Resep Praktis Menurunkan Hipertensi

Resep praktis menurunkan hipertensi tekanan darah tinggi, ini merupakan resep yang ibu saya berikan kepada ayah yang kebetulan seminggu yang lalu menderita tekanan darah tinggi. Karena tingginya tekanan darah membuat ayah saya tidak bisa beraktivitas. Termasuk bermain dengan cucu kesayangan.

Biasanya kita mengenal mentimun hanya sekedar menjadi lalapan ataupun pendamping makanan pedas. Saya sesekali menggunakan mentimun sebagai masker. Mentimun sebenarnya banyak sekali kandungan nutrisi gizinya seperti kalori , karbohidrat, protein, vitamin C dan banyak vitamin lainnya. Selain itu mentimun juga mengandung magnesium, kalium, serat, dan tinggi air.

Nah kandungan kalium dalam mentimun ini yang dapat mempertahankan kadar sodium dalam tubuh untuk mencegah aterosklerosis yang mempengaruhi pengaturan tekanan darah.

Intip resep ibu lainnya: https://www.ekamustikasari.com/2018/01/dendeng-balado-kering-warisan-bundo/

Sudah tidak rahasia lagi jika hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan pembunuh yang bekerja secara diam-diam dan dapat membahayakan kerja jantung. Itulah yang sangat ditakutkan. Karena saya juga memiliki kisah sedih tentang orangtua sahabat sekaligus tetangga saya yang menderita hipertensi ini. Jadilah ibu wanti-wanti sekali saat mengetahui ayah saya menderita hipertensi. Salah satunya adalah dengan menggunakan mentimun.

Namun jangan salah hipertensi atau tekanan darah tinggi ini tidak hanya bisa dirasakan oleh orangtua seperti ayah saya namun juga oleh anak muda seperti kita-kita ini. Rasanya “kita” mau di blod deh. Dan saya juga pernah membaca jika tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikendalikan, jadi kita benaran harus merubah gaya hidup, dan pola makan serta resep dokter juga.

Dan satu perubahan kecil dalam gaya hidup yang bisa kita lakukan mulai sekarang adalah memperbanyak makan mentimun. Mengosumsi mentimun tidak selalu dalam mentahan, namun juga bisa diolah dengan nikmat. Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Berikut resep mentimun yang biasa dibuat ibu saya

Resep Jus Mentimun

Bahan:

  • 2 buah mentimun
  • 1 gelas air
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sendok gula pasir
  • Secukupnya es

Langkah:

  • Cuci bersih mentimun (boleh dikupas boleh tidak, kebetulan kami tidak mengupasnya), potong kecil
  • Masukkan perasan jeruk nipis.
  • Blender semuanya dengan air dan gula.
  • Tuang ke dalam gelas.
  • Boleh tambahkan es batu biar seger

Selain dijus dipastikan hidangan kami serumah juga akan bertema timun. Seperti acar timun dan lalapan timun, kalau anak-anaak malah sukanya cuma es timun dengan sirup hijau.

Sedihnya hanya beberapa kali mengonsumsi jus mentimun tekanan darah ayah malah jadi rendah. Mungkin karena nenek anak-anak terlalu bersemangat membuatnya. Jadi pastikan mengonsumsi jus mentimunnya tidak berlebihan ya. Secukupnya saja, dan tidak takut terlalu berlebihan. Semoga bermanfaat.

Punya resep praktis lainnya untuk dibagi? Yuks komentar.

Referensi:

– https://www.boldsky.com/beauty/2018/8-amazing-skin-benefits-of-cucumber-juice-123918.html
– https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-timun-untuk-hipertensi/

28 thoughts on “Resep Praktis Menurunkan Hipertensi

  1. dulu pernah nanya ke mama kenapa kalo ada gulai kambing pasangannya selalu acar ternyata timun memang bisa bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi hehe tfs mba

  2. Jujur mba, aku gak suka makan mentimun, tapi setelah baca artikel ini aku jadi mikir, ternyata mentimun penting yah bagi kesehatan,

  3. Suami aku juga penderita hipertensi.
    Pernah coba minum jus mentimun juga. Cuma suamiku cuma timun doang plus air.
    Kalau rutin memang dahsyat turunnya, ya.
    Ternyata bahaya juga, kalau langsung drop, seketika.
    Jadi kudu punya alat tensi sendiri, jadi bisa ukur di rumah.

    Sekarang doi lebih memilih minum amlodiphine 5mg (sesuai resep dokter ya) , setiap hari, setiap pagi dengan alasan lebih praktis.

    Namun kudu minum air putih lebih banyak, biar gak memberatkan kerja ‘hati’
    … karena obat itu oleh tubuh dianggap seperti “benda” asing jadi, hati perlu dibantu dengan air putih, begitu menurut masukan dari dokter.

  4. baru kamis kemarin aku anter ART aku sakit ternyata darah tinggi sampe 170 mb sama dokter kasih resep yg ga bole berhenti minum baca ini mendingan ikhtiar pake timun dulu ya mba siapa tahu cocok

  5. Aku juga dikasih tau kalo buat nurunin tekanan darah makan timun ini. Waktu itu sepupu yang mau mau kepolisian abis cek kesehatan. Hasil pemeriksaan katanya tekanan darahnya tinggi, jadi disaranin sama tante untuk konsumsi buah timun 🙂

  6. waktu tensi darah mamaku naik, beliau minum air rebusan belimbing wuluh, Mba. Alhamdulillah setelah beberapa kali minum tensinya kembali normal 🙂

    sekarang rajin konsumsi ketimun juga untuk menjaga tekanan darahnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *