Fitrah Seksualitas – Memperkenalkan pendidikan seksual

Kelompok terakhir hari ini.. YUk kita terbang bersama2 melihat-lihat dunia fitrah seksualitas anak kita. Biar kita punya bekal untuk membersamai anak mengembangkan fitrah seksualitasnya dengan “mengenalkan pendidikan seksualitas pada anak”.
Biar makin kenceng pemahaman kita terhadap fitrah seksualitas anak, jangan lupa sabuk pengamannya 😉. Yaitu kita mulai dengan doa bismillahirrahmanirrahim, “Rabbi zidni ‘ilma, warzuqni Fahma” , aamiin.

Pertanyaan pertama dari bunda Nurhasnah
IIP Pekanbaru
Assalamu alaikum wr.wb
Umur berapa anak lelaki sudah tepat disampaikan tentang mimpi basah?
Apakah harus Ayah yang menyampaikan?Jika si Ayah berhalangan atau kecukupan ilmu untuk mengkomunikasikannya sehingga tidak PD sampaikan, bolehkah dilakukan oleh Ibu?Bagaimana caranya?🙏
>>Waalaikumussalam, bunda Nuhasnah, terima kasih atas pertanyaannya.

Menjelaskan tentang mimpi basah bisa dimulai pada saat anak memasuki usia pra aqil baligh yaitu usia 7 – 10 tahun.

Menyampaikan penjelasan tentang mimpi basah adalah tugas seorang ayah dan lebih baik tidak digantikan oleh ibu bila ayah/ sosok pengganti ayah masih ada, karena pendidikan seksualitas ini berhubungan dengan fitrah seksualitas dimana salah satu cara membangkitkan/ menumbuhkan fitrah ini adalah keterlibatan ayah dan ibu dalam pengasuhan. Ini tambahan y mbak,

Kenapa hrs ayah?
Karena ayah lebih lugas dan terbuka dalam menjelaskan hal-hal semacam itu. Sedangkan Bunda ada kecenderungan untuk malu, risih dan menutup-nutupi.

Namun jika ayahnya memang tak punya kesempatan untuk menjelaskan hal tersebut, maka mau nggak mau bunda harus menjelaskannya. Informasi tentang hal itu tentu bisa didapatkan lewat Google atau lewat buku.

Salah satu cara yang bisa ayah lakukan adalah dengan memanfaatkan ‘golden moment’, misalnya saat anak berusia 7 tahun, dalam islam sudah harus belajar solat, tentu sebelum belajar solat kita akan menjelaskan tentang toharoh (bersuci) dan dalam bahasan toharoh ada mengenai mandi wajib, disini kita bisa jelaskan apa itu mandi wajib dan penyebabnya, salah satunya mimpi basah.

Ilmu memang sangat dibutuhkan dalam hal ini, namun yang lebih diperlukan adalah kepekaan dan kepedulian kita akan fitrah seksualitas anakanak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *