Workshop Menuju Blogger Profesional Bersama Lina W. Sasmita

Workshop Menuju Blogger Profesional Bersama Lina W. Sasmita. Bahagianya ketika ketua rumah belajar kami menyampaikan bahwa awal Agustus 2019 kami akan belajar langsung bersama salah satu blogger senior di Kepri. Ini bakal jadi weekend berfaedah dan paling dinantikan sejak pertama kali di umumkan. Dan bulan lalu kami sudah di persiapkan oleh ketua rumbel agar saat workshop semua peserta sudah memiliki blog, jadilah dibuat praworkshop “Membuat Blog Bagi Pemula” terkhusus untuk teman-teman yang belum memiliki blog.

Workshop Yang Hampir Terlewatkan

Hari sabtu adalah hari yang padat bagi emak seperti saya. Banyak sekali agenda rutin yang harus dikejar. Galau banget mau izin agenda rutin tentu tidak bisa. Namun sedih sekali saya jika melewatkan event yang bagus ini. Jadilah malamnya saya coba izin dulu ke ibu ketua rumbel kami bahwa saya akan datang telat karena ada agenda wajib yang tidak bisa digeser.

Biasanya agenda saya disekitaran Batam Centre pojok (Cendana dan sekitarnya) yang dekat dengan tempat workshop. Tapi tiba-tiba berubah ke Batam Centre depan (Dutamas dan sekitarnya). Jadilah tambah sedikit telat. Yang awalnya ingin pergi naik taxi online berubah menjadi naik motor agak cepat sampai dan gesit pindah-pindah tempat.

Alhamdulillah sampai ditempat acara proyektor belum hidup hehehe, walaupun saya sudah ketinggalan sesi obrolan pembuka dari pemateri namun tetap bersyukur bisa hadir walau tidak bisa duduk rapi menyimak.

Ilmu Bermanfaat Dari Lina W.Sasmita

Seperti judul diatas, narasumber workshop kami adalah Lina W.Sasmita atau biasanya akrab disapa teh Lina. Beliau adalah satu founder blogger Kepri sekaligus Ketua Komunitas Blogger Kepri saat ini, dengan banyak sekali prestasi dan pengalaman di dunia blog. Pertama kali saya jumpa teh Lina sekitar April 2019 yang lalu dalam gathering blogger Kepri bersama Asus. Dalam acara itu tulisan teh Lina meraih juara 1 dan saya tanpa diduga ikutan masuk pemenang hiburan. Padahal masih blogger pemula dan baru pertama ikutan.

Jumpa pertama sosok teh Lina yang welcome banget, yach apalagi saya baru pertama ikutan gathering bblogger masih belum ada yang kenal jadi merasa nyaman saat itu. Apalagi dengar penuturan ambasador Asus yang selalu menyanjung teh Lina dan bilang bahwa teh Lina ini blogger yang luar biasa ilmunya, maka saat ada kesempatan saya tidak ingin melewatkannya untuk belajar langsung bersama.

Belum berapa lama saya sampai di ruangan workshop, teh Lina langsung memulai materinya karena alhamdulillah infocusnya sudah ready. Materi yang dibawakan teh Lina diberi judul “Belajar Mengulik Blog”.

Diawal teh Lina mulai menanyakan kepada beberapa orang peserta, apa fungsi blog bagi mereka. Jawaban dari peserta pun beragam. Ada yang menjadikan blog sebagai sarana berbagi pengetahuan dan dakwah, ada pula peserta yang menjawab blog sebagai tempat untuk membuat tugas di perkuliahan Institut Ibu Professional. Lalu ada juga yang menjawab untuk tempat menuliskan portofolio anak hingga hanya sebagai tempat curhat. Beragam banget alasannya.

Kalau alasan ngeblog buat curhat itu adalah alasan standart semua wanita diawal ngeblog. Namun untuk alasan menampung iklan hingga adsence, itu merupakan pengetahuan baru bagi banyak peserta yang belum lama mengenal blog. Jadilah teh Lina menjelaskan dengan bahasa sederhana dan mudah kami pahami.

Selanjutnya teh Lina menjelaskan perbedaan blog dan website. Sesi ini saya lagi ngejar anak. Yang tiba-tiba nangis pengen mainan. Setelah aman baru duduk lagi menyimak. Begitulah kalau kelasnya di isi ibu-ibu ya teh.

Asyik banget teh Lina membawakan materinya. Diselingi tanya jawab jadi tidak terasa bosan. Ada sebuah pertanyaan dari Umi Rizky yang mungkin menjadi pertanyaan banyak blogger pemula. Bagaimana kita memulai menulis? Menulislah seolah-oleh kisah sedang bercerita kepada teman baik. Terserah mau mulai dari awal, tengah atau akhir. Jawaban dari teh Lina rasanya seperti suntikan semangat bagi saya yang juga sering bingung mau mulai dari mana.

Pertanyaan selanjutnya kadang ada ide tapi gak mudah buat dituangkan, atau kadang sudah diketik tapi di hapus lalau ketik lagi dan hapus lagi. Teh Lina menjawab “jangankan yang baru mulai, yang sudah rutin menulis pun kadang seperti itu. Saya juga masih sering tulis hapus. Kadang tulisan yang ada dirasa kurang enak itu di edit lagi”

Menata Blog Hingga Monotize

Ini adalah pembahasan utama dari workshop hari ini. Mulai dari bagaimana menata blog. Punya blog sudah gimana memulai menulis sudah. Selanjutnya yang bakal dipikirkan para wanita uang cenderung suka yang indah-indah pastinya tampilan blog. Saya baru tau beberapa tempat mencari template blog yang menarik dari teh Lina. Pesan teh Lina pastikan tampilan blog gak bikin mata pembacanya sakit, dan tuliskan about me di halaman depan dengan jelas. Nah ini noted banget bagi saya, langsung cek about me di blog saya ternyata agak lebay hehehe.

Pembahasan berlanjut ke top level domain hingga monotize blog. Sedang asyik menyimak penjelasan yang penting ini tiba-tiba ada suara kecil di sebelah “umi.. pipiss”. Adik Syaffira ng sedang toilet training minta pipis.

Acara kami ini hari sabtu dan menggunakan ruangan pemerintah. Umi kebingungan mencari toilet, karena gedung utama yang memiliki toilet dikunci. Jadilah ini menjadi moment menegangkan. Membawa gadis kecil umi lari ke arah masjid yang berada di seberang jalan. Sambil membayangkan ketinggalan bahasan penting dari workshop ini.

Mungkin memang rezekinya mendapatkan ilmu segini hari ini. Terimakasih kepada teh Lina, ibuk Desy dan teman-teman rumbel menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *