari keluarga ya termasuk anak ,suami bahkan mertua.

    Sabar aja dan berdoa aja pasti ada jalannya dan semoga tetap bisa menjadi ibu profesional

  3. Membaca judulnya aku langsung mengakui kalau itu aku. Haha, eh semua emak rasanya memiliki hal yang sama ya, semua dunia emak jungkir balik.Gimana enggak, ibu bekerja dari subuh sampai subuh lagi. Apalagi ibu yang tanpa art dan ldr sama suami, bisa dibayangkan gimana jungkir baliknya ya. Selamat ya Mbak bukunya launching nih

  4. Wah ternyata setelah ikutan workshop bisa menerbitkan buku sendiri ya. WAh aku juga punya ekspektasi kalau rumah itu harus rapi hihihi, kayanya harus baca buku ini juga

  5. Wah dari judul bukunya aja udah pengen memiliki. Saya senang banget banyak blogger yang punya buku sendiri mbak, tak sabar pengen digaet ke rumah lagi setelah bukunya mbak Bety…

  6. Senangnyaaaa bisa berkolaborasi bersama sesama teman penulis ya mba. Aku dulu pas bisa ikutan antologi gitu bareng IIDN Semarang juga seneeeng banget. Ada kisah yang bisa kita torehkan yang semoga bermanfaat untuk pembacanya.

  7. Foto bukunya emang gk ada ya mbak? Eh apa browserku yang lemot ya jd gak kebuka hehe 😀
    BTW selamat ya atas terbitnya bukunya. Kyknya ini masuk dalam salah satu daftar wajib baca emak2 zaman now 😀

  8. Jadi ibu itu emang everyday learning yah mbak. Setiap hari adaaaa aja hal baru yang bikin kita belajar. Harus banyak sabar nih hehehe.

    Kayaknya bukunya asyik sekali nih mbak, jadi pengen baca curhatan ibu ibu lain deh

  9. Senang ya Eka bisa menjadi kontributor buku yang keren ini. Bisa sharing pengalaman menjadi ibu itu sungguh hal yang menyenangkan. Menuliskannya juga kan bisa jadi me time, untuk curhat juga tapi bisa jadi inspirasi sesama ibu di luar sana

  10. Produktif banget IP Batam.
    Eh IP Jakarta juga buat antologi tentang cerita orang tua. Ga nyangka deh perjuangan para ibu di luar sana. Apalah saya ini…

  11. Selalu baper kalau baca perjalanan emak-emak dalam mengarungi masing-masing bahteranya.

    Sukses buat bukunya, kak..
    In syaa Allah menjadi amal jariyyah bagi para kontributor.

  12. Selamat mbak atas bukunya.

    Emang bener banget, ibu itu sering bapernya. Anak rewel, duh aq gk becus jadi ibu. Anak sakit, langsung mikir aq gagal jadi ibu dll. Jadi pengen baca bukunya. Supaya gk baperan lagi

  13. penasaran dengan isi bukunya. Memang yang namanya jadi ibu itu nano nano yaa.. pengalamannya gak ada yang persis sama, kalau udah dengar atau baca pengalaman ibu lain jadi suka ngakak-ngakak atau malah mewek sendiri 🙂

  14. Jungkir balik dunia dmak, hihi jg inget sinetrommya putri titian.
    Kok aq jd penasaran ama bukunya ya, pengen tau khidupan dunia emak kyak apa sebelum menyelami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *