Emak Anti Mati Gaya – 7 Ide Main Murah Bersama Anak Balita Dirumah

Sebagai ibu dari 2 orang balita maka salah satu tugas wajibnya adalah menyediakan permainan anti bosan dirumah. Apalagi dengan memiliki tipe anak yang memiliki cukup banyak tenaga yang jika belum habis tenaganya belum mau tidur.

Banyak sekali ide permainan sederhana yang biasa kami mainkan dirumah yang lumayan menghabiskan banyak tenaga tidak hanya anak namun juga abah uminya karena ikut serta dalam permainan yang dimainkan. Berikut ide-ide bermain kami dirumah yang biasa kami lakukan.

Ide Seru Main Bersama Balita Dirumah

1. Main Kertas Origami menjadi telapak kaki πŸ‘£πŸ‘£πŸ‘£

Ini permainan hanya bermodalkan kertas origami, pensil warna, gunting dan isolasi. Tempelkan telapak kaki ke kertas origami lalu jiplak menggunakan pensil atau pena untuk menghasilkan pola kaki. Lalu potong hasil jiplakan pada kertas origami. Untuk menghemat waktu bisa di potong 5kertas sekaligus yang digabungkan dengan kertas jiplakan pertama. Jadilah hasil potongan berbentuk kaki. Lakukan hal yang sama pada kaki yang satu lagi.

Setelah jadi lalu tempelkan kertas di lantai menggunakan isolasi. Lalu anak akan melompati semua pola kaki sesuai jarak yang kita buat. Pertama buat jarak yang tidak terlalu jauh untuk melangkah dan melompat. Selanjutnya bisa dibuat agak berjarak sehingga lompatan lebih jauh. πŸ‘£πŸ‘£πŸ‘£

2. Main mengenal bentuk dengan crayon/kapur βΊοΈβΉοΈπŸ”½

Masih seputar permainan melompat-lompat. Permainan ini lebih praktis lagi namun tetap menghabiskan tenaga. Cukup gambar bentuk segitiga, lingkaran, persegi, oval dan bentuk lainnya dilantai keramik. Biasanya umi buat di dapur sebelum memasak. Saat memasak umi akan menyebutkan lingkaran maka kakak akan melompat kelingkaran. Segitiga maka dia akan melompat ke segitiga. Alhamdulillah si kakak belum pernah bosan mainin permainan ini.

Bisa dimodifikasi dengan warna-warna. Misalnya lingkaran kuning, lingkaran biru segitiga merah dsn banyak lagi

3. Bermain lomba lari

Permainan ini tidak kuat umi lakukan, biasanya dilakukan bersama abah. Dari permainan ini karena terlalu sering dilakukan kak Aqila sampai hafal aba-aba “on your mark get set go” yang di sampaikan pada lomba lari. Yah umi sebagai wanita manjah dan tak kenal olahraga maka awalnya bingung saat kak Aqila ngajak lomba lari dan minta aba-aba seperti itu.

4. Bermain ikan dan pancing dengan cable tie.

Ide bermain ikan dengan cable tie ini asli buatan kak Aqila. Cabletie dipasang terbalik dan berbetuk ikan. Alhamdulillah dia buatnya kebalik jadj saat selesai main itu kabel nya bisa dibuka lagi dan bisa dipakai ulang besok. Ikan yang sudah jadi dimasukkan ke ember. Lalu dipanjing menggunakan tangkai mainan yang tidak terpakai lagi.

5 Bermain dengan stik es krim

Stik es krim merupakan salah satu barang wajib untuk ibu yang anaknya menyukai makanan manis seperti anak balita saya. Membeli eskrim setiap hari bisa memboncorkan kas rumah tangga. So kami selalu membuat es krim dirumah dengan bahan-bahan sehat dan aman. Stik es krim selain bisa digunakan untuk membuat es bisa juga lho dikreasikan sebagai mainan. Kita bisa belajar bentuk pola segitiga, persegi dan kotak. Tapi karena kebetulan ada tali kami membuatnya menjadi mahkota.

6. Bermain dengan pasir pantai.

Tinggal di pulau ngak heran kalau tempat piknik yang paling sering dikunjungi adalah pantai. Pasir pantai yang paling lembut bisa dibawa pulang dengan botol dan dimainkan dirumah. Tips: mainnya cukup diteras saja. Setelah selesai bermain bisa dengan mudah membersihkannya. Tuh kak Aqila sedang main kereta api dengan pasir.

7. Bermain air – mengisi balon dengan air

Permainan yang tidak ada anak yang tidak menyukainya. Salah satu trik untuk umi bisa menarik nafas santai setelah pekerjaan domestik adalah biarkan anak-anak bermain air. Maka mereka akan sibuk dengan aktivitas mereka. Bisa dengan diminta mengisi balon dengan air. Lalu menyiramkannya kebunga atau mengisi balon dengan air lalu menginkatnya. Setelah itu balon bisa di lemparkan kelantai. πŸ˜‚ seru lho.

Main bersama anak dirumah selalu seru dan menyenangkan. Tidak harus selalu mahal dan mengeluarkan banyak modal. Walau emak nya pengen anak main anteng tetapi tipe si anak bukan seperti itu jadi yach ikuti saja gaya bermain anak. Asik juga kan tema menulis dari buponya krucils piayu ini. Terimakasih mba evi tema ini jadi bisa berbagi dengan ibu lain.

2 thoughts on “Emak Anti Mati Gaya – 7 Ide Main Murah Bersama Anak Balita Dirumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

beautynesia blogbeautynesia