Tahun Baru Islam | Semangat Baru Memperbaiki Diri Dengan Teknologi

Tahun baru islam 1 Muharram 1440H yang tahun ini jatuh pada tanggal 11 September 2018 merupakan satu hari yang bisa di jadikan sebagai titik langkah baru untuk membuat diri lebih baik. Di awal tahun ini kita bisa mulai lagi merancang impian dalam menjalankan aktivitas setahun kedepan. Dalam merancang target hidup tentu kita ingin target yang kita buat tida mengambang dan berlalu begitu saja tanpa adanya progress yang berarti .

Kamu ada rancangan apa untuk lebih baik lagi di tahun ini. Sebaiknya setiap awal tahun baru kita merancang target tahunan kita. Tidak hanya dalam kehidupan keseharian dan target dunia tapi target dan bekal akhirat juga bisa kita mulai rancang dan perbaiki. Dengan adanya kemudahan teknologi saat ini, membuat target ibadah tidak menjadi begitu sulit. Kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada di tangan kita untuk kita gunakan sebagai assisten pribadi kita dalam memperbaiki diri dan mencapai target ibadah. Kerennya assisten kita ini bisa kita dapatkan gratis.

Berikut ada beberapa kemudahan dari teknologi yang bisa kita gunakan di tangan kita, untuk membantu kita mencapai target diri menjadi pribadi yang lebih baik dan bersemangat:

Tahun Baru Islam | Semangat Baru Memperbaiki Diri Dengan Teknologi

1. Menjadi pribadi lebih baik dengan sholat tepat waktu.

Ada sebuah hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah shalatnya. Maka, jika shalatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika shalatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari shalat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya.” (HR. Tirmidzi, ia mengatakan hadits tersebut hasan.) [HR. Tirmidzi, no. 413 dan An-Nasa’i, no. 466. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih.]

Karena utamanya sebuah sholat dan tidak dihitungnya amalan lain jika tidak sholat maka kita dapat menjaga sholat tempat waktu dengan aplikasi ini. Muslim Pro aplikasi pengingat sholat bisa di atur dengan suara adzan juga. Dijamin membantu kita sholat tepat waktu. Aplikasi ini termasuk aplikasi top1 alias paling banyak digunakan dalam kategorinya.

2. Menjadi pribadi lebih baik dengan amalan harian

Dengan aplikasi ini kita bisa meningkatkan ibadah harian kita yang ada di list. Mulai dari sholat lima waktu, membaca Alquran, memberi sedekah, membaca zikir pagi dan sore, serta masih banyak lagi lho. IN aplikasi yang asyik dipakai sendiri maupun rame-rame.

Kita bisa membuat target harian hingga membuat grup juga. Jadi bisa saling memotivasi antar teman se grup untuk menyelesaikan ibadah harian. Aplikasi ini juga menyediakan poin untuk jadi motivasi diri. Kita akan mendapat nilai harian.

3. Menjadi pribadi lebih baik dengan mendekatkan diri kepada Al quran

Tafsir ibnu katsir ini berisi Alquran dan terjemahannya. Juga tersedia versi pro dan free. Tafsir nya juga tersedia lengkap dan nyaman dibaca.

Selain mudah menggunakannya aplikasi ini juga nyaman dimata dan bisa disesuaikan dengan warna favorit yang kita sukai. Selain itu Alquran nya bisa dipilih versi indonesia ataupun madinah. Ini recommended banget. Lengkapnya saya posting disini.

4. Menikmati liburan menjaga diri dengan makanan halal.

Tahun baru tentu dengan target baru dan tak lupa target jalan-jalan keluarga. Jika ingin melakukan perjalanan ke negara non muslim hal utama yang harus menjadi perhatian adalah makanan halal.

Untuk mencari makanan halal saat traveling bisa lho kita gunakan aplikasi yang satu ini.

Meembar yang akan memandu perjalanan liburan kita dengan tempat makan halal. Terutama di negara non muslim. Menjadikan liburan tetap mendapatkan berkah kebaikan.

Itulah empat aplikasi yang bisa digunakan untuk target diri lebih baik di tahun  baru islam 1440H ini.  Tahun baru Hijriyah mengingatkan kita pada peristiwa hijrah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam, maka marilah kita benar-benar menghijrahkan diri dari segala bentuk keburukan menuju kebaikan, dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari kebid’ahan menuju kesunnahan, dari kejahiliyahan menuju totalitas Islam dan dari kegelapan memperturutkan hawa nafsu menuju cahaya terang keikhlasan dalam menggapai ridha Allah.

“ Orang muslim adalah orang yang tidak mengganggu orang muslim lain baik dengan lidah maupun tangannya, dan orang yang hijrah itu adalah orang yang hijrah meninggalkan hal-hal yang dilarang oleh Allah “ (HR. Bukhari dan Muslim).

Untuk mengawalinya mari kita kejar keutamaan bulan muharram, yang termasuk salah satu bulan terbaik, dengan memperbanyak puasa dibulan Muharram khususnya pada tanggal 10 dan 9 (’Asyura dan Tasu’a).

Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda : ”sebaik-baik puasa setelah puasa Ramadhan adalah puasa bulan Muharram, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam”. (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam ditanya tentang puasa hari ’Asyura (tanggal 10 Muharram), maka Beliau bersabda : ”Bisa menghapus (dosa-dosa kecil) satu tahun yang lewat. (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda : ”Kalau Aku hidup sampai tahun depan, niscaya aku akan puasa pada tanggal 9 (Muharram). (HR. Muslim)

Selamat Tahun Baru Islam 1440H. Semoga kita jadi sebaik-baiknya pribadi dengan menebarkan banyak manfaat dimanapun berada. Jadikan target diri sebagai semangat memacu diri bukan menjadi beban diri sehingga apapun dapat dilakukan dengan bahagia.

Sumber tulisan

1. Google playstore
2. Wikipedia (Tahun baru islam)
3. Website Ikadi (Keutamaan Bulan Muharram)

80 thoughts on “Tahun Baru Islam | Semangat Baru Memperbaiki Diri Dengan Teknologi

  1. Alhamdulillah diingatkan di artikel ini, Mbak. Insya Allah berproses lebih baik menjadi pilihan. Tentu bukan cuma berproses ya, aplikasi yang dipilihkan sangat membantu sekali, apalagi buat saya yang menjadi ibu rumah tangga, kadang sering duh kok udah jam segini, duh kok belum begini dan belum begitu. Kalau ada aplikasi seperti di atas, duh tersemangati sekali ya, tks infonya, Mbak

  2. Nah ini dia yang keren. Kecanggihan teknologi justru nggak hanya negatif, tapi juga positif karena ada aplikasi yang bisa mendekat kita kepada-Nya. Aku kadang masih telat soal sholat. Pas banget bisa ada alarmnya ini. Makasih mba Eka. Aku jadi kepo nih

  3. Hai, Mbak. Salam kenal ya. Aku suka dengan resolusinya. Btw, aku juga bikin posting-an tentang resolusi Tahun baru Hijriyah juga, dan isi poin2nya mirip2 kita yah 😀 Apalagi yang bagian shalat dan membaca Al Qur’an. Itu memang yang paling penting! Semoga kita konsisten ya dengan resolusinya agar bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi. :))

  4. Selamat tahun baru, mba. Toosss resolusi awal tahunnya ya mba, semoga kita istiqomah. Kemarin saya barusan belajar bikin bullet journal, trus sama Panda bikin lucu-lucu bullet journal untuk aktivitas religi yang kami lakukan menuju usia 40, saling menjadi kompor positif niatnya. ^_^

  5. Sapa yg suka kelewat waktu sholat dhuha kalau sudah berkubang sm tugas rumah tangga ?

    Aku aku aku.
    Kalau ada aplikasi gini enak jadinya ya mbk, bisa bantu bgd buat istiqomah ibadah.
    Makasih lo sharenya, jd pgn punya juga

  6. Keren ya ada aplikasi gini, bisa bantu mengingatkan kita untuk mengikuti target ibadah kita. Teknologi memang bisa membawa kebaikan. Bisa buat group lagi, kan bisa sharing dan tanya-tanya

  7. Iya nih tepat bgts momen 1 Muharam untuk perbaikan diri. Apalagi dgn menggunakan teknologi ya, so isi hp tu jgn cuma foto dan video ala-ala tapi juga alquran untuk dibaca dan sarana beribadah… (tepok utk diriku)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *