Membaca diri, Membaca Alam #membangunkeluargaliterasi

Tantangan level 5. Merupakan tantangan yang begitu menyenangkan. Karena membaca adalah bagian dari keseharian kami yang sangat sangat jarang sekali terlewatkan.

Karena kadang saat bangun tidur Aqila langsung mencari buku dirak. Atau bahkan sebelum tidur dia akan membuat abah membacakan buku hingga dia tertidur. Terutama juz amma warna warninya.

Tapi dengan adanya tantangan level 5 ini semakin paham bahwa kebiasaan membaca bukan hanya sekedar membuat dia menyukai membaca. Tetapi jauh lebih banyak daripada itu.

Membaca adalah perintah Allah yang pertama kepada rasulullah melalui kalamnya. Dengan membaca kita tahu Allah menciptakan kita untuk apa. Dari membaca kita tau apa yang dicintai Allah apa yang tidak.

Membaca juga tidak hanya sekedar membaca teks kertas. Ketika bayi kita dapat belajar membaca bahasa tubuh anak. Apakah dia nyaman atau tidak. 

Saat mulai berangkat dewasa kita dapat mengajarinya membaca alam sekitar dan lingkungannya. Sehingga dapat menjadi seorang yang peka dan berempati.

Dengan membaca kita dapat memperlajari banyak hal luar biasa. Dengan membaca kita dapat bermimpi dengan mata terbuka. Dan dengan membaca kita dapat membangun keluarga yang peduli serta peka.

Tantangan level 5 benar-benar mengajarkan banyak hal luar biasa. Berusaha membangun keluarga literasi. Yang tidak sekedar memahami literasi dasar namun dapat memahami seluruh aspek literasi yang dapar memberikan manfaat. Dan itu semua dimulai dari keluarga kita.

Semoga pohon literasi kami selalu bertumbuh. Dan menularkan semangat kepada lingkungan kami. Aamiin 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *