Praktik Baik Ayah Hebat | Wajib dibaca ayah

Praktik Baik Ayah Hebat. Kemarin 12 November baru saja berlalu dan seperti yang kita ketahui, 12 November dijadikan hari ayah nasional. Apa yang terfikirkan jika disebutkan tentang “ayah”? Kalau saya langsung ingat ayah tersayang yang hampir tak pernah mendapatkan ucapkan selamat hari ayah. Padahal sebagai anak pertama saya termasuk anak yang paling dekat dan paling sering curhat dengan ayah.

Kalau kata teman-teman saat kuliah dulu saya ini anak ayah. Karena saat pulang kuliah saya sudah ditungguin di parkiran. Saat lagi nongkrong atau kongkow dengan teman-teman jika lewat pukul 9malam maka ayah akan menelpon, setelah salam akan diawali kalimat “dimana anak ayah?” Hehehe. Karena itu juga saat ada lelaki yang baru pulang ke Indonesia dan tidak dikenal oleh ayah datang melamar dan ingin bertaaruf dengan anak ayah kata pertama yang terucap oleh ayah adalah “apakah kamu siap menghadapi anak saya yang manja dia anak ayah yang ….”. Asli anak ayah banget pokoknya. Wuoo kalau sudah bicara tentang ayah saya bisa menulis berparagraf ini. Kembali ke topik “Praktik Ayah Hebat”.

Apa itu Praktik Baik Ayah Hebat?

Kemarin pagi tanggal 16 November saya mendapatkan chat di whatsapp grup Ibu Profesional Batam. Yang berisi salam dan pesan dari founder Institut Ibu Profesional yaitu ibu Septi untuk para ayah hebat para suami ibu-ibu profesional karena telah mengijinkan kami para istri mereka, tumbuh bersama, memantaskan diri di Ibu Profesional.

Setelah itu ibu Septi juga membawa kabar gembira yaitu sebuah kiriman dari pak Mendikbud. Dan… tadaa inilah ebook untuk para ayah hebat, untuk dijadikan kado indah untuk suami tercinta dan ayah anak-anak. Wow masyaAllah senang banget kan ya.

Jadi inilah ebook yang diperuntukkan untuk para ayah hebat yang diberi judul “Praktik Baik Ayah Hebat”. Seperti yang disampaikan ibu Septi diatas, ebook atau buku elektronik ini diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2017. Buku ini merupakan buku untuk pegangan orang tua yang dipersiapkan Pemerintah dalam upaya meningkatkan partisipasi keterlibatan orang tua pada
pendidikan anak, baik di satuan pendidikan alias sekolah sekolah maupun di rumah. Buku ini disusun
dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikandan Kebudayaan. Buku dan ebook ini dibagikan gratis ke seluruh keluarga di Indonesia, nah yang luar biasanya adalah didalam buku ini ada kontribusi tulisan pak Dodik selaku co Founder Institut ibu profesional sekaligus suami ibu septi.

Selain pak Dodik Mariyanto ada banyak lagi lho kontributor lainnya yang gak kalah kerrn seperti Amin Usman, Ariyo Wahab, Bukik Setiawan, Dwi Sasono, Janu Muhammad, Pandji Pragiwaksono, Ringgo Agus Rahman, Satria Dharma. Tuh beneran kan banyak ayah hebat lainnya. Pastikan baca e book ini dan lebih pastikan lagi dibagikan ke suami tercinta.

Buku ini dibuka oleh sekapur sirih dari Direktur Dr. Sukiman M.Pd
Direktur Pembinaan Pendidikan Keluarga.

Bocoran isi e book

Didalam buku ini bakal dijumpai kisah para Ayah Hebat di Indonesia dengan segala atributnya. Ada ayah yang beratribut selebriti, aktivis dan ada kisah yang dinukil dari profil Keluarga Hebat. Sebutan Ayah Hebat di sini bukan berarti para Ayah ini sempurna. Namun justru dengan ketidaksempurnaan dan keterbatasan yang mereka miliki, para Ayah ini mampu memerankan diri menjadi figur Ayah yang dapat dikatakan ideal.

Bagaimana para ayah melakukan praktik pengasuhan mereka dengan nilai-nilai yang ingin merrka tanamkan dikeluarga masing-masing. Yang pastinya tidak sama di tiap-tiap keluarga, tetapi nilai agama, kebersamaan dan keinginan membaktikan diri bagi sesama menjadi dasar perjalanan hidup keluarga. Duh itu adalah bagian dari kata pembuka yang saya ingat. Membaca kata pembukaan aja sudah makin semangat mau nuntasin isi buku ini.

Buku elektronik (ebook) ini di kedalam 3 bab utama yaitu

  1. TELADAN DIBALIK GEMERLAP HIBURAN
  2. Antara Idealisme, Kesungguhan dan Praktik nyata ini
  3. KETERBATASAN BUKAN HAMBATAN.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang ringan dan enak dibaca, mungkin karena target utamanya adalah para ayah. Semoga banyak para ayah yang meluangkan waktu membaca kado ini.

Awalnya saya mengira para kontributor menuliskan masing-masing kisahnya seperti buku antalogi gitu. Eh ternyata enggak. Hmm penasaran kan ya. Ini saya bagikan link e book nya karena memang diharapkan dapat dibagi kebanyak keluarga. Silahkan di unduh dan dibagikan juga.

Ebook PB-AyahHebat-2018 dalam format pdf. Silahkan klik link pink dibawah untuk mengunduh.

http://bit.ly/PraktikBaikAyahHebat

45 thoughts on “Praktik Baik Ayah Hebat | Wajib dibaca ayah

  1. Jadi inget alm. bapa, sebagai anak pertama juga memang lebih dekat dengan bapa, dan itu terasa setelah beliau tiada, karena beda saja dengan dulu, halah jadi curhat, btw link ebook udah diklik tapi belum bisa ya

  2. Tugas mendidik anak memang sebaiknya tidak hanya dibebankan kepada ibu. Baus banget kalau para ayah juga mau turun tangan. Biar anak-anak juga dekat dengan kedua orang tuanya

  3. Ayahku adakah cinta Pertama ku. Walau terpisah jarak dan waktu, cinta ayah tak pernah berkurang sedikit pun. Dan sebagai anak perempuan, peran seorang ayah memang penting dan tak tergantikan.

  4. Wah makasih ya mbak Eka. Kenangan dengan ayah memang istimewa ya. Begitu juga kenangan dengan ibu. Tentu sama sama istimewa. Cuma beda aja gitu yaa hehe saya juga punya kenangan manis sama ayah. Jadi suka ngebandingin sama suami saya skrg hihi ada aja yang ehem .. kurang gitu hahaha oiya ikut nyedot ya mbak e-booknya. Makasih

  5. Jadi teringat dengan almarhum Bapak saya. Ebook yang seperti ini cocok banget untuk para ayah. Mau download ebooknya ah terus mau kasih tahu ke kakakku yang sudah menjadi ayah biar baca ebook ini.

  6. Saya yakin semua ayah itu hebat, tapi kenapa ayah saya memilih kabur dari rumah ya Mbaa. Hiks. Kadang iri loh aama temenn2 lain yang bapaknya sangat perhatian. Terlepas dari itu, swmoga Bapak saya senantiasa diberikan kesehatan dimanapun berada. Terimakaaih ebooknya mbaa Eka.

  7. Terima kasih banyak lhooo dikasih link untuk download e-book ini. Cocok dijadikan kado untuk si ayah nih. Jadi meskipun sibuk terus di kerjaan, pengetahuan tentang peran ayah ini penting banget untuk dibaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *