Pelatihan Membuat Blog Bagi Pemula | Kopdar Rumah Belajar Menulis IP Batam

Pelatihan Membuat Blog Bagi Pemula Kopdar Rumah Belajar Menulis IP Batam. Belajar bersama itu selalu menyenangkan. Apalagi jika disertai ngemil dan makan-makan, siapa yang setuju?. Sabtu tanggal 13 Juni kami dari rumbel menulis kopdar perdana bersama Ketua Rumbel Menulis yang baru, ibuk Desy Oktafia sekaligus belajar membuat blog. Alhamdulillah seru karena ramai teman-teman rumah belajar yang datang.

Rumah belajar (rumbel) menulis IP Batam sendiri merupakan salah satu dari beberapa rumah belajar yang dimiliki oleh Komunitas Ibu Professional Regional Batam. Rumah belajar yang lainnya ada rumbel memasak, rumbel menjahit, rumbel menulis, rumbel bisnis, rumbel daerah bintan serta tiga rumbel lainnya.

Pelatihan membuat blog bagi pemula ini diadakan di rumah ibu ketua rumbel menulis di perumahan City Garden Batam Centre, mulai dari pukul 10.00-13.00. Pelatihan ini dilaksanakan sebelum workshop kami bersama blogger ternama Kepri di laksanakan pekan pertama di bulan Agustus yang akan datang. Jadi istilah kerennya ini adalah praworkshop untuk persiapan workshop biar kami semua dipastikan sudah memiliki blog. Keren ya ketua rumbel kami. Di kegiatan kali ini fasilitator utamanya adalah ibuk Desy sendiri, blogger kece kesayangan. Harusnya ada mamak blogger keren lainnya yang datang untuk belajar bersama. Mba Juli umi Maryam. Namun karena Maryam sedang sakit kami belum bisa belajar langsung dari mak blogger yang kece itu. Saya sendiri datang selain untuk meramaikan suasana, juga karena ingin melihat teman-teman membuat blog menggunakan blogspot. Karena selama ini saya banyak menggunakan wordpress kadang ada bagian di blogspot yang lupa. Dan juga saya masih butuh belajar banyak. Jadi sayang jika saya melewatkan kesempatan belajar kali ini. Sebagai mana tagline ibu professional selama ini bahwa semua guru semua murid, maka tadi kami saling mengisi dan berbagi ilmu.

Membuat Blog Menggunakan Blogspot atau WordPress?

Blogspot, wordpress, drupal itu semua hanyalah platform penyedia. Manapun yang dipakai bebas kok, nanti saat jadi dan di isi tulisan tetap saja namanya blog kadang website, namun yang paling mudah penggunaannya tentu saja blogspot. Karena dengan cukup bermodalkan akun email di gmail kita sudah bisa membuat blog yang menawan.

Blogspot adalah platform blog yang disediakan langsung oleh google untuk kita yang ingin membuat blog secara gratis karena itu syaratnya kita harus punya akun Gmail. Wordpres juga memiliki platform gratis untuk membuat blog sendiri. Hanya saja keuntungan menggunakan blogspot, jika kita memiliki alamat domain sendiri maka tidak perlu membeli hosting karena sudah disediakan oleh google.

Tadi kami sempat membahas sekilas apa itu hosting, domain, da/pa dan beberapa istilah perblog-an yang belum familiar bagi teman-teman yang baru memulai blog. Mau ngobrolin ini sepertinya waktu terbatas untuk mengunyah hehehe.

Dimulai dari domain, jika disederhanakan domain itu ibaratkan alamat rumah kita. Jika ada yang mau berkunjung atau mencari informasi tentang kita ya cukup datang ke alamat yang kita punya. Seperti domain saya ini “ekamustikasari.com”. Jika ada yang bertanya tentu tinggal saya berikan alamat diatas.

Sedangkan hosting sendiri itu ibaratnya lahan yang kita punya untuk membangun rumah. Jadi jika memakai blogspot kita memakai lahan milik google untuk membangun rumah kita. Nah kekurangan menggunakan hosting milik Google ini adalah jika sewaktu-waktu Google merasa blog kita spam atau ada yang menjadikan spam karena salah memasang iklan dan lain sebagainya maka google berhak menghapus blog kita tanpa pemberitahuan. Istilahnya kita digusur sama pemilik lahan.

Karena itu banyak blogger profesional yang memilih menggunakan wordpress dengan hosting berbayar namun lahan sendiri. Inilah kelebihan memiliki hosting sendiri. Bisa digarap sendiri. Di hosting milik sendiri kita bisa membangun onlineshop (drupal), bisa membangun blog(wordpress), bisa juga membangun learning management (moodle). Pokoknya bebas deh mau platform apa saja.

Kesimpulannya jika baru memulai dunia perblog-an bisa dimulai dengan blogspot atau wordpress.com yang sama-sama gratis.

Kapan Waktunya Memiliki Domain Sendiri?

Nah terus kapan donk? Ini tadi merupakan bahasan penting diantara keruwetan mengunyah makanan dan menghabiskan makanan anak. Jadi jika banyak kelewat obrolannya harap maklum, karena semuanya emak-emak yang sedang semangat belajar dan semangat makan.

Domain sendiri pastinya kelihatan keren lah ya. Seperti “ekamustikasari.com” ini saya sudah gunakan sejak 2011. Tapi ternyata saya sendiri baru memahami dunia blog dengan segala keindahannya saat mengenal mba Una, ketua rumbel menulis yang pertama setahun yang lalu. Hah.. saya 8tahun kemana aja?

Memiliki domain sendiri yang pertamanya tentu saja bayar. Setiap tahun kita harus membayar alamat domain yang kita miliki. Bayarnya mulai 85ribuan hingga ratusan ribu. Tapi tadi fasilitator belajar kami, ibuk Desy menyampaikan jika belum merasa butuh mengkomersilkan blog pakai gratisan saja cukup. Yang penting adalah konsistensi dalam menulis serta membuat tulisan serta konten yang berkualitas eh kalau bahasanya si ibuk tulisan yang berbobot. Ini saya catet banget lho.

Tapi sebenarnya jika ada uang buat beli domain dan perpanjang tiap tahun mah bebas mau di isi apa tidak. Sayangnya bakal mubazir, jika belum konsisten mengisinya.

Keseruan Praworkshop Memulai Blog

Sebenarnya saya tidak mengisi list kehadiran. Takut mengisi dan tiba-tiba urung datang. Akhirnya saya datang agak telat 30menit. Dan ternyata sudah dimulai. Alasan lainnya takut ganggu yang fokus belajar memulai blog. Alhamdulillah pas saya datang semua sudah selesai dipandu ibuk Desy menyelesaikan blog masing-masing. Bahkan umi rizky yang telat aja dalam sekejap sudah dipandu dengan kecenya. Liat aja foto dibawah ini membuatku terpana.

Keren banget lho fasilitatornya, 30menit semua sudah bahagia membuka blog masing-masing. Jadi saya tinggal buka potluck bawaan saja. Tuh foto diatas ini keliatan banget saya sudah kenyang jadi semangat “mangota”.

Beberapa poin bahasan dari si ibuk untuk memulai ngeblog adalah:

1. Fokus menulis saja dulu.

2. Belajar membuat tulisan berbobot.

3. Jangan terlalu memikirkan alamat domain jika tidak ingin dikomersilkan.

4. Rajin bertanya dan mencoba.

Itu saja poin yang saya tangkap, maafkan karena wajik bupo enak saya kebanyakan fokus mengunyah. Terimakasih bu Desy atas sharing ilmunya. Bermanfaat banget. Terimakasih juga teman-teman yang mau belajar bareng. Jika ada poin yang terlewatkan oleh saya boleh dong bagi di komentar.

Semoga bisa mengikuti workshop bulan depan dengan semangat, sehat dan bahagia.

39 thoughts on “Pelatihan Membuat Blog Bagi Pemula | Kopdar Rumah Belajar Menulis IP Batam

  1. Seru ya kalau ibuk-ibuk belajar buat blog. Ehtapi setahu saya sih banyak member IP yang juga blogger . Saya juga nih mau gabung di komunitas IP cuma gak tahu kapan lagi ya ada buka pendaftaran?

  2. Betul
    Semua balik dari tujuan ngeBlog
    Kalau berbayar lalu nulisnya juga ga di-upgrade skill nya, eman eman untuk bayar domain tiap tahun kalau belum menghasilkan

  3. Aiiih, seneng banget ya Mbak ada komunitas saling belajar begini. Dulu saya nggak tahu komunitas pas awal-awal ngeblog, jadi meraba-raba sendiri. Setelah nemu komunitas, memang jadi lebih semangat dan terarah ya….

  4. Saya setuju dengan poin yang disampaikan. Memang utamanya fokus menulis dulu. Banyak yang ingin belajar ngeblog, tetapi kemudian gak konsisten. Akhirnya gak lanjut deh ngeblognya

  5. Wah, seru banget ini. Yang kayak gini nih yang aku harepin ada di tempatku beberapa tahun silam. Aku kepengen banget bisa ngeblog. Aku gaptek banget dulu. Karena niat yang kuat, aku otodidak deh dengan baca2 postingan dari orang2. Alhamdulillah akhirnya bisa. Semoga pelatihan yang dibuat bisa membawa banyak manfaat. πŸ™‚

  6. Seru banget workshopnya kyknya. Aktif ya komunitasnya mbak. Aku dulu blog pertamaku malah MP sebelum dia mati, trus langsung pindah WP. Eh tapi jg sempet punya blog di platform blogspot sih😁

  7. Yeay, ini lengkap banget segala yang dibutuhkan blogger pemula udah tumplek blek jadi satu disini. Terimaksih berbaginya ya mbak. Aku mau forward ke temenku yang belajar nge-blog

  8. bener banget mba, dulu waktu pertama kali bikin blog, aku belu kepikiran langsung domain. belajar nulis aja dulu dan mulai konsisten nulis, eh akhirnya baru deh dibelikan domain hehehe

  9. Seru banget acaranya mbak dan super berfaedah sekali karena sarat ilmu. Selain belajar bikin blog, yang paling penting sih bisa konsisten untuk nulis terus, itu yang rada susah sih. Aku juga masih terseok-seok nulisnya hahaha

  10. Semoga bisa konsisten ya belajar bersamanya. Dulu aku pakai domain juga cuma buat keren-kerenan aja tapi ternyata sekarang bisa buat branding ya

  11. Di IP Jakarta juga sering nih pertanyaan cara membuat blog terutama yang mau ikutan bunsay, biar kumpulin jawabannya lewat blog, gitu. Kalau workshop seperti ini malah belum pernah.

  12. Alhamdulillah ya..senang berbagi ilmu begini. Oya, saya mulai ngeblog th 2010, tapi baru TLD dua tahun ini..hehe.. Alhamdulillah ttp bisa ngeblog sampai saat ini dan banyak mendapat manfaat dari hobby ini..

  13. Wah semangatnya boleh banget nih
    Kalau saja dekat bisa ikutan nih Blogger Cianjur belajar bersama hehehe

    Alhamdulillah nih sejak punya blog saya langsung pakai wp. Berasa lebih banyak manfaat

  14. Aku kok malah fokus ke acara doraemon yang terlihat dari salah satu layar laptop peserta di gambar kedua, ya? oopppzzzz…. Selamat belajar dan berbagi, ya. Weekend berfaedah nih pastinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *