Seberapa Pentingkah Prebiotik untuk Pencernaan dan Imunitas Si Kecil?

Halo ayah bunda, adakah yang tau jawabannya jika ada yang menanyakan “seberapa pentingkah prebiotik untuk pencernaan dan imunitas si Kecil?. Berapa banyakkah ayah bunda yang sudah memperhatikan kesehatan saluran cerna dan imunitas si Kecil? Jika sudah ada apalagi banyak, berarti anda ayah bunda yang luar biasa sekali, hehehe. Kenapa saya bilang luar biasa, karena saluran pencernaan si Kecil itu berperan penting untuk pertumbuhan anak kita. Dan orang tua yang peduli terhadap saluran cerna si Kecil, berarti orangtua yang peduli terhadap tumbuh kembang anak agar optimal. Dan anak yang tumbuh dengan optimal adalah generasi masa depan bangsa yang cemerlang.

Peran Nutrisi Untuk Mendukung Imunitas Si Kecil

Sistem imunitas si Kecil belum sempurna akan berkembang sesuai bertambahnya usia si Kecil. Nutrisi yang cukup dan seimbang sangat berperan untuk imunitas si Kecil. Karena itu ayah bunda harus memperhatikan kecukupan asupan nutrisi untuk si Kecil baik yang makro maupun mikro.

Pentingnya Nutrisi Seimbang Untuk si Kecil

Namun memberikan asupan nutrisi yang seimbang untuk anak itu tidak semudah teori yang kita tahu. Karena sebaik apapun asupan makanan yang kita berikan pada anak, jika saluran cerna anak tidak baik, maka tidak akan tercerna dengan baik.

Pernyataan di atas disampaikan oleh DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K)., yaitu seorang dokter spesialis anak konsultan gastroenterology. 

Webinar bersama dua narasumber

Saya beruntung sekali mengetahui hal ini karena telah mengikuti acara webinar Nutrisi untuk Imunitas, Kunci Tumbuh Kembang Optimal yang diselenggarakan Nutriclub pada Senin, 20 Juli 2020 dengan narasumber dr.Ariani serta Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD., Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel.

Nutrisi dan Pencernaan Yang Baik

dr.Ariani juga menyampaikan setinggi apapun kualitasnya asupan makanan yang diberikan pada anak, apabila tidak diserap dengan baik oleh saluran cerna malah tidak bisa digunakan oleh tubuh, sehingga dikeluarkan lagi dalam posisi yang tidak tercerna atau lebih buruk lagi bisa jadi makanan tersebut yang tidak tercerna justru menimbulkan problem atau masalah pada saluran cerna dan menyebabkan anak terasa tidak nyaman contohnya kembung dan sakit perut karena ada sisa-sisa makanan yang seharusnya sudah bisa dicerna dengan baik.

Pentingnya Mikrobiota Untuk Saluran Cerna

Sistem imunitas tubuh yang terjaga menjadi bekal tubuh si Kecil untuk tumbuh dan berkembang. “Penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi  seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus pada anak masih renggang, mengakibatkan apabila ada kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut.

Selain itu, mikrobioma pada saluran cerna tidak berkembang dengan baik. Bakteri pada mikrobioma memiliki peran terhadap imunitas, nutrisi, dan perlindungan terhadap bakteri patogen. Dalam tubuh manusia terdapat sekitar 10-100 triliun mikrobioma dengan jumlah paling banyak terdapat di usus,” ungkap dr.Ariani.

Pada kesempatan yang sama, Prof.Yvan juga memaparkan bahwa mikrobioma gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma di dalam usus) yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini. 

Menyimak pemaparan Prof.Yvan

“Mikrobioma merupakan seluruh ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ. Mikrobiota usus, bakteri baik bifidobacteria, berperan penting untuk mendukung sistem imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan. Untuk itu, keseimbangan komposisi bakteri baik bifidobacteria harus dipelihara agar dapat terus memberikan manfaat dengan pemberian prebiotik,” papar Prof. Yvan mengenai penelitiannya. 

Berikut pentingnya mikrobiota untuk saluran cerna menurut Prof.Yvan

  • Membantu tubuh mencerna makanan
  • Mempengaruhi komunikaai otak san saluran cerna
  • Memberikan sinyal untuk perkembangan fungsi sistem imun
  • Melindungi dari mikroorganisme yang merugikan tubuh
  • Mengatur metabolisme energi
  • Menghasilkan beberapa vitamin untuk tubuh
Mikrobiota Pada Saluran Cerna

Penelitian menunjukkan nutrisi mengambil peran besar dalam menentukan keseimbangan mikrobioma yang ada di dalam usus. “Lebih spesifik, prebiotik yang merupakan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan oleh bakteri dalam usus mampu merangsang perkembangan bakteri baikbifidobacteria. Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. FOS dan GOS juga mampu membantu mendukung daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi.” ungkap Prof. Yvan.

Lebih lanjutnya, Prof Yvan juga memaparkan hasil penelitiannya pada GIANT Study berupa hasil risiko infeksi yang lebih rendah pada anak di atas satu tahun yang mengonsumsi susu pertumbuhan dengan prebotik lcFOS/scGOS dan n-3 LC PUFA ditambahkan ke dalam susu.

Pada virtual gathering ini saya berkesempatan untuk bertanya seputar kesehatan pencernaan si Kecil. Pertanya yang saya sampaikan adalah, “Apakah ada ciri-ciri anak yang pencernaannya tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik?”.

Sesi tanya jawab bersama narasumber

Dan berikut jawaban dari dr.Ariani, “Sejak lahir, sistem pencernaan anak perlahan-lahan belajar memproses asupan nutrisi yang masuk ke tubuh mereka melalui makanan. Namun, sistem pencernaan yang berkembang sangat rentan terhadap berbagai masalah karena tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik, seperti muntah, refluks, kolik, perut kembung dan gas yang berlebihan serta diare” 

“Masalah pencernaan dapat melemahkan imunitas yang akan mempersulit penyerapan nutrisi anak. Jika tidak ditangani dengan benar, akan menyebabkan kekurangan gizi kronis yang bisa menyebabkan stunting (kondisi gagal tumbuh permanen yang mempengaruhi fisik dan kognitif anak)”.

Nah lho padahal mikirnya kalau memberikan makanan sehat saja sudah cukup, ternyata orang tua juga harus memperhatikan kesehatan saluran cerna anak. Dengan memberikan makanan yang mendukung saluran cerna bekerja dengan baik agar nutrisi terserap sempurna. Jadi usus yang sehat itu mengandung komposisi yang seimbang dari microbiota usus yang bermanfaat bagi tubuh.

Sekarang jadi tau kan bagaimana kesehatan saluran cerna dapat mendukung daya tahan tubuh si Kecil, serta peran prebiotik FOS GOS dalam mendukung stabilitas mikrobioma di saluran cerna.

Untuk para orang tua yang ingin belajar lebih jauh seputar ini, yuk kunjungi www.nutriclub.co.id dan follow @nutriclub_id ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
Instagram
WhatsaApp