Mudahnya Mengurus Balik Nama Kendaraan Sepeda Motor

Tanggal 31 Agustus 2018, jadi hari bersejarah buat saya dan kedua putri kecil saya. Karena untuk pertama kalinya uchan nekat pergi jauh naik motor bertiga saja. Hari ini adalah hari terakhir pengurusan pemutihan pajak kendaraan bermotor padahal sudah di infokan dari mai 2018 lho. Namun karena motor uchan masih menggunakan nama pemilik pertama jadi harus balik nama dulu. Bermodal info yang selalu di share oleh seorang sahabat di grup alumni uchan jadi tergodah untuk balik nama dan mengambil pemutihan pajak. Setelah di cek dapat diskon 500ribuan. Gimana emak gak berjuang.

Setelah membujuk pakM supaya diizinkan untuk pergi ke polda, dari malam uchan sudah merancang rute berangkat. Lewat perumahan dutamas, menuju sukajadi lalu ke kantor polisi. Lha tapi setelah cek gmap kenapa tak sesuai angankuh. Ternyata polda di batu besar arah nongsa. Rasanya mau nangis bombay gak mungkin bawa 2balita naik motor kesana. Jauhnyaaa. Gimana coba? Jadi ini salah satu alasan kenapa nunda balik nama motor. Sedangkan pakM sedang riweh dalam persiapannya dinas ke Texas.

Tapi gak uchan kalo gak nyoba dan gak nekat #maafinakupakM. Inilah akhirnya kami bertiga berangkat ke polda kepri dengan modal bismillah dan doa yang banyak. Tak lupa sarapan dan perangkat lainnya. Total 2tas ransel. Hahaha maklum yes emak rempong.

Syarat dan proses balik nama kendaraan sepeda bermotor

Malamnya semua syarat dan surat yang di butuhkan sudah di lengkapi. Semua surat harus di fotocopy rangkap 3 dan disusun rapi. Berikut adalah syarat dan proses balik nama kendaraan yang saya lalui:

Syarat :

1. Cek Fisik Kendaraan

2. STNK Asli+ 3Lembar fotokopi

3. BPKB Asli + 3Lembar fotokopi

4. FC KTP Pemilik kendaraan saat ini (ktp pembeli) 3Lembar

5. Kwitansi jual beli kendaraan bermaterai Rp 6000 + 3Lembar fotokopi

6. Untuk yang tidak memiliki ktp penjual harus membuat surat pernyataan dengan materai Rp 6000 dan di fotocopi 3 Lembar.

7. Semua surat disusun di map merah ya. Jika belum punya bisa beli di fotocopian polda.

Proses:

1. Cek Fisik Kendaraan

Sesampai di polda rajinlah bertanya kepada bapak-bapak ramah yang ada di pos dekat pintu ini dan menunjukan arah yang kita tuju karena polda luas. Biar gak nyasar kayak uchan yes. Pos cek fisik ada di bagian kanan gedung polda. Dari tanjakan lurus lalu belok kanan dibelakang gedung utama.

Nah tapi karena gak nanya, uchan sampainya di gedung ini. Dan pas sepi emak dalam hati berkata yess sepi jadi cepat selesai. Padahal salah gedung mah. Tapi tetap aja didalamnya ada bapak-bapak yang ramah menunjukan jalan yang benar.

Setelah melalui jalan yang benar sampailah kami ke pos cek fisik. Dan ternyatah disini ruamehhh banget sodara-sodara. Dan parahnya saya sampainya agak telat kira-kira pukul 9 pagi karena bawa 2balita naik motor jauh itu butuh perjuangan.

Di pos cek fisik kita akan diminta mengambil form cek fisik dan harus di isi sesuai bpkp kita. Jika belum balik nama maka diisi sesuai pemilik pertama. Pokoknya plek sesuai di bpkp ya. Alhamdulillah wa sykurullah banyak-banyak bersyukur ternyata di pos saat itu ada sahabat saya jaman sekolah dulu di SMKN 1 Batam. Pak Andrew. Liat mamak datang dengan 2 pasukan bapak-bapak yang lain sudah prihatin liatnya apalagi jumpa teman kan yak. Hahaha jadi demi rasa kemanusiaan yang tinggi emak dibantu ngambil form karena pos nya diatas dan harus nanjak dan antri mluber. Terimakasih pak andrew. Tapi emang semua mamak didahulukan. Sebelum saya juga ada ibu-ibu sudah agak tua di bantu oleh pak Andrew dengan meminta pengertian bapak-bapak yang lain karena sudah tua. Dan bapak-bapak lain alhamdulillah mengerti aja. Jadi lancar deh.

Ini form cek fisik diisi lengkap ya, baru diserahkan ke bapak yang bertugas untuk cek fisik dengan antri. Tapi kalau kebetulan ada yang mendahulukan mamak alhamdulillah yes. Itu salah satu kemudahan dari Allah juga.

2. Setelah cek fisik selesai, lanjut ke loket pendaftaran balik nama yang ada di lantai 2 gedung ditlantas. Sebelah gedung cek fisik posisinya. Dilantai 2 sudah ada bapak polisi lagi yang minta kita ngisi daftar hadir dan maksud kedatangan lalu diminta duduk antri untuk nanti di cek kelengkapan surat kita. Pastikan semua sudah di fotocopi rangkap 3 ya. Jika ada yang belum di fotocopi rangkap tiga, bisa di copi disini, pas dibawah tangga menuju lantai 2 ada fotokopian yang si mba nya informatif banget. Jika kita mengkopi surat yang tidak dibutuhkan dia akan infokan, itu ga perlu buk, yang ini gak usah, atau yang ini surat pernyataannya salah buk. Baik bangetkan ya. Jika surat pernyataan kita salah dia ada jual formatnya yang sudah benar dan jadi. Kita tinggal isi dan kasih materai. Ini fotokopian nya rame banget karena hari terakhir jadi uchan hectic juga sampai lupa foto.

3. Jika surat sudah oke semua dan di cek si bapak yang duduk maka kita boleh masuk ke ruangan loket pembayaran. Langsung bayar 225ribu untuk balik nama kendaraan bermotor roda dua dan 325ribu untuk roda empat. Setelah itu diserahkan ke loket balik nama kendaraan roda dua.

Tapi Subhanallah mamak syok liat ruangan antri di loket ini penuh mluber samapai berdiri dan lesehan juga dilantai. AC nya jadi gak terasa. Panas banget. Anak-anak jadi rewel. Alhamdulillah lagi banyak yang baik dan empati kali ya liat kami. Jadi dikasih kursi duduk sama ibu-ibu. Gak berapa lama kami dipanggil. Lho ini seriusan gak tau kenapa. Tapi mungkin kerana anak-anak sudah rewel dan nangis jadi kami belum lama sudah bisa keluar. Agak segan dengan ibu bapak yang lain. Terima kasih kepada sahabat saya pak Andrew yang Terima kasih juga kepada semua petugas pengurusan di loket polda kepri. Mengurus balik nama kendaraan brrmotor dipolda kepriitu mudah dan petugasnya ramah serta memudahkan kita.

Jadi hilang rasa takut yang awalnya ngira prosesnya bakal ribet dan mbulet. Alias bakal mutar-mutar. Ternyata ngak lho. Yuks segera bayar pajak kendaraan bermotor dan balik nama kendaraan sendiri. Tanpa calo dan lain-lain. Tapi kalau sama calon boleh aja. Ini foto kami bertiga dijalan pulang dengan bekal es kelapa muda. Sebagai pelepas dahaga melalui perjalanan panjang.

Note:

Untuk wilayah lain di Indonesia persyaratannya kurang lebih sama. Prosesnya juga tidak jauh berbeda masing-masing daerah. Karena divisi humas polri juga memposting persyaratannya di facebook divisi humas polri jadinya seIndonesia raya sama.

39 thoughts on “Mudahnya Mengurus Balik Nama Kendaraan Sepeda Motor

  1. Congrats sdh balik nama ya kak… Sy juga menfaatkan masa gratis balik nama dan denda Pajak bulan lalu… Banyak hematnya, jutaan krn yg diurus mobil…. Moga tiap tahun ada program ini…

  2. Saya kemaren juga ngurus balik nama kak, H-1
    Memang kita kita ini deadliner garis keras lah… hahaha

    Sebenernya mudah ngurusnya, cuma memang prosedurnya masih ngambang, terutama soal fotocopy yang bikin kezel. Adaaa aja yang diminta difotocopy.

  3. Alhamdulillah..akhirnya selesai juga ya mbak. Duuh kebayang deh perjalanannya apalagi bawa 2 balita. Terima kasih share infonya ya mbak, bermanfaat sekali.

  4. Ya Allah….pertolongan Allah itu Maha Dekat yaa, mba…
    Aku berkali-kali mebgalami hal yang sama.
    Saat anak-anak mulai rusing…di tempat publik….ada saja yang bantu untuk menenangkan.

    Nice info…^^

  5. Aku pernah beli motpr second, tapi gk dibalik nama krn kenal baik sm yg punya pertama. Selain itu malas jg si, takut ribet, tp baca pengalaman mba Eka ternyata ya selesai juga kalau dijalani prosesnya ya

  6. kereeen bangeeet maaaak, aku jadi malu ih. Sehat selalu ya, ibu yang luar biasa, yang gak menggantungkan urus perpanjangan ke biro. Alhamdulillah ya, ketemu dengan orang orang yang baik, terharu bacanya, akuu

  7. Alhamdulillah gampang ya? Jd gak bikin masyarakat males ngurus sendiri 😀
    Selama ini kalau soal ngurus2 berhubungan ma instansi khawatir takut lama, ribet, berbelit2 gtu soalnya ya 😀
    Nice artikel mbak, moga banyak yg baca yaaa 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

beautynesia blogbeautynesia