Komitmen.. konsisten

Ikut kelas matrikulasi IIP

Gak semudah yang dibaca di blog blog tetangga ya. Inti utamanya harus konsisten. Iyah konsisten itu yang gak mudah.

Materi pertama enak bisa nyimak dengan khusyuk. Materi ke2 anak dan uchan nya sama2 sakit. Materi ke3 mak mertue ada acara.

Banyak sekali kejadian diluar kuasa kita untuk mengendalikannya. Kita berencana tapi Allah yang menentukan.

Baru saja kepikiran kok susah konsisten ini ya.. eh langsung dapat cemilan tentang konsisten. Alhamdulillah bisa jadi penyemangat diri lagi.

Uchan❤

****

KOMITMEN dan KONSISTEN memang tidak semudah melafalkannya. Dibutuhkan kesungguhan dan kerja nyata untuk mewujudkannya. Bukan juga proses yang mudah, namun bukan pula hal yang mustahil diwujudkan. Asal ADA KEMAUAN PASTI ADA JALAN

اذا صدق العزم و ضح السبيل

If there’s a will, there’s a way

(Jika ada kemauan, pasti ada jalan)

Trus adakah tips-tips yang bisa dicoba untuk menjaga komitmen dan konsistensi?

Saya coba tuliskan beberapa tips berdasarkan pengalaman pribadi antara lain :

1. Dimulai dengan MELURUSKAN NIAT*menuntut ilmu krn ALLOH, berniat untuk mengamalkannya. Karena segala sesuatu akan dinilai sesuai dgn niatnya.

2. Jangan lupa minta izin dan ridho dari suami sebelum melakukan sesuatu termasuk dalam menuntut ilmu di IIP karena ridha suami sangat menentukan kelancaran proses pemntasan kita menjadi ibu profesional. Selain itu agar dalam perjalanan lebih mudah dijalani. Misalnya mau ngerjain NHW, lebih enak dan terbuka minta tolong suami menemani anak2 saat kita fokus belajar dan mengerjakan NHW. Daripada sembunyi2 belajar, kan kita sendiri akan kewalahan nntnya.

3. Komitmen ini penting diawal karena ini menunjukkan keseriusan kita mengikuti program MIIP ini.

Trus bagaimana caranya membuktikan komitmen ini? Misalnya sejak awal uda buat komitmen, akan membaca dan menuliskan kembali setiap materi, diskusi, NHW hingga review NHW di blog pribadi untuk mengikat ilmu dan kapan pun bisa dipelajari kembali. Atau menetapkan target pribadi akan mengerjakan NHW paling lambat malam sabtu. Sebisa mgkin mengerjakan minimal 80% NHW agar bisa lulus batch ini 💪💪👏👏

4. Nah jika sudah punya komitmen yg jelas, selanjutnya lakukan terus menerus (konsisten) hingga target tercapai.

5. Salah satu tips menjaga konsistensi adalah mencari teman sharing atau diskusi untuk bisa sama2 konsisten menjalani program ini. Bisa buat grup khusus atau japri2an saja untuk saling bertukar fikiran menyelesaikan tantangan dan kendala yang ditemui. Selain itu bisa saling mengingatkan jika ada yg lagi dirundung malas atau badmood ☺

6. LEARNING BY DOING (BELAJAR SAMBIL MELAKUKAN). Jangan tunggu siap atau sempurna untuk melakukan apapun, biarkan Alloh yang memahamkan dan memberi petunjuk dalam proses mengerjakannya.

Semoga bermanfaat 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *