5 Tips Asyik Bermain di Luar Rumah | Bebas Bermain Tanpa Takut Nyamuk

5 Tips Asyik Bermain di Luar Rumah | Bebas Bermain Tanpa Takut Nyamuk. Haloha semuanya! Senang deh bisa sharing lagi. Kali ini umi mau berbagi cerita tentang aktivitas kesukaan anak-anak di rumah yaitu aktivitas bermain di luar rumah walau sekadar jalan pagi atau jalan sore. Sebagai ibu dari 2 putri yang sedang dalam masa pertumbuhan, bermain di luar rumah itu wajib banget bagi kami agar kedua orang putri yang aktif ini semakin sehat.

Pentingnya Bermain di Luar Rumah

Kenapa bermain di luar itu penting banget, bukan penting aja? Selain agar tidak bosan di dalam rumah dan mendapatkan udara segar, ada banyak lagi lho keutamaan bermain di luar!

  • Meningkatkan Kemampuan Bersosial dan Memiliki Banyak Teman
    Sebagai keluarga yang memiliki target untuk full homeschooling, kami di rumah memiliki beberapa aturan dasar terutama mengenai gadget. Untuk menjaga anak-anak dari gadget maka yang dibutuhkannya adalah banyak bermain, baik di dalam maupun di luar rumah. Nah karena kami HSer yang tidak berangkat ke sekolah, jadi saat bermain di luar adalah saat yang tepat untuk bertemu banyak teman terutama di lingkungan rumah, yaitu para tetangga. Setiap sore atau pagi saat bermain di luar, anak dilatih untuk menyapa tetangga dan kemampuan bekerja sama dengan teman-temannya.
  • Melatih Anak Menjadi Mandiri
    Serunya saat bermain di luar, anak bebas berlarian ke mana pun apalagi rumah kami berada dekat lapangan olah raga. Mereka bisa berjumpa banyak teman dan bermain dengan mandiri tanpa menempel ke uminya selalu.
  • Menyehatkan dan Hemat
    Ini mah idaman setiap emak ya. Anak sehat dan emak pun hemat. Beneran lho main di luar itu hemat. Anak-anak pinter banget berkreasi dengan yang ada di alam sekitar. Bagus banget kan membuat anak semakin kreatif dan tentu saja menyehatkan karena saat bermain anak sibuk berlarian dan menggerakan anggota tubuhnya.

5 Tips Asyik Bermain di Luar Rumah

Bermain di luar rumah memang menyenangkan, tapi bukan berarti tidak memiliki tantangan. Berikut 5 tips asyik bermain diluar rumah ala umi.

1. Siapkan Ide Permainan dari Rumah
Saat berangkat bermain ke luar rumah, pastikan sudah menyiapkan ide untuk anak-anak, terutama untuk anak di bawah 5 tahun. Walau nanti saat di luar mereka bisa meng-explore ke sana sini, pastikan ada tujuannya kita bermain. Seperti pergi bermain sepeda, bermain bola bersama teman, bermain pasir atau hanya sekedar nature walk. Dengan menyiapkan ide, kita tau harus membawa peralatan apa saat bermain ke luar rumah.

2. Ganti Tujuan dan Tempat Bermain
Ganti tempat bermain ini maksudnya jika biasanya jalan ke arah kanan rumah menuju masjid, sesekali putar arah menuju lapangan. Saat berjalan tentu akan berbeda juga yang akan dijumpai anak. Di sebelah sana ada yang pelihara merak, di sini ada yang pelihara kakak tua, ada juga yang pelihara kelinci. Seru lho berjumpa dengan banyak hewan berbeda (peliharaan tetangga).

3. Siapkan Bekal dari Rumah
Bekal ini wajib banget, seperti air minum dan camilan dari rumah supaya saat muter-muter sepedaan misalnya, anak-anak gak lapar mata lihat ada yang jualan makanan tidak sehat.

4. Ingatkan Rule dan Kesepakatan yang Harus Diikuti Anak
Bermain bebas di luar bukan berarti bebas tanpa aturan ya. Anak-anak tetap di-sounding dan diajak membuat kesepakatan sejak dari rumah. Karena rumah kami dekat sekali dengan jalan raya, jadi sebelum pergi bermain akan dibuat kesepakatan tidak berlarian di jalan karena berbahaya, tidak jajan sembarangan karena kita bawa bekal (ini gabungan sehat dan hemat) dan pulang saat ada suara mengaji di masjid. Dan kesepakatan ini bermanfaat banget. Jadi anak-anak mau pulang tanpa ada drama apalagi tantrum karena tidak mau pulang.

5. Memakai Baju yang Nyaman dan Minyak Telon Anti Nyamuk
Ini adalah poin lain yang wajib juga bagi anak. Main di luar gak mungkin gak kotor dan gak ada nyamuk. Sedih banget kalau pulang main sampai rumah tiba-tiba ngecek di leher dan tangan sudah ada bentol merah bekas gigitan nyamuk.

Apalagi sekarang ini cuaca juga sedang ekstrim. Kadang tiba-tiba angin kencang dan tidak bersahabat. Jadi anak-anak wajib memakai baju yang nyaman kadang lengan panjang plus sebelum berangkat diolesi minyak telon anti nyamuk.

Minyak telon anti nyamuk favorit keluarga kami sejak kakak bayi adalah Konicare minyak telon plus. Selain aromanya khas dan lembut, minyak ini juga hangat dan menjaga anak-anak bebas dari gigitan nyamuk. Biasanya Umi membelinya di Shopee karena belanja hemat dan terjamin adalah wajib haha.

Di Shopee banyak pilihan minyak telon anti nyamuk dalam bentuk paket hemat gitu. Jadi beli 3 ukuran 60 ml ada diskonan berapa persen plus gratis ongkir. Itu mah menggoda banget ya tawarannya dan sayang untuk dilewatkan. Umi suka banget ukuran kecil gini biar pas banget di kantong untuk dibawa-bawa.

Nah itulah 5 tips sederhana yang biasa kami lakukan sebelum bermain di luar rumah terutama jika kami nature walk. Btw, buku My Nature Journal-nya juga Umi beli di Shopee buat nemenin kami berpetualang dan mencatat hal-hal apa yang kami lihat selama bermain di luar. Semoga bermanfaat!

49 thoughts on “5 Tips Asyik Bermain di Luar Rumah | Bebas Bermain Tanpa Takut Nyamuk

  1. anakku termausk yang gampang banget di gigit nyamuk
    dalam dan luar rumah memang harus waspada
    apalagi sekarang musim hujan nih jentik bahaya
    aku juga pakein ini minyak telon plus
    wanginya beda dengan biasa tp demi gak digigit nyamuk deh

    1. Hi mb eka, saya Suka tipsnya apalagi yang nomer 4, terlihat anak sudah diajarkan bagimna bernegosiasi. Bisa saya praktekkan jika sudh punya anak nanti atau saat mengajar anak-anak dirumah hehehe

  2. Bermain di luar rumah memang tepat sbg salah satu sarana belajar ya mba.. Untung Bundanya selalu sedia ‘peralatan’ lengkap utk kenyamanan anak2 ya..

  3. Masalah gigitan nyamuk bukan buat anak-anak aja ya orang dewasa juga. Aku apalagi digigit dikit aja udah berasa gatelnya.
    Di sini susah untukmain-main di luar adanya jalanan aja 🙂

  4. Saat main diluar rumah aku juga suka kasih lotion atau minyak telon anti nyamuk buat jaga2 soalnya ya manfaat main diluar itu banyak banget terutama untuk kemampuan sosialnya

  5. Mba di Cimahi darurat DB, minggu lalu anakku kan demam ga turun-turun takut luar biasa kalau DB sampe tes darah alhamdulilah hasilnya bukan DB, sekarang di Cimahi juga anjuran untuk menggunakan pelindung anti nyamuk bisa dicoba nih minyak telon plus ini y mba, sempet pake konicare juga harusmnya enakeun ntar beli lagi lah

  6. Anakku yang cowok dua-duanya suka banget main di luar rumah, di lapangan, di kebun, di taman bermain. Kalau musim hujan begitu aku ngeri sama nyamuknya, so makasih tipsnya mba

  7. Bebas tanpa nyamuk akan membawa kenyamanan dalam bermain.

    Bermain di luar bisa jadi sosialisasi, pengetahuan bertambah dan berani dengan kenalan dengan anak lain.

  8. Beruntung banget kalo punya rumah dekat dengan taman. Masa kecil anakku dulu tinggal dekat dengan tempat bermain. Trus jalan depan rumah juga lebar, dan aman, karena ada portal, jadi bisa main bareng teman-temannya di depan rumah. Kami orang tua cukup memantau dari balik pagar aja.

    Nah yang paling malas tuh kalo pas musim hujan dan banyak nyamuk, jadinya harus sedia minyak oles untuk mengurangi ancaman gigitan nyamuk ya

  9. Setuju banget dengan tips dan manfaat-manfaat main di luar. Banyak banget buat anak-anak. Apalagi kini zaman gadget. Main di luar bikin anak gak kecanduan gadget. Minyak telon dan minyak kayu putih sangat penting buat anak untuk main di luar. Biar gak masuk angin dan digigit nyamuk.

  10. Kalau main di luar anak2 aku pakaiin baju tertutup dan minyak telon jg sih. Minyak telon yang kita pakai sama mbak. Aku selalu sedia itu jg di rumah, walau anak2ku bukan bayi lagi tapi msh serigng pakai 😀

  11. Main di luar rumah itu penting juga ya mba. Kalau aku ga punya halaman jadi main camping aja di dalam rumah. Wkwkwk.. aku juga suka minyak telon konicare mba. Wanginya cocok dan bisa buat ngusir nyamuk

  12. Aku juga suka mba pake minyak telon konicare untuk anakku. Baru tau kalo ada yang tutupnya ungu hihi biasanya nitip suami untuk dibelikan yang warnanya kuning 😀

  13. Kayanya bukan anak kecil aja deh yang punya masalah sama si nyamuk ini. Orang dewasa pun juga gitu hahaha, Ujame kalau lagi main ke tempat-tempat yang rindang, dan berpotensi banyak serangga dan nyamuk selalu sedia minyak ini. Dan ampuh juga kok untuk orang dewasa hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *