Fitrah Seksualitas- Pola Asuh Maksimal

Pada bahasan kali ini mengenai kebutuhan kita sebagai orangtua memahami Fitrah Seksualitas. Agar bisa memberikan pola asuh maksimal pada anak. Alhamdulillah materinya bagus lagi. 😍

Membangun identitas anak sejal dini itu penting sekali. Salah satunya pola asuh yang sesuai fitrah seksualitas nya

Tanyajawab:

1. Bunda Siska

Omair usia 23m+ kemarin nanya. Miliknya, ini apa. Lalu saya jelaskan kalau “ini punya anak laki-laki. Klau Omair pipis nanti dari sini.”
Apakah ini trmasuk trlalu dini?
Saya seringnya secara langsung kepada Omair dlm pengenalan ini😬
Krn belum punya bukunyaπŸ™
Apakah ada solusi lain?

Jawab>> Omair…cerdas …
luar biasa. Atas pertanyaan bunda tsb. menurut kami , jk mmg Omair sudah bertanya. Sebaiknya tetap dijelaskan bunda. sejak 7 bulan bayi memang harusnya sudah punya rasa penasaran dg perbedaan jenis kelamin. buktinya dengan ia mencari asal beda suara antara ayah dan ibunya. berat suara ayah
lembut suara ibu
menjadi pembiasaan yang menimbulkan rangsang pemikiran
dimana beda keduanya. Tidak semua anak bisa mengutarakan apa yang difikirkan. Ketika 23 bulan Omair sudah melontarkannya maka hal tersebut memang harus disikapi dengan sangat baik. sesuai diskusi kami menurut artikel ini yang sempat kami baca tadi sebenarnya sejak 2tahun rasa penasaran atas kelamin lumrah difikirkan anak.

sesuai diskusi kami menurut artikel yang sempat kami baca tadi sebenarnya sejak 2tahun rasa penasaran atas kelamin lumrah difikirkan anak. tidak terlalu dini bunda. Bila anak tidak bertanya Ibu Elly Risman malah meminta kita mengedukasi anak.
agar anak tidak kehilangan Identitas sosialnya atau mulai mendudukkan konsep identitas sosialnya.
>> Menambahkan jawaban bunda Syafrida kita harus jawab dgn jujur apa yg dia tanyakan bahwa itu namanya adalah alat kelamin. Jgn katakan dgn mana lain seperti burung dll.

>> Setuju, kalau saya pakai istilah NICE (Name it, Claim, Explain)

2. Baik bunda.tks sebelumnya.
Nih terkait Dari Mana Asalku. Anak2 pernah baca buku tentang ini di buku Little Abid “Kutau Darimana Asalku”
Jadi sudah tau kata sperma…rahim…sel telur..zigot
Nah pernah kami makan malam bersama jadi anak saya yg beda umur ada semua. Si sulung bertanya “teknis bagaimana sperma bisa masuk kedalam rahim”?
Bagaimana menjawab ini bunda terhadap anak2 berbeda umur: 10th..8thn..dan 6th

Jawab>>teh kiki mencoba menggambarkan bagaimana lahirnya anak dari sebuah konsep pernikahan

>>Boleh bantu sharing dikit yaa😊

Selain dengan cerita mengenai pernikahan.
Dari segi ilmiah nya, bisa diceritakan seperti ini. Karena anak sudah tahu mengenai sel telur, zigot, sperma, rahim. Maka bisa dijelaskan lebih lanjut, bagaimana sperma bisa masuk ke dalam rahim? Sperma masuk ke dalam rahim melalui sebuah saluran yang panjang nya 18 cm. Sperma masuk melalui yang namanya serviks (leher rahim) lalu menuju ke tuba falopi (tunjukkan gambarnya). Di situ ovum sudah menanti kedatangan para jagoan sperma. Tapi tidak semua sperma yang masuk berhasil menuju tuba falopi ini, ada banyak tantangan yang harus mereka lewati (tantangan nya boleh disebut, boleh di skip). Nah bagi yang terpilih, mereka berhasil masuk ke tuba falopi, bertemu dengan ovum tapi tidak semua sperma itu berhasil masuk ke dalam ovum dan membuahi ovum tsb, hanya satu sperma yang bener-bener kuat, jagoan dan spesial yang bisa berhasil menembus dan masuk ke dalam ovum.

Tambahkan, oleh karena itu, kalian , anak-anak bunda merupakan suatu hal yang luar biasa karena kalian bisa lahir di dunia ini merupakan yang sudah terpilih. Unik di antara yang terunik. Kalian adalah istimewa, spesial 😊.

Ini saya jelaskan ke anak laki-laki usia 9 tahun siy πŸ˜…

Materi hari ini dalam bentuk image. Ini saya buat ke pdf dulu ya. πŸ˜‚

Materi

Link pdf

Link lagu anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

beautynesia blogbeautynesia