Bunda Sayang Batch #4 | Halo, saya fasilitator kelas Sumatra 2

Alhamdulillah, stadium generale bunda sayang batch#4 telah selesai dilaksanakan tanggal 2agustus pukul 20.00 wib di channel telegram bunda sayang. Dengan seluruh mahasiswi bunda sayang acara yang berlangsung live selama 1jam terasa luar biasa. Apalagi kami kami tim kreatif bunda sayang batch#4 yang bekerja di belakang layar. Menyiapkan banyak flayer, video dan susunan acara selurih tim kreatif bekerja sama dengan bahagia. Seluruh tim mulai dari tim coco, tim riset dan tim kreatif benar2 menyumbangkan yang terbaik.

Acara dimulai tepat pukul 20.00 dibuka oleh mba savira yang bertugas sebagai host dan operator uni rika serta mba arista. Channel telegram bunda sayang sendiri, telah dibentuk sejak bulan Mei , jauh sebelum pendaftaran Bunda Sayang batch#4 dibuka, dan akan terus digunakan selama Bunsay IIP berjalan sebagai tempat informasi bersama.

Saat ini sudah ada lebih dari 2200 orang yang bergabung di channel bunda sayang, berasal dari seluruh penjuru negeri bahkan sampai luar negeri karena ibu profesional juga ada di beberapa negara. Terdiri dari mahasiswi,fasilitator, observer serta seluruh tamu undangan. Masyaa Allah.

Kali ini saya mendapatkan amanah di kelas sumatera2. Yang terdiri dari bunda-bunda dari wilayah riau daratan, sumatra barat (padang payakumbuh bukittinggi dan sekitarnya) serta jambi. MasyaAllah nya ya karena saya jadi serasa pulang kampung. Dan lebih masyaAllah lagi semuanya adalah ibu-ibu hebat.

Menjadi fasilitator adalah tantangan tersendiri yang saya ambil untuk diri saya agar selalu memperbaiki diri dan mau mengulang belajar lagi materi yang sudah saya dapatkan. Bak petuah para guru-guru kita “lancar kaji dek diulang”. Kita dapat mudah dan lancar memahami karena kita mengulang. Jadi menjadi fasil sama seperti meremidial diri saya sendiri dengan terhormat dan bahagia. Mendampingi siapapun belajar sesungguhnya kita sendiri juga akan ikut belajar. Karena mendampingi bukan mengajari membuat kita sama-sama melengkapi.

Kelas Sumatra2 sendiri terdiri dari 55orang ibu-ibu hebat dengan pribadi dan tantangannya masing-masing yang unik. Dan bahagianya menjadi fasilitator itu adalah kita dipercayai oleh peserta kelas mengalirkan rasanya secara personal. Terimakasih sudah mempercayai saya 💋

Selama 14bulan kedepan InsyaAllah akan bersama dengan ibu-ibu dari seluruh sudut riau jambi dan sumatra barat. Sebagaimana yang pernah saya lalui selama 14bulan yang lalu. Bahwa komitmen itu mudah tapi konsisten itu yang berat. 12materi yang akan dinikmati oleh para ibu dengan 10hari tantangan setiap materinya, para ibu-ibu hebat ini akan dilatih untuk konsisten menjalankan komitmennya dengan baik.

Konsisten memang bukan hal mudah untuk dilakukan namun bukan mustahil jika kita mau melatihnya. Disini semoga saya juga bisa menjaga konsistensi saya sebagai seorang fasilitator yang mendampingi untuk selalu berbagi dengan semangat dan bahagia.

Jihad terbesar adalah bagaimana menaklukan nafsu diri sendiri 😌  #inintms

Semoga saat dikelas kami sama-sama belajar konsisten, seperti pesan ibu Septi, jika kita keras mendidik diri maka insyaAllah dunia nanti akan lunak terhadap kita. So kuncinya, sejauh apa kita mau memuliakan diri kita dulu agar yang kita sdh tahu ilmunya ini harus selaras dg aplikasinya, namanya integritas diri. Dan menjadi pengurus kota sekaligus menjadi fasilitator adalah salah satu cara agar saya on track 😃 itu nasehat mba farda yang jleb banget bagi saya.

Apakah menjadi fasilitator itu akan mudah? Dari awal yang saya jalani di matrikulasi menjadi fasilitator itu tidak ringan dengan tantangan yang jga kita miliki dirumah masing-masing, namun sebagaimana kami tim fasilitator memiliki slogan “FASILITATOR MUDAH.. MEMUDAHKAN”. Bagaimana menjadi fasilitator kami buat menjadi mudah dan dengan hadirnya kita juga membantu ibu-ibu lain belajar. Sebagimana kami sebelumnya juga dimudahkan oleh kehadiran fasilitator yang mendampingi kami.

Bunda Sayang Instritut Ibu Profesional kali ini memasuki batch yang ke 4. Sudah ada  1batch yang lulus 1 batch menunggu hari kelulusan serta 1batch sedang berlangsung. Maka setelah banyak analisa yang dilakukan oleh tim nasional serta tim pendukungnya kali ini kami fasilitator diminta menandatangaini surat komitmen. Tampilanya persis seperti surat perjanjian kerja diperusahaan besar. Dengan lampiran ayat-ayat yang berisi kewajiban serta hak fasilitator. Yeaa kami ibu profesional. Maka segala sesuatu yang kami jalani juga kami kerjakan denga profesional.

Saya termasuk yang lama menandatangai surat komitmen ini, karena adanya ketentuan jam perkuliahan yang belum sesuai bagi saya. Setelah langsung menghubungi Manager  Bunda Sayang dan mendapat penjelasan akhirnya saya baru menandatangani surat komitmen ini. Karena seperti yang saya sampaikan sebelumnya menjadi fasilitator bukan hal yang ringan ditengah banyaknya tantangan pribadi yang kami hadapi dirumah. Ternyata dari semua itu ternyata ada 1poin yang saya lupakan, yaitu perkuliahan kami lakukan secara online dan menggunakan kecanggihan teknologi. Kami para fasilitator sudah dimudahkan dengan adanya aplikasi pendukung yang tetap membuat kami ontime tanpa harus online dijam perkuliahan.

Benar-benar memberikan saya banyak pelajaran baru dengan mengambil keputusan sebagai seorang fasilitator. Sebagai fasilitator kami dibagi menjadi beberapa tim dan saya kebagian di tim kreatif. Ditim ini saya belajar lebih banyak tentang berbagi kebahagiaan melalui kreatifitas.

Bismillah doakan saya dan seluruh peserta kelas bunda sayang sumatra2 konsisten hingga 14bulan kedepan yak. Memasuki kelas sebanyak 55orang dan luluspun sebanyak 55orang. Tetap dengan rasa bahagia seperti kami bahagia saat memulai mengenal institut ibu profesional.

Salam sayang dan semangat.

Uchan Fasil Sumatra2 😀

1 thought on “Bunda Sayang Batch #4 | Halo, saya fasilitator kelas Sumatra 2

  1. luar biasa kakak eka mustika sari, menjadi tim kreatif
    pasti nya bakal menjadi pengalaman berharga
    untuk next event yang akan digarap

    semoga kakak bisa menjadi lebih hebat lagi di masa depan

    aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *