Anak Kedua Yang Istimewa

Beberapa waktu yang lalu saat berkumpul dengan beberapa orang sahabat sampailah kami pada bahasan tumbuh kembang anak. Betapa setiap anak itu berbeda. Ada yang dapat cepat bisa merangkak ada yang tidak, begitu juga dengan proses berjalan. Ada anak yang dapat berjalan sebelum satu tahun dan ada juga yang lebih lama dari itu. Seperti putri pertama saya yang diusia 10 bulan sudah dapat berjalan, sehingga di ulang tahun pertamanya dia sudah berjalan kesana-kemari. Namun berbeda dengan putri kedua saya yang baru dapat lancar berjalan saat berusia 18 bulan.
Sahabat saya bertanya bagaimana perasaan saya saat anak kedua kami tumbuh kembangnya tidak seperti anak pertama.
Lalu saya mrnyampaikan anak kedua saya yang sangat istimewa. Dia istimewa karena lahir secara prematur dan perjuangan kami diawal kelahirannya begitu luar biasa. Jadi saya sudah sadar dengan sepenuhnya bahwa saya tidak dapat membandingkannya dengan siapapun termasuk kakaknya. Memiliki putri yang terlahir prematur dan tumbuh dengan sehat dan lincah tanpa satu kekuranganpun sudah menjadi anugrah yang luar biasa bagi saya dan keluarga. Apalagi setelah beberapa lama saya baru mengenal komunitas prematur Indonesia yang banyak mengedukasi orang tua dengan anak yang terlahir prematur.

Luar biasa dan alhamdulillah, biasanya anak pertama disebut sebagai anak sulung yang tugasnya adalah menjaga adik-adik dan keluarga. Kemudian, anak terakhir disebut sebagai si bungsu yang biasanya paling dimanjakan. Lalu, bagaimana ya kalau anak kedua?

Ternyata, anak kedua disebut-sebut juga punya sifat unik yang berbeda dengan anak pertama atau terakhir. Hal ini sejalan dengan pernyataan dari salah satu ahli psikologi disebuah situs yang berpendapat bahwa urutan kelahiran punya pengaruh dalam menentukan kepribadian dari seseorang. Dia mandiri sekali. Karena tidak menemukan keunikan dan rasa antusias dari keluarga seperti si sulung dan si bungsu dalam keluarga, anak kedua akhirnya disebut seringkali merasa terasingkan. Mereka pun akhirnya memilih untuk menarik diri dan tertutup. MasyaAllah saya memilikinya dan tidak ingin dia sedih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram
WhatsApp