Aplikasi Membaca Ebook (Buku Elektronik) Gratis di Smartphone Android

Aplikasi Membaca Ebook (Buku Elektronik) Gratis di Smartphone Android. Ada gak yang suka kalap jika ke toko buku atau melihat buku baru yang di share penulisnya? Atau yang punya target baca buku baru sekali sebulan? Jika kamu merasa, berarti kita sama, saya juga suka kalap lihat buku bagus. Namun ada saatnya kita tidak selalu bisa membeli buku, mungkin karena ada prioritas belanja, belum ada uang kalau ada uang memilih beli keperluan anak dan hal lainnya.

Target membaca 1 atau 2 buku sebulan pun kadang tinggal impian. Apalagi saat pandemi perpustakaan di tutup. Sekarang tidak perlu risau tak ada stok bacaan, setelah smarphone ada, membaca buku elektronik baik dalam bentuk buku pdf hingga ebook dan ePub semakin mudah. Kita hanya perlu menginstal aplikasi dan puluhan hingga ribuan buku dapat saya akses secara gratis. Iya gratis, tidak keluar sepeserpun kecuali kuota internet.

Aplikasi Membaca Buku Elektronik Gratis

Karena sudah lama terbiasa membaca buku secara digital, maka sampai saat ini saya masih sangat menikmati membaca buku elektronik. Walau buku cetak tetap paling nikmat membacanya ya. Karena selain lebih bagus untuk kesehatam mata tentu saja sangat mendukung para penulis.

Keuntungan membaca buku elektronik yang tak terbantahkan adalah, dapat membaca buku secara gratis dan banyak pilihan serta dapat di akses di mana saja dan kapan saja. Namun buku yang kita baca itu berasal dari perpustakaan online, yang jika ingin membaca kita perlu memimjam seperti di perpustakaan pada umumnya.

Berikut aplikasi android yang biasa saya gunakan untuk membaca buku elektronik.

1. iPusnas

Aplikasi yang satu ini menjadi populer saat pandemi ini, iPusnas yaitu aplikasi perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Berbeda dengan perpustakaan yang meminjamkan buku cetak, perpustakaan digital ini dilengkapi fitur-fitur media sosial, sehigga kita terhubung dan berinteraksi dengan sesama pengguna maupun komunitas lainnya. Kita juga dapat memberikan rekomendasi buku yang sedang di baca, menyampaikan ulasan buku dan mendapatkan teman baru. Saya jarang mengunakan fitur ini.

Selain fitur sosial media juga ada fitur

Koleksi Buku: Ini adalah fitur yang menampilkan ribuan judul ebook yang ada di iPusnas.

ePustaka: Fitur ini membantu kita bergabung menjadi anggota dari berbagai perpustakaan digital dengan beragam koleksi bukunya masing-masing, menjadikan perpustakaan serasa dalam genggaman. Ada koleksi Presiden hingga Najwa Sihab lho.

Feed: Untuk melihat informasi buku terbaru, buku yang dipinjam pengguna lain hingga memberikan komentar.

Rak Buku: Merupakan rak buku virtual milik kita di mana semua riwayat peminjaman buku tersimpan di dalamnya

eReader: Fitur ini membuat gawai (gadget) kita dapat membaca ebook dengan mudah dan nyaman di dalam aplikasi iPusnas. Tapi yang ini saya jiga belum coba.

Satu keunggulan ebook di iPusnas adalah karena kita dapat membaca ebook secara daring (online) maupun luring (offline).

2. Eperpusdikbud

Jika aplikasi sebelumnya milik Negara, maka aplikasi EPerpusdikbud, adalah aplikasi perpustakaan digital milik Kemendikbud (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan) RI.

Sebagaimana perpusatakaan digital lainnya, semua buku di perpustakaan ini juga dapat dibaca dimanapun dan kapanpun.

Jumlah buku yang disediakan banyak banget bisa mencapai ribuan. Koleksi ebook yang ada, dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook secara nyaman. Cara menggunakannya –> Pilih kategori buku yang sesuai dan temukan judul favorit yang kamu inginkan, pinjam dan baca hanya dengan smartphone secara cepat, dimana saja, kapan saja dan tak terbatas.

Aplikasi ini isinya saya rasakan memiliki banyak perbedaan dengan iPusnas. Mungkin karena aplikasi ini didukung oleh Gramedia Digital.

Jadi buku yang biasa kita temukan di toko buku gramedia, maka dengan gratis banyak tersedia di aplikasi Eperpusdikbud ini.

12 thoughts on “Aplikasi Membaca Ebook (Buku Elektronik) Gratis di Smartphone Android

  1. Sedih banget belum bisa ke toko buku lagi..
    Selain karena memang ga ada yang ngajakin juga, hiiks~
    Tapi terobati karena menginstal iPusnas dan Eperpusdikbud.

    Tapi sejauh ini, aku paling nyaman baca buku di google playbook, karena bisa di kasih hi-lite, macam baca buku fisik.

  2. Alhamdulillah, walaupun sekarang jarang ke toko buku, aplikasi semacam penyedia layanan ebook ini banyak membantu banget mba. Nah, apalagi klo ada aplikasi ebook gratis kayak gini. Makasih ya mba ulasannya.

  3. Nah kalo baca buku, lebih nyaman buatku baca langsung fisiknya, tapi jadi kepo juga sama aplikasi Eperpusdikbud , soale ku sering nongki di Gramedia juga, seneng kalo didukung oleh gramed jadinya komplit dan baca gratis pulaaa.

  4. Dulu aku suka kalap kalau ke toko buku atau book fair, tapi sejak ada anak-anak kalapnya beli buku anak. Nah skr mereka juga sykanya baca ebook, jadi kadang-kadang aja beli bukunya. Beberapa aplikasi suka aku pakai juga kalau mau baca novel nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram
WhatsaApp