Pohon Literasi: Keluarga Cinta Membaca

Salah satu impian kami adalah menanamkan cinta membaca kepada anak-anak. 

Tidak ada anak yang cinta membaca jika orangtuanya tidak menumbuhkan rasa cinta akan buku. Dan MasyaAllah game level 5 kali ini berhubungan dengan membaca. Tantangannya adalah membuat pohon literasi dan merimbunkannya dengan daun buku-buku yang dibaca. 

Awalnya ingin membuat tiga pohon masing-masing untuk umi abah dan anak.
Tapi setelah dipertimbangkan baiknya buat 1 pohon saja diawal dengan 3 cabang untuk kami. 

Demi membuat pohon literasi ini, umi dan anak-anak langsung belanja kemarin untuk bahan pohon, daun dan buah. Lho kok ada buah? 😂

Iya.. kami membuat tambahan buah. Supaya lebih cantik pohonnya dam mudah membendakan.

Yang membuat adalah abah pastinya. Malamnya saat tugas turun abah sudah di ingatkan bahwa hari rabu (tanggal 25) pohonnya harus sudah jadi. 

Saat menjelang tidur ternyata pohonnya belum jadi padahal hari ini sudah harus ditempel daun. Tidur dengan sedih.

Ternyata tengah malam terbangun abah sedang menyiapkan lukisan pohonnya. Hehehe senangnya dalam hati… Terimakasih abah ternyata kefikiran juga atau takut umi mewek yak 😰

Nah setelah diskisi Insyaallah beginilah bagian pohon sesuai anggota keluarga kami.

  • Batang  ~ Dibatangnya akan ditulisi nama kami sekeluarga. Abah dibuat sebelah kiri, Aqila dan Syaffira di tengah-tengah lalu  umi di batang yang kanan.
  • Daun ~ Daunnya dituliskab judul dari buku yang kami baca. Jadi semakin banyak membaca, maka daunnya akan semakin lebat. Daunya dibedain biar kelihatan siapa yang banyak baca buku hehehe. Hijau warna daun untuk abah, warna orange daun untuk umi (karena umi suka autumn😊 ). Lalu untuk Aqila dan Syaffira? Nah  mereka berdua masih dibacakan jadi di batang anak-anak nanti ada daun warna hijau dan orange bergantung siapa yang membacakan buku untuk mereka.
  • Buah ~ Buah ini awalnya diberikan kepada kak Aqila jika mau membaca buku sendiri. Maksudnya tanpa umi abah ajak atau tawarkan. Tapi karena kertasnya banyak (ga mau rugi) akhirnya abah umi mau bikin buah juga. Buah diberikan jika kami mau menceritakan isi buku yang kami baca. Untuk adek belum ada buah ya…kan masih ASI 😝

    Malam ini umi menyediakan 3buku. Tapi hanya dibacakan dua untuk anak-anak.

    Halo Balita “Aku Anak Jujur” serta “Aku Bisa Tidur Sendiri”. Setelah umi bacakan lanjut kakak yang mengulang ingin membaca sendiri buku  tentang anak yang jujur.

    💝💞💝💞💝

    #GameLevel5
    #Day1
    #Tantangan10Hari
    #KuliahBunsayIIP #ForThingstoChangeIMustChangeFirst

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *