Rekomendasi Buku Pilihan Pengasuhan Anak

Rekomendasi Buku Pengasuhan Anak . Alhamdulillah wa syukurillah bisa sudah lama sekalicingin menuliskan ini namun akhirnya sekarang diberi kesempatannya. Saya ingin berbagi beberapa buku pengasuhan anak berbasis islam yang biasa saya baca dan saya gunakan dirumah. InsyaAllah semoga next bisa saya bedah dengan detail satu persatu.

Berikut adalah rekomendasi buku pengasuhan anak berbasis islam

1. Buku Pendidikan Anak Dalam Islam

Buku yang memiliki judul asli “Tarbiyatul Aulad Fil Islam” ini merupakan karya dari Dr.Abdullah Nashih ‘Ulwan. Buku ini diterbitkan oleh penerbit buku Insan Kamil. Diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia ileh Arif Rahman Hakim,Lc.

Buku ini membahas semua hal secara lengkap dan detail bagaimana pengasuhan anak didalam islam disertai dengan ayat Al Quran dan hadist yang lengkap.

Terdiri dari 3bagian yang membahas mulai dari pernikahan, tanggung jawab serta pengenalan seks kepada anak.

Tidak hanya membahas tanggungjawab pendidikan namun juga metode dan sarana pendidikan yang berpengaruh kepada anak.

Pendidikan Anak Dalam Islam

2. Islamic Perenting

Islamic parenting pendidikan anak metode Nabi SAW. Buku ini ditulis oleh Syaikh Jamal Abdurrahman dan diterbitkan oleh Aqwam.

Islamic parenting

Seperti yang terlihat pada cover buku ini mengelompokkan penjelasan pendidikan anak berdasarkan usia anak. Dimulai dari pendidikan anak usia 0-3tahun yang masih butuh dituntun penuh oleh kedua orangtuanya. Lalu dilanjutkan dengan Pendidikan anak usia 4-10tahun dengan segala haknya.

Juga dibahas bab pendidikan anak usia 10-14tahun yang memasuki usia baligh. Semuanya benar-benar pas dengan perkembangan anak. Ini buku favorit saya.

Yang masih saya baca sekilad adalah bab pendidikan anak usia 15-18tahun serta bab pendidikan anak usia pranikah. Melalui buku ini saya paham ternyata menjadi orangtua itu butuh banyak bekal untuk mendampingi anak hingga kita melepaskan merepa kejanjang pernikahan. Terbayang bagaimana beratnya kedua orangtua kita dulu.

Diakhir bab buku ini ada pesan-pesan indah lukman kepada anaknya. Semua pesan luqman ini berasa banget sampai kehati.

3. Membumikan Harapan

Buku ini awalnya saya pikir hanya membahas tantangan bersama suami. Ternyata ada bab “Mendidik Anak Dengan Baik”.

Dibab mendidik anak ini juga berbeda dengan buku yang lainnya, karena difokuskan bagaimana berinteraksi dengan anak. Ini saya butuhkan banget terutama disaat emosi kadang tidak sestabil air didanau pada pagi hari.

Buku ini istimewanya adalah menyediakan checklist tabel evaluasi orangtua. Jadi kita bisa mengevaluasi mana ternyata hal yang sering terlewatkan oleh kita pribadi.

Itulah tiga buku rekomendasi pendidikan anak berbasis Islam yang biasa saya gunakan dirumah. Ketiga buku itu tersedia di instagram @rumah.mufasa.

Adakah buku pendidikan anak berbasis Islam yang bisa direkomendasikan kesaya? Silahkan komentar dibawah ya

31 thoughts on “Rekomendasi Buku Pilihan Pengasuhan Anak

  1. Belum bisa kasih rekomendasi, udh lamaa aku gk baca buku euy. Sedih hiks. Tp dulu awal2 nikah dan punya anak, aku suka banget bukunya irawati istadi yg judul mendidik dengan cinta

  2. Buku Membumikan Harapan itu pingin banget dech saya pinjem, eh nyari dech. Soalnya emang benar, saat orang tua sedang mengasuh dan memberi contoh kepada anak-anaknya, hal yang pertama dilakukan adalah mengevaluasi diri sendiri dan sebaiknya orang tua juga terus mencari ilmu . Tks ya Mbak, rekomendasi bukunyaa

  3. Aku belum bisa kasih rekomendasu buku parenting Islam.

    Tapi aku pernah baca online tentang gaya pengasuhan sahabat Rasullah SAW, Ali bin Abi Tholib, yang kurang lebih sama dengan yang mba tuliskan di atas, di buku nomor 2 “Islamic Parenting”. Bahwa mengasuh anak disesuaikan dengan rentang usia buah hati kita ya, mba.

  4. Y Allah mbak bagus banget ini tulisannya sedang saya butuhkan untuk belajar bareng suami. Aku baru mau baca Wonderful Family nya Pak Cahyadi Takariawan tapi lebih ke rumah tangga dan pernikahan ya kalau itu. Saya share ya blog post ini ke suami

  5. Aku ada beberapa buku mengasuh anak tp belum kebaca. Alasannya Belum Menikah, hihihi. Padahal mah ngasuh anak juga gak harus nikah dulu ya. Bisa keponakan misalnya

  6. Buku buku yang direkomendasikan bagus semua euy. Buku berkualitas yang wajib dimiliki anak nih kayaknya. Buku membumikan harapan tuh saat baca judulnya aja sdh menarik.

  7. Mbak aku juga pakai yg Tarbiyatul aulad itu lo, pernah ta review juga. Itu buku favoritku sampe sekarang. Kalau mendidik anak panduannya itu dulu baru teori parenting yg ada

  8. Baca ini aku punya utang review buku hehehe..
    Mba eka kok aku mau rasa-rasa pesan itu buku“Tarbiyatul Aulad Fil Islam” ini merupakan karya dari Dr.Abdullah Nashih ‘Ulwan hahaha

    tapi meragu kapan lagi mentransfernya hahahah

  9. Jadi pengin ikutan baca nih yang mendidik anak seperti nabi. Mengingat sudah begitu parahnya pergaulan dan berbagai bahaya yang mengancam perkembangan moral anak, mencari referensi agamis seperti ini wajib hukumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *