Berlayar Bersama Kapal Pelni KM Kelud Dari Batam ke Belawan

Berlayar Bersama Kapal Pelni KM Kelud Dari Batam ke Belawan . Pertengahan Maret 2019 yang lalu saya bersama duo princess kami harus berangkat ke Medan. Namun karena harga tiket pesawat yang lumayan aduhai kenaikannya, maka kami memutuskan menggunakan kapal pelni KM Kelud ke Belawan baru dilanjutkan ke Medan .Kami tidak ada saudara maupun keluarga di Medan. Tujuan saya ke Medan semata untuk menghadiri wisuda gadis bungsu di rumah kami. Secara sudah jadi kebiasaan saya selalu menghadiri wisuda adik-adik saya. Mau pergi sendiri ga mungkin banget ninggalin dua balita sama abahnya. Lagian hiting-hitung sebagai tambahan catatan petualangan kami bertiga. Jadilah setelah negosiasi untuk menaiki kapal disetujui, kamipun mencari tiket.

Memesan Tiket Kapal Pelni di Batam

Karena akan jadi perjalanan pertama saya dan anak-anak untuk menaiki kapal besar ini, maka persiapannya tentu agak beda dan maksimal. Supaya perjalanan yang tidak sebentar ini nyaman. Berbekal informasi dari teman-teman di blogger Kepri maka mencari tiketpun menjadi lebih mudah. Ada 3 cara untuk mendapatkan tiket KM Kelud

1. Pertama kita dapat memesan langsung dari websitenya.

Gampang banget. Tinggal masuk ke website https://www.pelni.co.idLalu masukan kota keberangkatan dan kota tujuan disebelah kanan halaman web. Jika pada tanggal yang kita masukkan tidak ada kedatangan kapal maka akan ditampilkan pilihan tanggal yang ada rutenya.

Nah setelah dapat tanggal yang sesuai bisa lanjut isi data lengkapnya. Untuk pembayaran maksimal 1x24jam di loket pelni atau di ATM BRI. Ada juga yang bayar ke Alfamart atau Indomaret jika terdapat di kota kalian.Setelah ada bukti pembayaran maka BUKTI PEMBAYARAN HARUS DITUKARKAN DENGAN TIKET DI LOKET ATAU KANTOR CABANG PT PELNI MAKSIMAL 1 X 24 JAM SEBELUM JADWAL KEBERANGKATAN KAPAL. Ini yang agak ribet bagi saya. Karena di Batam kantor pelni jauh dari rumah.

2. Pesan Ke Teman Yang Kerja di Cabang Pelni

Ini mah untung untungan yak. Kalau ada teman yang mau bantu sampai mau ngantar mah enak. Kita cukup telpon atau whatsapp terus transfer dan tiket sampai kerumah, Hehehe. Tapi kalau musti jemput juga agaknya sama aja mending pesan sendiri tanpa merepotkan orang lain.

3. Beli Tiket di Mitra/Agen Pelni Terdekat

Ini cara paling praktis dan saya memilih menggunakan cara ini. Di website pelni, daftar mitra/agen pelni di Batam lumayan banyak lho. Untuk kantor PELNI BATAM sendiri berlokasi di JL. DR. CIPTO MANGUNKUSUMO NO.4 TANJUNG PINGGIR, SEKUPANG, BATAM – No.Telp. 0778-321070. Sedangkan untuk mitra pelni ada beberapa. Bisa dipilih sesuai dengan yang terdekat dengan rumah masing-masing. Ini yang saya intip

● CATUR BHUANA TIRTA TOUR & TRAVEL
PANBIL KOMERSIAL AREA BLOK B-3A, MUKA KUNING, BATAM, KEPULAUAN RIAU – No.Telp. (0778) 371190, 371191

● KOPEGTEL
TIBAN LESTARI BLOK RB NO.11 , BATAM, BATAM, KEPULAUAN RIAU – No.Telp. (0778) 322168, 7280444

● KOPEGTEL TOUR & TRAVEL
TIBAN LESTARI BLOK RB NO.11 BATAM, BATAM, KEPULAUAN RIAU – No.Telp. (0778) 322168 / 7280444

● KOPERASI KARYAWAN OTORITA BATAM
KOMP. JAYA PUTRA BLOK C-1, SEI JODOH BATAM, KOTA BATAM, BATAM, KEPULAUAN RIAU – No.Telp. 0778-433734

● PT. BATAM LINTAS LINDO
JLN. IMAM BONJOL KOMPLEK BUMI INDAH NO 1&2, BATAM, KEPULAUAN RIAU – No.Telp. (0778) 422558

● PT. BINTAN PANORAMA
BENGKONG MAHKOTA A2, BATAM, KEPULAUAN RIAU – No.Telp. (0778) 495670

● PT. CITRA KARIMUN INDAH
KOMPLEK AVIARI PRATAMA BLOK A2 NO. 7, BATAM, KEPULAUAN RIAU – No.Telp. (0778) 364318

● PT. SEKILAK INDAH RAYA
NAGOYA GARDEN BLOK G/ NO. 14, BATAM, KEPULAUAN RIAU – No.Telp. (0778) 458477

Banyak lagi mitra pelni di Batam dan Tanjung Pinang. Ini beberapa saja yang saya lihat di website pelni 19juni2019. Saya sendiri membeli tiket di PT.Sekilak yang dekat dengan tempat adik saya bekerja. Kita cukup datang, bawa KTP terus bayar. Gak perlu ke alfa atau ke kantor pelni untuk tukar tiket.

Ada yang harus di ingat buat beli tiket ini. Laki-laki dan perempuan itu dipisah kamarnya kecuali yang VIP. Jadi jika punya anak diatas 24bulan pesan tiket wajib 2 namun pasti ibu dan anak beda kamar.

Pengalaman Pertama Naik Kapal Pelni KM Kelud

Yang namanya pertama tentu saja banyak norak-noraknya dan bumbu “belum tau” lainnya. Seperti kami sekeluarga tidak tau dimana naik kapal pelni. Hasilnya kami nyasar sampai kepelabuhan barang berat. Padahal itu ngikutin google maps lho. Dan sepertinya bapak-bapak disana sudah sering lihat korban google maps. Jadi langsung teriak kalau kami salah jalan.

Tempat naik kapal pelni di Batam itu kita harus masuk gerbang pelabuhan batu ampar. Disana bakal banyak banget tukang angkut alias porter yang ngerubunin dan ngejar kita. Usahakan barang bawaan sesanggupnya dibawa. Untuk kenyamanan aja sih. Tapi jika ingin memakai jasa porter baiknya nego dulu. Setelah sampai pelabuhan langsung aja antri di dekat pintu masuk dengan menyiapkan KTP sesuai tiket. Bakalan panas dan umpek-umpekan. Tapi yach namanya juga naik kapal pelni bukan kapal pesiar. Bakal ada sensasi kayak gini.

Baru pertama kali kesini

Antrilah dijalur yang benar, tengah jalur porter

Pose maksimal sebelum berjuang

Caption foto diatas itu ngak lebay tapi serius. Setelah berpose dengan gayanya kami harus antri masuk. Alhamdulillah dijalur yang benar, karena ada jalur tengah khusus porter dan mereka jalan gak basa basi. Dengan barang bawaan yang berat langsung tabrak sana sini. Subhanallah, rasanya kok antara kaget dan sedih ya. Mereka kuat banget. Rasanya gak masuk akal bisa angkat barang berat gitu tapi nyata. Liat aja muka bengong diriku dibawah ini.

Setelah masuk lebih parah lagi. Karena memakai gendongan, tas ransel saya susah dibuka. Seluruh keluarga dipaksa jalan cepat karena porter dibelakang teriak. Kami harus memasukkan semua barang bawaan ke pengecekan barang. Hampir aja ketinggalan. Alhamdulillah akhirnya bisa naik bus juga menuju kapal yang terparkir jauh dari loket masuk. Di dalam bus harus sabar juga.

Turun dari bus kami langsung naik kapal. Ternyata ada lagi pengecekan KTP. Lha tadi di bus KTP sudah masuk tas, ribet lagi ngeluarin. Yang mau bepergian ktp simpan disaku yang aman saja ya.

KM Kelud pertamaku

Alhamdulillah, akhirnya bisa naik dengan selamat, keringatan dan pegel yang lumayanlah ya. Cari angin sejenak sambil mandangin bus yang membawa sisa penumpang. Agak bingung tadi kami di cek ribet banget. Tapi ada lho yang baru datang diantar taxi atau keluarga sampai ke dekat kapal. Lha tau gitu tadi diantar juga langsung biar gak keringatan gendong sambil nenteng ransel.

Ramai yang baru diantar

Segera menuju kamar. Alhamdulillah masuk kamar. Kami memilih kelas 2B isinya 8orang. Saya kirain 2B isinya 4orang karena tidak ada penjelasan sebelumnya. Tapi gak apa-apa namanya juga pertama.

Kamar Yang Bersih

Bersama Balita di Kapal Pelni KM Kelud

Selama ini kami sudah sering banget naik kapal. Karena tinggal di wilayah kepulauan dan mertua saya tinggal di pulau Bintan. Jadi hampir tiap 2bulan kami pulang. Sehingga membuat saya agak menyepelekan perlengkapan dan yakin anak bakal tidak rewel. Tapi ternyata saya salah banget.

Hal yang jadi tantangan besar saya di perjalanan kami kemarin adalah kamar kami panas. Karena AC beberapa kali mati sehingga anak-anak rewel. Tapi juga ada beberapa hal yang terlewat oleh saya. Terutama karena kami bukan keluarga yang mengandalkan gadget untuk menenangkan anak.

Berikut beberapa perlengkapan yang harusnya disiapkan jika berlayar bersama anak-anak terutama untuk waktu cukup lama.

1. Sediakan Cemilan yang cukup √

2. Membawa kipas angin portable x

3. Membawa perlengkapan tidur yang nyaman. Misal boneka atau selimut kecil √

4. Membawa mainan kesukaan anak. x

5. Menyediakan alas kaki ganti. Misal anak selalu pakai sepatu maka sediakan sendal untuk bolak balik ke kamar mandi. x

6. Perlengkapan mandi anak. √

7. Perlengkapan makan anak. x

Duh banyak banget kan yang terlewlat. Huhu ini menjadi catatan banget untuk perjalanan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *