Tips membahagiakan wanita PMs (premenstruation syndrome)

Menstruasi atau haid atau palang merah atau juga biasa disebut halangan merupakan hal normal dan wajib setiap bulannya sejak wanita memasuki usia dewasa. Jika dalam islam sendiri menstruasi (haid) menandakan bahwa seorang wanita telah memasuki Aqil Baligh.

Masa pms (premenstruation syndrome) adalah masa yang paling berat buat saya dalam menjalani aktivitas. Walau tidak seperti teman sekantor saya dulu yang sampai pingsan saat pms, tapi pms merupakan saat-saat tingkat kesabaran dan nalar saya semakin menurun. Biasanya diawali dengan migrain berat beberapa hari sebelum haid. Lalu disusul dengan badan yang mulai pegel-pegel, cepat lelah sehingga malas beraktivitas. Puncaknya adalah biasanya gigi saya yang tidak sakit bisa tiba-tiba sakit dengan gusi yang bengkak dan memerah. Hiks benar-benar menguras emosi.

Tanda-tanda emosi dan perubahan pada fisik setiap wanita juga berbeda. Ada yang setiap haid selalu didatangi banyak jerawat diwajah, ada juga yang lebih sensitif mudah tersinggung bahkan juga ada yang sedih tanpa alasan yang jelas. Hmm unik ya wanita inih.

Walaupun tanda pms ini beragam bukan tidak mungkin kita bisa mengatasinya dengan mengenali pola pms diri kita sendiri. Berikut ada 5 cara praktis yang dapat dilakukan oleh pasangan saat pms datang:

1. Memberikan “me time”

Sensitivitas wanita biasanya meningkat tajam saat pms, konon kata wikipedia itu karena adanya perubahan hormon selama masa menstruasi, yaitu hormon estrogen dan progesteron. Untuk pasangan (suami) bisa memberikan istri waktu sendiri dengan banyak mengambil alih bermain bersama anak jika dirumah. Atau dengan membiarkan istri beristirahat di dalam kamar tanpa menemaninya. Terkadang bagi wanita sendiri itu bisa meredam emosi dan membuat rileks diri walau sejenak.

2. Membantu pekerjaan rumah

Selain memberikan waktu sendiri, para pria juga dapat juga membantu meringankan pekerjaan rumah yang kiranya dapat dibantu seperti mencuci piring, menyapu rumah dan mengganti popok anak. Jika dirasakan kondisi pms sangat berat, maka urusan memasak dan mencuci bisa di delegasikan kepada gofood dan laundry.

3. Memijat kaki atau kepala.

Percayalah ini akan membuat pasangan anda meleleh penuh cinta, saat pms karena perubahan hormon tadi maka otot tubuh juga terasa sangat tidak nyaman. Kaki dan tangan pegal terutama juga bagian pinggang. Namun tentu saja setiap wanita memiliki area pegal yang berbeda. Bisa coba tanyakan dulu ingin dipijat bagian mana agar merasa lebih nyaman dan rileks.

4. Membuatkan minuman hangat

Minuman hangat juga dapat membuat wanita yang sedang pms menjadi rileks dan tenang. Selain dapat mengurangi kram perut minuman hangat dari jahe, kunyit dan bahan alami lainnya juga dapat memperlancar haid.

5. Mengingatkan untuk mengkomsumsi air putih dan minuman sehat

Saat pms banyak cairan yang keluar melalui darah haid, karena itu maka minum cukup 8gelas sehari bahkan lebih sangat dibutuhkan. Namun kadang karena mood yang tidak stabil maka wanita yang pms kadang melupakan hal yang satu ini. Anda dapat mengingatkannya melalui pesan chat atau telepon yang mungkin sangat disenangi pasangan.

Nah cara diatas adalah hal yang selalu saya pribadi dapatkan saat pms, dan lumayan meningkatkan nalar dan menjaga emosi stabil. Terutama bagi seorang ibu yang selalu mendampingi anak-anak dirumah selama 24jam. Saya menjadi lebih rileks dan nyaman dalam menghadapi masa pms.

Berikut foto dari twitter kemendikbud tentang mitos dan fakta selama menstruasi. Selain menjaga kenyataan diri, kebersihan dan pola makan juga harus dijaga selama menstruasi.

Bagaimana ceritamu dan pms? Boleh bagi pada kolom komentar dibawah yak.

56 thoughts on “Tips membahagiakan wanita PMs (premenstruation syndrome)

  1. kalau kau sukanya dibairkan sendiri dan janagn diajak bicara dulu, aku akan lebih banyak diam karena kalau gak emsoi bs meledak2

  2. Bermanfaat banget sharingnya, … Aku pribadi termasuk orang yang cuek alias enggak enggeh kalo PMS, paling yang lebih ke ciri itu sakit perut, sama cengeng, dalem hati oh bentar lagi mau mens ini. Dan mitos tentang haid aku gak begitu dengerin namanya juga cuek haha… Tapi emang untuk minuman/ makanan yang aneh2 kaya soda yg katanya bening begitu gak aku dengerin. Pokoknya yang baik itu makanan sehat, 4 sehat 5 sempurna susu diganti air putih. Udah itu aja biar aman hehe..

  3. PMS ADALAH MASA DI MANA SEMUA SERBA SALAH! Semut lewat aja bisa salah wkwkw, tapi sebenernya yang kita inginkan itu hanya dimengerti ya kan kak? Huahahah artikelnya bagus nih kirim ke pacar ahhh~

  4. Eh iyaaaa dulu pas smu, temen2 banyak yg bilang minum soda ato coca cola aja supaya haid cepet selesai. Dan aku percaya pula wkwkwkwk… Pdhl mitos yaaak.

    Dulu zaman sekolah aku slalu kram perut tiap haid. Sampe nangia saking sakitnya. Tp kemudian berobat ama shinse gitu, dikasih jamu dan perut diurut sediKit, sembuh ajaibnya :D. Pdhl periksa ke dokter semua bilang normal. Sampe skr, ga prnh ngalamin kram perut lg. Makanya aku jrg ngerasain moody, ato yg gimana2 kalo haid mba. Pdhl dr kantor, kalo sdg sakit perut krn haid, diksh cuti khusus menstruasi :D. Cm hrs ngerasain sakit dulu dan ada surat dokter hihihi..

  5. betul, banget PMS memang bikin drama terkadang. Biasanya awal jelang haid, kaki saya pegel2 semua, dan itu cukup bikin emosi naik dan bikin sensitif.. Alhamdulilah suami kooperatif jika saya lagi begini

  6. Saya jugaaa mbak, kata suami saya menyeramkan kalau sedang PMS. Karena selain fisik jadi sakit, emosi juga lebih mudah tersulut katanya sambil tergelak. Sudah beberapa bulan ini saya sering menghirup uap Clary Sage mbak, di tubuh saya cukup membantu meminimalisasi rasa sakit dan membuat rileks saat PMS.

  7. suami suami wajib baca ini ya hahaha say ajuga kalau PMS biasanya minta me time aja, sendiri tanpa diganggu dulu hahahahaha kalau nggak ya siap2 jadi sasaran ke BT an

  8. Pas banget temanya dengan keadaanku sekarang. Beberapa bulan belakang ini, saya perhatikan PMSku mengerikan, gak seperti saat belum menikah dan punya anak. Saat PMS kondisi emosiku susah banget ditebak, niatnya gak pingin kesel, gak pingin nangis, tapi kok ada saja yang bikin jengkel. Sedih malah, jadi kadang saya menyepi dan sebisa mungkin gak berkomentar. Tapi pas sudah haid, emosionalku langsung berubah, kalem banget karena nahan sakit, hehehe

  9. Yang poin nomor 2 itu pentiiiiiiiiiiinggg banget. Dibantu sedikiiit aja rasanya senneeeng banget. Hahha aku sampe lebay nulisnya. πŸ˜€ Ngerasain banget soalnya kalo tau2 hectic dan emosi biasanya pas PMS. Suami sangat2 dibutuhkan sekali.

  10. β€œme time” >> bener banget nih, butuh me time klo lg PMS. Biarla ada org komen nyinyir ga ikhlas jd ibu, tp sbg IRT klo terjebak d rutinitas kerjaan rumah, anak2 lg heboh, trus PMS n badan jadi + pegel2 luar biasa itu rasanya pgn sendirian dl biar cm rebahan di kamar lain or jajan es teh di supermarket depan rumah hehe

  11. Seringkali wanita meremehkan masalah ini siih…
    Karena gak tau penyebabnya, jadi kalau uring-uringan malah menjadi…
    ((lingkungan kurang peka))

    Jadi sering-seringlah ber-positif tinking serta menebar kebaikan di manapun keberadaan kita.
    “Jangan-jangan Ibu di sebelah kita sedang PMS, makanya cemberut aje…”

    Hihiii…nice article.

  12. Kalau aku, biar PMS ngga drama, kupake buat nonton drama korea haha. Atau dengan kata lain ya me time. Gausah main, di kurangin ketemu temen, kalau kudu kerja ya cepet pulang. Kalau keluar pasti berantemin orang hihi. Ngeri

  13. Kalau aku, ngejaga biar ga drama PMS dengan nonton drama wkwk. Drama korea masutnya. Atau dengan kata lain Me Time lah. Butuh sendiri. Di kurangin main, ketemu temen, atau kalau kudu kerja ya lekas pulang. Kalau keluar bakal ngeberantemin orang soalnya. Ngeri kan wkwk

  14. Ahahahah aku banget sering minta pijat suami. Iya perempuan PMS itu bahaya, senggol dikit bisa bacok. MItos2nya kalau dipikir2 dulu bbrp aku percaya. Untng sekarang banyak pengetahuan ttg haid yg bisa kita dapat ya mbak πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

beautynesia blogbeautynesia