Desa Wisata Ekang | Wisata Edukasi Di Tengah Pulau Bintan

Kepulauan Riau selalu menggoda dengan keindahan pantainya. Tentu saja sebagai daerah kepulauan yang dikelilingi pantai, banyak sekali pantai yang dapat dipilih untuk menjadi tujuan wisata. Di pulau Bintan sendiri puluhan tempat wisata pantai tersedia mulai dari harga merakyat hingga harga menyayat kantong. Hehehe.Tapi tidak hanya pantai, Kepulauan Riau juga banyak memiliki daerah wisata dengan konsep desa wisata. Temasuk yang satu ini. Desa Wisata Ekang yang memiliki luas hampir dua hektar menyediakan wisata yang berbeda di pulau Bintan. Selain bisa dinikmati sebagai wisata keluarga, desa wisata ekang juga bisa dijadikan wisata edukasi untuk anak.

Desa wisata ini diberdayakan oleh Bumdes Ekang. Sekedar informasi bumdes adalah singkatan dari badan usaha milik desa yang luar biasa hadir dibanyak desa di Indonesia ini.

Bumdes merupakan usaha desa yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dan berbadan hukum. Pemerintah Desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi Desa. Jadi biasanya isi bumdes ini adalah anak-anak terbaik yang ingin mengembangkan kampungnya.

Tempat Yang Mudah Dicari

Untuk sampai ke desa Ekang kami mrmbutuhkan waktu kurang lebih 1jam dengan tanpa nyasar karena sudah ada ipar yang pernah ke desa ini bulan lalu. Desa wisata Ekang termasuk daerah wisata baru yang sedang hits di pulau Bintan. Cukup ketikkan di gmap mu ” Desa Wisata Ekang” maka gmap akan memandu kedesa ini. Dari jalan utama butuh beberapa menit dengan jarak sekitar 1km untuk masuk ke dalam hingga sampai ke gerbang desa wisatanya. Jalan kedalam belum diaspal.

Biaya Masuk Yang Terjangkau

Tiket masuknya disini termasuk murce alias murang cekali. Untuk weekday dewasa Rp 20.000 dan anak Rp 10.000. Saat weekend dewasa Rp 25.000 dan anak Rp 15.000. Jam bukanya dari pukul 09.00-18.00. Untuk urusan pertiketan seperti biasa babang yang urus yes.

Jangan lupa bawa payung ya, soalnya dari area parkiran menuju tempat utamanya lumayan bikin keringatan. Dengan jarak sekitar 200meter dan jam kedatangan yang agak siang maka payung sangat membantu. Apalagi bagi saya yang bawa bayi. Dari rumah sengaja bawa 2payung. Tapi perjalanan yang butuh sedikit tenaga itu akan terbayar balik setelah kita membayar tiket masuk. Kita disambut pemandangan warna warni nan elok dengan danau dikiri kanan. Danau yang sebelah kiri untuk kolam pancingan dengan banyak pilihan gazebo (pondok segitiga) dan pondok persegi beratapkan daun kelapa. Sedangkan danau disebelah kanan berisi permainan air seperti bebek kayuh, kano dan lainnya.

Pondok disediakan di kolam yang berisi ikan. Sehingga kita bisa santai sambil sebapak memancing ikan juga. Harga p juga beragam sesuai bentuk dan kenyamanan. Pondok segitiga dengan alas papan biasa cocok untuk yang ingin memancing ikan saja. Gak asyik buat leyeh-leyeh bareng anak. Harganya hanya Rp 25.000. Penampakan jauhnya seperti diatas. Kalau pondok pesegi penampakannya seperti dibawah ini. Nyaman dengan lantai yang lebih brtsij dan rapat juga terdapat pagar pinggiran (pondok segitiga tidak ada pagar jadi deg degkan jika bersama balita. Pondok ini sewanya Rp. 50.000 di depan tangganya terdapat wastafel kecil untuk mencuci tangan. Dibuat memang untuk leyeh-leyeh bareng anak banget.

Asyiknya didepan pondok persegi ini langsung tempat utama yang terdapat kasir dan cafenya. Jadi mau pesan makanan atau minuman apa saja lebih mudah.

Sebelum duduk manis di gazebo atau pondoknya pastikan datang dulu kemeja kasir ini. Tanyakan ketersediaan pondok yang bisa disewa. Kadang pondoknya kosong tapi sudah ada yang book. Dikasir ini juga tempat menyewa peralatan lainnya. Seperti pancing, layang-layang, pelampung juga tiket berkemah. Semua daftar harga sudah disediakan tinggal dompetnya aja dipenuhin sebelum kesini. Soalnya atm jauh.

Di desa wisata ekang ini juga terdapat banyak hewan yang bisa jadi wisata edukasi untuk anak. Ada taman kelinci, kuda dan andong. Yang ramainya kemarin andong. Banyak banget yang mau naik. Di kepri andong termasuk langka yach. Hihihi kalau di padang atau jogja andong banyak banget.

Di tempat utama ini selain kasir juga terdapat cafe. Di cafenya yang namanya warung bamboo ini pilihan menunya beragam dan harganya masih masuk akal lah. Membaca makanan dari luar dibolehkan di tempat ini, jadi bawa bekal dari rumah lebih asyik. Sesuai selera.

Disini juga ada tempat untuk kemping bersama teman dan keluarga. Tendanya sudah ada fasilitas kasur dan kipas angin juga lho. Hihihi seru banget jika ngecamp sekalian wisata edukasi dengan anak. Sayangnya saya belum bisa melihat langsung tempat camping keluarga ini. Karena para bayik tidak mau ditinggalkan. Sepertinya menuju camp dapat menggunakan andong tetapi ada bayik yang takut kuda #dilemaemakjalan

Kami sekeluarga ke desa wisata ini termasuk dadakan tanpa perencanaan. Karena babang ngajak pulang ke rumah makmer untuk pamitan sebelum berangkat belajar jauh. Tapi walau dadakan perlengkapan anak dam ibadah selalu dibawa komplit. Masuk jam sholat dzuhur kami menanyakan tempat sholat kepada penjaga yang ada dikasir. Dia hanya jawab “atap hijau dikanan”. Itu nan jauh disana atap hijau adalah tempat sholat. Lumayan bikin pegal juga kan yak kalau kesana. Jadi kami memilih sholat di pondok saja. Karena sudah bawa perlengkapan sholat. Untuk yang muslim baiknya bawa perlengkapan sendiri jadi hemat tenaga.

Wisata Edukasi Dimulai

Tepat di sebelah kanan tempat utama terdapat kolam renang untuk anak bermain. Karena kedalamannya hanya 1meter. Lurus diseberang kolam renang adalah posisi kandang kelinci dan hewan lainnya hingga keatas menuju tempat kemping. Kak Aqila masih intip saja dan tidak terlalu excited, karena kami sudah pernah ke taman kelinci di kota Batam.

Asyiknya berenang bersama abah

Taman Kelinci

Disebalah taman kelinci ada beberapa kandang hewan lainnya yang bisa dikenalkan ke anak. Juga ada kuda. Di Batam dari saya kecil sampai saat ini belum pernah liat kuda kalau jalan. Hihihi tapi karena ada yang lari langkah seribu jika liat kuda maka kami tidak kekandang kudanya.

Nah sebelum pulang request dulu foto dan di fotoin sama babang. Versi berdua aja ini. Karena jarang banget foto gayaan berdua gini. Tapi karena beliau mau pergi belajar jauh dan kami bakal dipisahkan oleh laut pasifik maka dia rela aja diajak foto berdua dan motoin dengan berbagai pose gini. Suka banget sama foto jepretan babang sama babangnya juga suka.

doc.ekamustikasari

Serukan yah.. gimana sudah mupeng belum mau main ke Desa Wisata Ekang ini. Kalau belum ini ada foto lagi. Suasana sore di Ekang cakep banget lho. Apalagi kalau datang bareng yang tersayang. Teman tersayang, saudara tersayang atau keluarga tersayang. Kalau kamu mau datang bareng siapa?

42 thoughts on “Desa Wisata Ekang | Wisata Edukasi Di Tengah Pulau Bintan

  1. ini tuh ada di bintan resort atau di tempat yang berbeda ya? terus jika mau ke sana, kita lewat mana jika dari jakarta kayak aku? bagi dong info tentang itu. Aku tertarik. Lagi nyari kandidat tempat buat berlibur tahun depan nih

  2. Tempatnya luas banget ya mbk. Aku bayangin duduk2 di sana, ngeliat pemandangan, nikmatin semilir angin trs lama-lama ketiduran dah. *hahay.
    Doain aku bisa ke sana ya mbk. Asyik tempatnya

  3. Ternyata di Padang juga banyak kuda ya? Ini berarti satu tempat tapi di dalamnya ada beberapa macam spot gitu kan ya? Keren juga, padahal dikelola sama Bundes, bener Bundes ya, Mbak?

  4. Aku tuh tiap ada yang nulis tempat wisata cakep di Batam, Bintan, Tanjungpinang, suka ngerasa sedih. Sedih karena sekarang nggak tinggal di sana lagi dan nggak ngerti bagusnya banyak tempat wisata baru… 😂

  5. Paling asyik jalan jalan ke tempat baru tapi sudah ada bayangan seperti apa ya, Mbak. Jadi ada persiapan terlebih dulu, oh daerahbya panas muasi bawa payung dan sampai di tempat wisata kepake. Seru banget ya, bisa leyeh leyeh ngelihat pemandangan alam yang indah, anak bisa main ortu juga bisa ngobrol ngobrol.

  6. tempatnya bersih ya Mbak, banyak fasilitasnya pula.
    pasti anak-anak senang dibawa kemari.

    anyway, salfok nih dgn foto berduanya (gbr pertama)
    Mbak yg malu2 gitu, macam baru ketemuan aja hihihih *peace

  7. Ternyata banyaaak tempat menarik di bintan yaaa. Liat dr foto2nya baguus mba. Walopun kliatan jaraknya memang jauh2 :D. Olahraga deh ah dari 1 tempat ke tempat lainnya :p. Anak2ku mah dijamin seneng kalo kesana. Bisa berenang apalagi. Kapan2 aku hrs arrange liburan kesana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *