Liburan keluarga di pantai Nongsa Batam

Entah suatu kebiasaan atau  tradisi yang namanya setelah lebaran idul fitri banyak sekali keluarga yang pergi liburan bersama. Mungkin karena banyak sanak keluarga yang jauh bisa berkumpul bersama setelah setahun terpisah oleh jarak dan waktu #berasaliriklagu. Gak ketinggalan sih keluarga kami hahaha mau motoran rame-rame atau menyewa angkutan umum atau dulu malah naik pick up dengan angin sepoi-sepoi yang membuat rambut dan jilbab melayang-layang penuh pesona. Satu hal yang pasti, tujuan wisata yang hemat untuk jumlah keluarga yang banyak adalah poin utama. Pernah ibu kami milih nyuruh pindah lokasi hanya karena tiket 40ribu satu orang #thepowerofemak. Walau kami semua bilang gak apa kami yang bayar (emang pasti anak-anak yang bayar kan ya hehe) tapi karena hitungan ala nenek itu keras, dari pada bayar mahal mending uangnya kita belikab blabla atau kalau ngak dari pada bayar mahal disini mending sekalian ke tempat wah. Belajar dari pengalaman itu maka mencari tempat ramah kantong jika membawa nenek adalah hal utama. Karena itu pilihan wisata hemat untuk keluarga kami kali ini adalah liburan di pantai nongsa batam.

Mengajak keluarga liburan ke pantai nongsa yakinlah tidak akan pernah kecewa. Terutama jika ke pantai bersama banyak keluarga besar.  Pantai nongsa tidak pernah kekurangan air hingga jauh walaupun sedang surut. Pilihan terbaik jika ingin kepantai sambil berenang dan main pasir.

Liburan hemat keluarga di pantai  Nongsa Batam

Wisata keluarga ke pantai nongsa adalah wisata kedua keluarga kami setelah lebaran idul fitri. Setelah wisata pertama kami sekeluarga ke pantai vio vio tidak sesuai harapan karena setelah perjalanan jauh bengkong-barelang melewati 5 jembatan dan 4 pulau, yang kami jumpai hanya pantai yang sedang surut 😂😂

Jadilah baju yang disiapkan, serta semangat 45 untuk bermain air juga jadi surut seperti surutnys air lautnya. Tapi itu tidak bakal di dapati jika kita ke pantai nongsa. Walaupun air surut namun kita akan tetap dapat berenang dengan nyaman. Pantai yang bersih dan pasir yang tidak terlalu kasar membuat anak-anak juga nyaman bermain. Sampai bayi pun ikut senang setelah beberapa kali trial dia histeris. Namun akhirnya Syaffira merasa nyaman.

Lokasi pantai ini luar biasa keren banget. Pas bertepatan di sebelah Nuvasa Bay yang lagi booming dan sudah masuk acara travelling tv nasional beberapa kali. Tiketnya murah banget, masuk di gerbang utama hanya membayar uang masuk mobil 10ribu rupiah. Pertama masuk disambut masjid yang indah di dekat gerbang.

Ada banyak pilihan tempat dan pondok disini. Tempat yang pertama dijumpai sudah dipenuhi banyak pengunjung. Namun tempat favorit keluarga kami adalah yang paling ujung. Selain masih sepi juga terdapat pohon besar pas di bibir pantai. Untuk anak berenang nyaman sekali. Terlindungi dari panas. Selain itu tempat yang paling ujung ini dekat sekali dengan pulau putri dan memandang Siangapura dengan jelas. Pondok nya juga murah hanya membayar 50ribu rupiah kita sudah bisa duduk nyaman. Modelnya dengan kursi meja. Asyik buat makan siang.

Pemandangan di sini paling asyik. Dengan pulau putri yang hanya berjarak beberapa kilo serta view singapura yang menjadi andalan pantai batam, lokasi ini juga sangat dekat dengan mushola. Jika di dekat gerbang tadi ada masjid besar maka di sekitar pantai ujung ini juga terdapat mushola kecil yang bersih dan terawat. Benar-benar pilihan yang pas untuk liburan keluarga tanpa ketinggalan ibadah dengan nyaman.

Kami sampai di nongsa sekitar pukul 3sore, ada yang langsung makan siang yang kesorean  ada yang belum aba-aba sudah nyemplung duluan. Spot nya juga bagus buat foto-foto jika pandai mengambilnya.

Setelah mengurus makan keluarga saya dan suami langsung sholat ashar ke mushola yang hanya berjarak beberapa rumah dari pondok yanh  kami sewa. Selesai sholat emak bersiap main air di pantai. Kadang emak-emak seperti saya kadang lupa jika ada anak yang harus di urus saat liburan seperti ini. Tapi bersyukurnya  jika liburan keluarga emak dapat kebebasan berekspresi dan anak-anal di handle oleh kakek nenek aci bunda dan uncu. Jadilah setiap liburan keluarga emak lumayan menikmatinya karena banyak bala bantuan.

Setelah emak dapat main air sejenak, kami bersiap pulang sekitar pukul 5sore. Setelah membersihkan badan di kamar mandi umum yang berbauar 5ribu rupiah.  Saya dan keluarga jarang mandi lama di pemandian umum. Jadi biasa hanya bilas sedikit lalu ganti pakaian nanti mandi ulang dirumah. Karena mendung sunset disini kurang begitu jelas. Jika cuaca bagus mungkin sunsetnya akan indah sekali. Ini ke tiga kalinya saya kesini. Setelah beberapa tahun yang lalu saya pernah ke pantai nongsa ini bersama teman-teman. Sejauh ini saya tidak pernah kecewa liburan kepantai nongsa. Apalagi jika membawa anak-anak berenang bebas dengan pilihan pantai yang bersih. Mungkin kami akan main kembali ke pantai ini. Selain karena alasan diatas juga karena jaraknya tidak membuat pantat kita panas di perjalanan.

Pantai disekitar kampung tua ini sepertinya dikelola langsung oleh masyarat. Walau saat berenang tadi saya bisa mengintip permainan di pantai nuvasa bay namun fasilitas disini tentu sangat jauh dari Nuvasa bay. Semoga masyarakat tempatan semakin berusaha dalam menjaga pantainya dan meningkatkan kenyamanannya. Next doakan juga semoga kami juga bisa menggontong nenek buat nyicip asiknya nyantai  Nuvasa bay. Walau berbayar tentu kenyamanan yang di dapatkan juga berbeda.

Apa liburan hemat versi keluarga kamu? Bagi dikomentar yuk. Mana tau bisa buat nyenangin nenek lagi. 🤣

1 thought on “Liburan keluarga di pantai Nongsa Batam

  1. Kalo maon ke pantai, anak2ku doyan banget mba. Akunya yg ga suka krn ga kuat panas hahahaha.. Makanya kalo udh main ke pantai, biasanya anak2 bareng papinya. Kalo aku lbh seneng ngajakin wisata ke tempat yg lbh sejuk, kayak air terjun. Nah itu aku suka :). Pemandangannya juga lbh adem :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *