Menjadi Sahabat Anak Usia Remaja

β€‹β”β”β”πŸƒπŸŒΈπŸƒβ”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”“

         *Kuliah WhatsApp*

          *Pusat- Malang*           

β”—β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”β”πŸƒπŸŒΈπŸƒβ”β”β”›
*Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh*
πŸ… Nama Narsum : *Ida Nur’aini* – _Founder HSMN_

πŸ“Œ Tema: *Menjadi Sahabat Anak Usia Remaja*

πŸ—“ Hari : Jum’at, 7 April 2017

πŸ•° Jam : 16.00 – 17.00 wib

πŸ“± HP : 0878-2562-6969
βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–

πŸ“šModerator : Bunda Rohmah HSMN Pusat

πŸ“šNotulen : Bunda Ayu Ertika Sari HSMN Malang Raya

βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–
*CURRICULUM VITAE NARASUMBER HSMN*
✨ Nama lengkap : Ida Nur’aini Noviyanti

✨ Status keluarga : menikah, 4 anak

✨ Domisili : Taiwan

✨ Riwayat pendidikan/pengalaman:

»» S1 Komunikasi Undip

»» S2 Kurikulum Upi

»» S2 Komunikasi Sahid

»» S2 Manajemen Bisnis Upi

✨ Aktivitas saat ini:

»» Irt dengan 4 anak

»» Tutor UT Luar Negeri

»» Pembina YGJ

»» Pemilik LPK Smart and Fun Home Semarang

»» Akademik Pkbm ppi taiwan
βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–
*Kata Pengantar*
πŸ”ΉSebelum memulai diskusi pada sore ini, kita sepakati dulu pemakaian istilah baligh untuk mengganti istilah remaja karena dalam Islam tidak ada periode remaja yang ada baligh dan akil baligh. 
πŸ”ΉBaligh adalah satu masa di mana seorang anak dibebani kewajiban (taklif) syari’at dan akan dihisab yang mana baligh mempunyai tanda-tanda yang dapat dikenal. Saya tidak akan membahas tanda-tanda baligh/akil baligh yang dapat bunda baca di banyak literatur. 
πŸ”ΉDi sore ini, saya akan berbagi pengalaman dalam mendampingi 2 anak laki2 saya yang sudah memasuki masa baligh dan akil baligh yakni usia 11 dan 15 tahun. 
πŸ”ΉSewaktu kecil, anak kita bebas bercerita tentang apa saja dengan ortu. Sewaktu baligh, anak  tidak melakukannya lagi. Ketika ortu  mencoba memulai percakapan, anak  hanya menjawab sepotong-sepotong atau menyulut perdebatan yang mengubah rumah menjadi medan perang dan tidak nyaman. 
πŸ”ΉMengapa itu terjadi ? pertama anak mulai ingin mendapatkan kebebasan dan perkembangan pikirannya yang semula konkrit menjadi abstrak. Terkadang orang tua lupa dan merespons cerita anak secara refleks dengan langsung menjawab atau men-judge sehingga komunikasi menjadi satu arah dan anak  menjadi tertutup dan enggan bercerita. 
πŸ”ΉSebaiknya orang tua merespons dengan bertanya balik, seperti, oh kenapa? kok bisa begitu? menurut kamu gimana? mereka harus tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan anak baligh agar tahu apa saja yang sedang atau akan dikerjakan anak. Salah satu cara untuk menjadi sahabat anak adalah dengan komunikasi efektif. 
πŸ”ΉKomunikasi   antara orang tua dan anak baligh adalah sebuah tantangan. Sehingga ortu harus tahu bagaimana cara berkomunikasi dengan anak. Kalau ortu  bisa memberitahu dengan cara yang tepat, anak  juga akan menerima  dengan baik. 
πŸ”ΉTips yang dapat saya bagi untuk menjadi sahabat anak baligh adalah :
1. Mau mendengarkan dengan jadi pendengar aktif, tidak mudah menghakimi, terima atau tidak memaksa ketika anak tidak mau cerita. 
2. Bicara dengan anak yakni dengan memberi komentar yang singkat, manfaatkan teknologi untuk memberi perhatian namun dengan tidak ikut campur membuka gadget anak tanpa ijin. 
3. Ketika membahasa hal-hal pelik dengan menjadi sosok yang tenang, memberi pernyataan positif, mengetahui seluruh cerita anak baru berkomentar (ortu tidak sok tahu), bertanya ke anak idenya untuk mencari solusi dan dukung ide anak untuk menyelesaikan masalah. Kunci dari tips tersebut adalah adanya hubungan yang harmonis dan mengenal diri anak. 
Demikian yang dapat saya sampaikan. Silahkan dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab.
βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–
*Pertanyaan Dan Jawaban*
1⃣ Zulaiha dari Ngawi
Bgm peran ayah n ibu pd awal masa baligh?perlu menjelaskan mimpi basah dll?atau bgmna?
πŸ“ *Jawaban :*

Bunda Ida Nur’aini Noviyanti :

Bunda zulaiha yg baik, sebelum memasuki masa baligh kami sering mengobrol mengenai masa atau tahapan yg akan dilalui anak salah satunya baligh yg ditandai dengan mimpi basah utk laki2 dan haid utk perempuan dan itu kami jelaskan bertahap sebelum mereka mengalaminya sehingga anak2 tidak kaget. 
Terkadang anak2 yg bertanya dulu, tapi kami juga ada sesi mengobrol bersama dg mereka setelah maghrib. βœ…
*Tanggapan :*

Bunda Zulaiha :

Bunda Carax ngobrol bgm bun?
πŸ“ *Jawaban Tanggapan :*

Bunda Ida Nur’aini Noviyanti :

Baik, cara mengobrolnya dimulai dg obrolan2 ringan misal dg bertanya mengenai perasaannya hari ini, kalau anak sedang bahagia, tanyakan penyebab bahagianya. Kemudian bisa berlanjut ke hal2 serius. 
Kami menyediakan waktu khusus utk anak yg sdh baligh dg sesi curhat berdua tanpa ada adiknya. Di sesi tersebut anak bisa mengobrol dgn ortunya seharian dan kami akan janjian dulu waktu utk sesi curhat agar ketika anak curhat ortu bisa fokus mendengarkan curhatan anak. Ini juga menjadi sarana bonding ortu dengan anak.βœ…
2⃣ Purwanti, Malang

Bagaimana mempersiapkan anak2 menuju akil baligh..

Kemandirian : ruhiah.. fikriah.. finansial ..
πŸ“ *Jawaban :*

Bunda Ida Nur’aini Noviyanti :

Bunda purwanti, anak itu memfigur atau memodel ortunya shg apapun yg dilakukan ortu baik atau buruk akan ditiru oleh anak. Sebagai ortu ketika mengajak anak utk melakukan segala sesuatu yg baik dan bermanfaat adalah bagian dari ibadah dan lakukan itu secara tim dan kerjasama dg ortu atau kakak adik sehingga anak tdk merasa diperintah dan disuruh. 
Lama kelamaan hal tsb akan menjadi kebiasaan dan kebiasaan itulah yg membuat anak akhirnya dapat mandiri tanpa bantuan ortu. selain syariat  yg wajib dilakukan oleh anak baligh, masalah finansial jg menjadi topik yg kita diskusikan dengan memberitahukan bahwa ktika anak2 akil baligh ortu hanya berkewajiban memberikan nafkah utk kebutuhan pokok atau wajib saja namun kebutuhan tersier seperti membeli sepatu bermerk atau yg sekedar menjadi keinginan anak sj, kami meminta mereka utk memenuhinya sendiri, kalaupun toh kita bantu, kita bantu separuhnya. Melatih kemandirian anak dapat dibiasakan sejak kecil misal melibatkan anak menyiapkan keperluannya sendiri ketika pergi keluar kota. Ortu hanya tinggal cek saja. Hal ini bs menjadi sarana melatih kemandirian anak.βœ…
3⃣ khodijah, Malang

Anak soudara saya saat kecil dia penurutt banget tapi ketika masa baligh kelas 1 smp ko mempunyai jiwa memberontak ya …menurut bunda apa yang salah…
πŸ“ *Jawaban :*

Bunda Ida Nur’aini Noviyanti :

Bunda khodijah yang baik, ada rasa kecewa, kesal dan marah k ortu yg dipendam sama anak. Supaya tidak berlarut, saran saya sediakan waktu khusus berdua dengan anak tersebut misal dengan sama2 melakukan hal yg disukai anak. Di saat2 seperti itu minta maaflah k anak jika ortu punya kesalahan. Setelah anak merasa nyaman utk bercerita dg ortu baru kemudian kita minta anak terbuka mengenai perasaannya. 
Syarat terpenting utk ortu, jangan marah k anak kalau saat sesi tersebut anak mengkritik, memberi usulan/saran k ortu. Kita terima dg lapang dada, kemudian pelan2 kita beritahu cara memberi saran k ortu dg tetap memperhatikan adab k ortu. Mumpung msh smp msh ada waktu utk memperbaiki hubungan dg anak agar menjadi harmonis. 
Kemudian sering2lah bercerita mengenai keutamaan birrul walidain. Jika anak yg sdh baligh masih minta dibacakan buku cerita atau ikut bersama adiknya di sesi cerita sebelum tidur, jangan diolok2 atau dilarang, biarkan anak baligh tersebut ikut berkumpul bersama adiknya dan ortu, itu adalah cara anak mendekatkan diri k ortu atau adiknya. Ketika meminta maaf, meminta maaflah dg tulus, sambil berpelukan, kalau memang harus nangis, menangislah tdk usah gengsi di depan anak. Harga diri kita sebagai ortu tdk akan jatuh hanya karena menangis di depan anak.βœ…
Ada sedikit tambahan, jika anak sudah nyaman bercerita, mintalah k anak cerita hal apa yg membuat dirinya kesal, marah dan kecewa k ortu. Ortu berjanji utk tdk mengulanginya lagi dan kemudian bersama2 berjanji utk sama2 memperbaiki diri menjadi lebih baikβœ…
4⃣ Enno, Cirebon

»» 1. Bu ida, saya pernah baca. Kl anak perempuan yg sudah baligh sebaiknya memiliki bonding yg baik/dekat dgn ayah khususnya. 

Nah, si ayah krg tanggap cara bersikap dgn anak gadis, cenderung risih, kyk org yg musuhan jgπŸ˜“.. pdhal sewaktu teteh masih kecil mereka dekat. 

Dan kl yg saya lihat dgn adik2nya yg msh kecil ayahnya bs dekat. Sy sebagai ibu/istri baiknya bgmn y?
»» 2. Kecakapan aplg yg penting dikuasai anak perempuan/laki2 diusia baligh ini? Irisan perbedaannya dimana?

Jazakillah, bu Ida
πŸ“ *Jawaban :*

Bunda Ida Nur’aini Noviyanti : 

»» 1. Bunda enno yang baik, saran saya  bunda yg menginisiasi kedekatan ayah dengan anak perempuan. 

Pengalaman dengan anak perempuan sy, waktu kecil dia maunya kemana2 sama ayhnya, bahkan sering minta gendong. Umr 7th dia gak mau dicium ayhnya sama sekali alsannya malu. 
Sy tanya kok malu? Jawabnya krn ayahnya laki2 dan dia perempuan. Lalu sy jlskan bhw ayh boleh cium adik krn sayang. Yg tdk boleh adalah laki2 lain selain ayah, kk boleh tp tdk boleh sering, ciumnya di dahi, cium habis salat dan mau pergi. Kembali k cara agar ayah mau berkegiatan dengan anak. 
Malam saat anak2 sdh tidur, sy bicara k suami, ayah bsk bantuin bunda nyuci y..nah saat kegiatan nyuci itu anak perempuan biasanya ikut bantu, tanpa sadar anak dan ayah berkegiatan bersama, tanpa mereka sadari saya tinggalkan mereka berdua asyik bermain air sambil menyuci. 
Setelah selesai sy tdk bahas dulu sampai anaknya cerita gmn asyiknya bermain sama anak. Nah sejak itu ayahnya gemar bermain sama anak. 
»» 2. Mandiri, tanggungjawab dan berkomitmen. Komitmen penting dilatih sejak dini bahwa segala pilihan itu ada resikonya baik positif dan negatif. Jika tdk dilatih apalagi utk anak laki2, saat ini berapa banyak anak laki2 taKut utk berkomitmen baik utk menikah maupun ketika harus membuat kontrak kerja. 
Irisan perbedaannya adalah kalau laki2 itu pemimpin yang nantinya dimintai pertanggungjwaban pertama di akhirat atas keluarganya. Sedangkan perempuan wajib taat, patuh dan menduKung suami selama tdk bertentangan dengan quran dan sunnah. βœ…
βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–βž–
πŸ–‡Kesimpulan :πŸ–‡

*Anak adalah amanah Allah yg kelak harus dikembalikan dalam kondisi baik ke penciptanya. Mendidik titipan Allah ini ada pasang surutnya dan balasan tertingginya adalah surga.*
*Jika ortu memiliki masalah  berat dg anak, selain ikhtiar dg memperbaiki hubungan dg anak seperti cara komunikasi, tidak kalah pentingnya adalah berdoa minta tolong k Allah pemilik anak2 kita. Segala upaya yg kita lakukan dapat berhasil atas ijin Allah. Tetap semangat membersamai anak2 kita agar senantiasa bermanfaat utk umat dan menjadi pejuang2 Islam.*
*Akhir kata, mohon maaf lahir bathin jika ada kekeliruan dg hal2 yg saya sampaikan. Jazakallah khoiron katsiro.*
γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°

πŸ”…πŸ”†πŸ”…πŸ”† *HSMN* πŸ”†πŸ”…πŸ”†πŸ”…

γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°γ€°

πŸ‘₯facebook.com/hsmuslimnusantara

πŸ‘₯FB: Generasi Juara

πŸ“· instagram: @hsmuslimnusantara

🐀 twitter: @hs_muslim_n

🌏Website : hsmuslimnusantara.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *